NVIDIA Control Panel 8.1.958

Panel Kontrol NVIDIA adalah utilitas driver yang dapat membantu pengguna PC dari semua tingkat pengetahuan untuk mengontrol semua aspek layanan yang ditangani oleh unit pemrosesan grafis Nvidia mereka.

Ini termasuk tidak hanya pengaturan umum yang terkait dengan resolusi keluaran tampilan saat ini selama pekerjaan desktop biasa di OS Windows, tetapi juga semua aspek lain dari generasi grafis seperti mengelola pengaturan 3D untuk video game dan aplikasi akselerasi 3D lainnya, menyesuaikan pengaturan warna desktop, alat multi-monitor untuk mengatur pengaturan tampilan dan rotasi, menangani pengaturan audio built-in (yang digunakan saat GPU mengirimkan data video dan audio melalui port HDMI-nya), dan banyak lagi.

Penting untuk dicatat bahwa Desktop Panel Kontrol NVIDIA adalah bagian dari setiap driver Nvidia resmi, dan oleh karena itu harus diinstal secara otomatis pada PC mana pun dengan Nvidia GPU.

Namun, dalam situasi tertentu akses ke utilitas driver ini dapat hilang, memaksa pengguna untuk menginstal ulang paket driver lengkap atau hanya pergi dan mencari instalasi baru hanya untuk aplikasi ini.

Dalam beberapa kasus, menginstal ulang atau memperbarui driver resmi dapat menyebabkan PC mulai berperilaku berbeda, terutama jika file driver rusak, korup, atau hilang, atau jika driver baru tidak stabil dan dapat menyebabkan sistem macet atau lumpuh. Dalam kasus tersebut, prosedur terbaik adalah menginstal ulang aplikasi ini dan membiarkan pengemudi lainnya.

Panel Kontrol NVIDIA menawarkan antarmuka pengguna yang mudah (jika tidak sedikit tua) di mana semua bagian aplikasi dipamerkan dengan jelas di sebelah kiri pemilih “Pilih Tugas …”.

Masing-masing tab tersedia yang dipisahkan menjadi tiga kelompok umum (Pengaturan 3D, Tampilan, dan Video) jendela terbuka dengan berbagai macam konfigurasi dan prasetel, seringkali dengan pratinjau visual dari perubahan yang baru dibuat.

Sementara pengguna umum tidak akan menemukan banyak alasan untuk mengunjungi aplikasi ini setelah berhasil mengatur resolusi desktop dan ruang warna optimal mereka, gamer PC akan menemukan aplikasi ini sangat berharga karena memungkinkan akses penuh ke kustomisasi rendering dan mengatur preset terperinci untuk setiap video game yang terdeteksi.

Panel Kontrol NVIDIA 100% GRATIS dan harus digunakan oleh semua pengguna GPU Nvidia yang mengelola GPU mereka secara langsung. Meskipun ini adalah bagian dari semua paket driver resmi, aplikasi ini juga dapat diinstal secara mandiri hanya dengan beberapa klik mudah. Aplikasi tidak akan berfungsi pada sistem PC yang hanya memiliki kartu AMD atau Intel GPU. Ini membutuhkan kehadiran perangkat keras Nvidia.