Windows 10 Insider Preview: Pengertian dan Fitur baru Windows 10 di Insider Preview

Dalam pengembangannya, Windows 1 berusaha memberikan yang dibutuhkan pengguna tidak hanya dari pihak Microsoft saja, namun juga bantuan dari luar.

Bantuan dari luar yang dimaksud adalah seluruh pengguna yang ingin ikut berpatisipasi membantu mengembangkan tanpa paksaan, yaitu dengan memberikan feedback kepada tim pengembang.

Program tersebut dinamai Windows Insider sebagai salah satu jalan bagi pengguna turut ambil bagian. Dengan harapan besar bahwa Windows 10 mampu lebih fungsional, personal dan sesuai dengan keinginan dari banyak pengguna.

Pengguna dapat membatu dengan cukup mudah, yaitu hanya memberikan feedback melalui app Windows Feedback.

Sebagai Insider member, juga bisa membantu meski tanpa memberikan feedback, yaitu dengan upvote beberapa / semua feedback pilihan yang sependapat.

Keuntungan Menjadi Insider Member

Tentu melalui pemaparan diatas, memberikan pertanyaan mengenai keutungan apa yang didapat jika menjadi Insider Member.

Nah, keuntungannya adalah mendapatkan versi Windows 10 terbaru dengan label preview alias pratinjau sebelum dirilis. Sangat beruntung jika bisa mencicipi terlebih dahulu dibandingkan pengguna biasa.

Fitur Baru Windows 10 di Insider Preview

Tentu perangkat sekelas Microsoft akan terus meluncurkan pembaruan demi melengkapi kebutuhan penggunanya.

Seperti di Windows 10 Insider Preview dengan nomor versi 18277 yang menjajal fitur baru Windows 10 sebelum akhirnya dirilis ke versi stabil untuk konsumen secara luas.

Bagi Anda yang sudah bergabung ke program Insider Preview tipe “Fast ring”, berikut fitur baru yang bisa Anda gunakan.

Peningkatan guna Focus Assist

Sebagai pemahaman, Focus Assist merupakan fitur Windows 10 berfungsi menyingkirkan distraksi perhatian yang mungkin berdampak ke pengguna saat bekerja. Salah satunya adalah notifikasi yang terus bermunculan di pojok kanan bawah saat mengerjakan dokumen.

Berangkat dari masalah ini, pembaruan Insider Preview 18277 memberi otomasi Focus Assist yang akan aktif kapanpun Anda menggunakan aplikasi atau program yang terbuka dalam tampilan jendela penuh. Dimana Focus Assist dapat Anda akses di Settings > System > Focus Assist.

Setelan Action Center dalam bentuk slider

Action Center yang berada pada bagian pojok kanan taskbar Windows 10, disana Anda dapat melihat semua notifikasi aplikasi dan jalan pintas untuk aktivasi setelan di Settings.

Serta beberapa setelan misalnya brightness, yang bisa mengubah tingkat kecerahan dalam kelipatan 20% dengan hanya klik ubin.

Microsoft menggulirkan pembaruan intuitif pada pembaruan Insider Preview 18277 berupa tambahan slider ke Action Center sebagai penyetelan akurat pada beberapa fungsi Action Center.

Penggunaan Emoji versi 12

Pecinta emoji tentusangat senang denga hadirnya pembaruan emoji ke versi 12, dimana akses setelan Action Center bisa dilakukan tanpa perlu mengunjungi Settings.

Emoji 12 ini akan membawakan perubahan gaya grafis secara keseluruhan dengan menggunakan warna-warna yang lebih halus dan elemen visual yang merata.

Pengguna bisa mengakses papan ketik Emoji dengan menggunakan shortcut kombinasi tombol Windows key + . (titik).

Optimasi display monitor dengan DPI yang memukau

Jika menggunakan monitor dengan resolusi tinggi, tentu secara otomatis DPI atau dots per inch yang ditampilkan akan memiliki angka besar pula.

Hal ini dimaksudkan untuk memberi tampilan visual mendetail, namun sayangnya aplikasi-aplikasi keluaran lama akan ditampilkan dengan antarmuka yang kabur.

Mengatasi masalah ini, Microsoft memperbaikinya dengan mengaktifkan fitur scaling secara otomatis untuk pengguna monitor dengan DPI tinggi.

Application Guard guna peningkatan privasi yang

Application Guard sebagai tambahan fitur pada Windows Security, akan memberi lapisan pengamanan ekstra untuk program yang ingin mengakses hardware seperti webcam dan microphone. Dimana Anda bisa mengakses Settings > Update & Security > Windows Security > Open Windows Defender Security Center.

Jika Anda ingin memastikan bahwa perangkat Windows Anda bisa menggunakan Insider Preview dan kebagian akses fitur beta di atas, bisa cek ke Settings > Update. Jika ada opsi Windows Insider Program, artinya Anda sudah bisa bergabung.

Demikian ulasan kami mengenai Windows 10 di Insider Preview mulai dari pengertian, keuntungan menjadi insider member dan fitur baru yang ditawarkan. Semoga ulasan kami bisa menambah wawasan baru untuk Anda!