MinGW, kependekan dari “Minimalist GNU for Windows”, sebelumnya mingw32, adalah lingkungan pengembangan minimalis untuk aplikasi Microsoft Windows asli.

Ini menyediakan perangkat lunak pemrograman Sumber Terbuka lengkap yang sesuai untuk pengembangan aplikasi MS-Windows asli, dan yang tidak bergantung pada DLL C-Runtime pihak ketiga. (Itu tergantung pada sejumlah DLL yang disediakan oleh Microsoft sendiri, sebagai komponen dari sistem operasi; yang paling terkenal di antaranya adalah MSVCRT.DLL, pustaka runtime Microsoft C. Selain itu, aplikasi berulir harus dikirimkan dengan utas yang dapat didistribusikan secara bebas mendukung DLL, disediakan sebagai bagian dari MinGW itu sendiri).

Kompilernya menyediakan akses ke fungsionalitas runtime Microsoft C dan beberapa runtime khusus bahasa. MinGW, sebagai Minimalis, tidak, dan tidak akan pernah, berusaha menyediakan lingkungan runtime POSIX untuk penerapan aplikasi POSIX di MS-Windows. Jika Anda menginginkan penerapan aplikasi POSIX pada platform ini, pertimbangkan Cygwin sebagai gantinya.

Terutama ditujukan untuk digunakan oleh pengembang yang bekerja pada platform MS-Windows asli, tetapi juga tersedia untuk penggunaan lintas-host, aplikasi ini mencakup:

  • Sebuah port dari GNU Compiler Collection (GCC), termasuk kompiler C, C ++, ADA dan Fortran;
  • GNU Binutils untuk Windows (assembler, linker, manajer arsip)
  • Penginstal baris perintah, dengan antarmuka GUI opsional, (mingw-get) untuk penggunaan MinGW dan MSYS di MS-Windows
  • Alat penyiapan GUI pertama kali (mingw-get-setup), untuk membantu Anda menjalankan dan menjalankan dengan mingw-get.

MSYS, kependekan dari “Minimal SYStem”, adalah sistem penerjemah baris perintah Bourne Shell. Ditawarkan sebagai alternatif untuk cmd.exe Microsoft, ini menyediakan lingkungan baris perintah tujuan umum, yang sangat cocok untuk digunakan dengan Min GW, untuk mem-porting banyak aplikasi Sumber Terbuka ke platform MS-Windows; sebuah garpu ringan dari Cygwin-1.3, itu mencakup beberapa pilihan alat Unix, dipilih untuk memfasilitasi tujuan itu.