Zulu DJ: Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya sebagai Virtual DJ

Seiring peningkatan kecanggihan zaman, permintaan kemudahan dalam berbagai hal juga terus melonjak. Tak ketinggalan dalam dunia musik pun mengalami ragam permintaan, salah satunya adalah kebutuhan pengeditan audio atau remix yang sekarang ini tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat komputer dan smartphone.

Melihat peluang ini tentu perusahaan software berlomba membuat aplikasi remix yang tentunya tidak hanya menawarkan fitur mengedit atau remix audio.

Sebab, beberapa aplikasi tersebut bahkan bisa gunakan sebagai perangkat untuk DJ untuk berlatih meremix ataupun membuat playlist sendiri di smartphone pengguna.

Salah satu aplikasi remix adalah Zulu DJ yang memungkinkan pengguna untuk mencampur live musik sambil menerapkan efek suara dengan penyesuaian nada serta tempo real-time, crossfading, sinkronisasi beat dan sederet lainnya.

Software gratis ini menyajikan tampilan yang sederhana dengan ragam fitur yang memukau. Untuk menggiurkan Anda, berikut kami bagikan beberapa fitur yang disediakan Zulu DJ!

Fitur Zulu DJ

Berikut di bawah ini fitur Zulu DJ, antara lain sebagai berikut.

1). Microfon dan fitur pendeteksi kunci nada otomatis sebagai alat paling penting dalam aplikasi Zulu DJ.

2). Fitur untuk merapkan efek suara termasuk distorsi, reverb juga efek lainnya yang akan membuat hasil mixing pengguna menjadi lebih unik dan orisinil.

3). Mendukung plugin VST untuk memenuhi keinginan pengguna yang membutuhkan lebih banyak alat audio dan efek.

4). Fitur perekam suara dan file audio dalam berbagai format file audio seperti WAV, MP3, dan lainnya lalu menyimpannya dalam perangkat internal penyimpanan smartphone pengguna.

5). Alat pencampuran audio secara live dengan kemudahan me-remixnya dan menyimpannya sebagai file audio.

6). Sebagai pengguna fitur remix, tentu akan membutuhkan fitur merekam ulang lagu oleh Zulu DJ ini yang sudah dibuat dengan aransemen khusus. Fitur ini hadir dalam upaya menghasilkan mixing Anda tidak hilang sehingga bisa diputar ulang sebagai bahan referensi.

7). Fitur tune tube yang memfasilitasi pengguna untuk berlatih DJ melalui smartphone.

8). Fitur crossfade yang akan mampu melakukan pemrosesan lagu berjalan dengan otomatis.

9). Fitur deteksi beat otomatis pada Zulu DJ Mixer berupaya agar music selalu tetap berada di beat dengan carra menambahkan musik dari perangkat pengguna ke aplikasi dan preview file sebelum menambahkan efek suara.

Jika melalu pemaparan diatas Anda tertarik menggunakan Zulu DJ, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi ini sebagai virtual DJ.

Kelebihan Zulu DJ sebagai Virtual DJ

Berikut di bawah ini kelebihan Zulu DJ sebagai Virtual DJ, antara lain sebagai berikut.

1). Grafik lagu lebih jelas, sebab langsung bisa melihatnya dari monitor demi memperlancar melakukan perpindahan lagu.

2). Mudah dalam membuat playlist ataupun daftar lagu yang disukai.

3). Mudah digunakan bahkan bagi pemula dan juga sangat fleksibel.

4). Database lagu jauh lebih banyak lebih banyak sebab menggunakan format Mp3 agar pengguna tidak direpotkan harus selalu BURN CD.

5). Fungsi auto beatmaching sangat berguna dalam menyamakan ketukan (beatmaching).

6). Fungsi loop yang beragam tidak membuat Zulu DJ melupakan singkronisasi dan kesesuaian ketukan.

7). Pencarian lagu lebih simple dan cepat, yaitu hanya dengan mengetik pada kolom search.

8). Tentu jauh lebih lebih murah di banding CDJ tool, sebab hanya menggunakan PC/notebook standar agar bisa menggunakannya.

9). Memungkinkan membuat MIXTAPE pengguna dengan gampang.

Kekurangan Zulu DJ sebagai Virtual DJ

Berikut di bawah ini kekurangan Zulu DJ sebagai Virtual DJ, antara lain sebagai berikut.

1). Bagi pemilik gaya keren, tentu virtual DJ bukanlah pilihan, sebab dalam hal style tentu lebih keren memakai CDJ.

2). Kualitas output jauh di bawah CDJ tool, sebab menggunakan file mp3 atau lainnya yang sudah melalui proses kompres.

3). Fungsi automatis yang menjadi keunggulan sebab memudahkan pengguna malah menciptakan situasi kurang berkembang bagi pengguna. Sebab, pengguna sangat dimanjakan oleh Virtual DJ di banding CDJ 1000 dalam proses mixing.

4). Scratching menjadi sangat sulit, kecuali menggunakan external tool.

5). Walaupun sudah mahir meggunakan Zulu DJ sebagai Virtual DJ, tetap akan kesulitan ketika beralih ke CDJ tool yang dilakukan secara manual.

6). Pengaturan low, higt, midle pada saat crossing dialam Virtual DJ tentu lebih menyulitkan, sebab menggunakan mouse atau keyboard jika.

Demikian informasi mengenai Zulu DJ mulai dari fitur, hingga kelebihan dan kekurangannya sebagai Virtual DJ. Semoga ulasan kami membantu Anda bersenang-senang dengan Zulu DJ!