WhatsApp: Pengertian, Fitur, Fungsi, Manfaat Hingga Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi WhatsApp

Tentu Aplikasi WhatsApp sudah tidak asing bagi pengguna smartphone. WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan instan yang memberikan kemudahan untuk mengirim dan menerima pesan.

Aplikasi yang didirikan pada tanggal 24 Februari 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum ini menggunakan sinyal internet dalam penggunaannya.

WhatsApp mengusung pertukaran pesan yang lebih menarik dari pada SMS. Aplikasi “wajib” pada hampir semua smartphone ini memudahkan dan meberikan kenyamanan obrolan bagi penggunanya melalui fitur yang beragam.

Fitur Menarik di Aplikasi WhatsApp

Berikut ini fitur menarik di Aplikasi WhatsApp, antara lain sebagai berikut.

1). Mengirim pesan teks dan rekaman suara langsung.

2). Mengirim foto dan video dari galeri ataupun rekaman langsung.

3). Mengirimkan berkas dan kartu kontak.

4). Melakukan panggilan suara dan video.

5). Berbagi lokasi terkini Anda dengan memanfaatkan GPS.

6). WhatsApp juga menyediakan dan mendukung ragam emoji dan stiker menarik.

7). Pengaturan profil seperti menatur nama, foto dan status.

8). Privasi profil WhatsApp seperti tidak menampiklan foto profil pada bukan kontak juga sangat membantu melindungi akun pengguna.

9). Kemudahan backup pesan dan mengubah nomor akun juga sangat berguna untuk memindahkan akun WhatsApp ke smartphone yang berbeda.

Fungsi dan Manfaat WhatsApp

WhatsApp memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut.

  • Personal atau group chat
  • Media Pendidikan
  • Media Bisnis
  • Media Hiburan
  • Media komunitas berbagi informasi dan berita
  • Melakukan panggilan video ataupun suara

Kelebihan Aplikasi WhatsApp

Berikut ini kelebihan WhatsApp, antara lain sebagai berikut:

1). Cara menggunakan sangat mudah bagi pengguna baru walau orangtua sekalipun.

2). Nomor telepon tersinkron secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu memasukkan kontak teman Anda satu per satu ke WhatsApp. Sebab semua kontak pada smartphone Anda akan secara otomatis tersinkron dan langsung masuk ke kotak WhatsApp Anda.

3). Bisa backup obrolan, sehingga jika Anda akan mengganti smartphone hanya perlu mencadangkan obrolan WhatsApp dan tidak akan kehilangan history obrolan.

4). Menggunakan koneksi internet yang lebih hemat dari penggunaan SMS yang membutuhkan pulsa.

5). Membatalkan pengiriman pesan baik pada pada obrolan personal maupun group dengan cara mengetuk opsi “Delete for Everyone”. Sehingga, pesan Anda yang salah ketik atau salah kirim bisa dibatalkan dan tidak akan dibaca oleh penerima.

6). Dapat menyembunyikan informasi pribadi seperti foto profil dan status dari bukan kontak ataupun kontak yang tidak Anda inginkan.

7). Dapat menyembunyikan terakhir dilihat dan laporan dibaca, sehingga pengguna lain tidak mengetahui kapan terakhir Anda online serta apakah Anda sudah baca pesan. Namun hal ini juga menyebabkan Anda tidak bisa melihat status terakhir dilihat dan laporan dibaca milik orang lain.

8). Bisa digunakan pada computer ataupun laptop dengan cara yang mudah. Anda hanya harus memilih menu “WhatsApp Web” pada ikon titik tiga di ujung kiri tampilan, lalu scan barcode yang ada pada tampilan WhatsApp Web pada computer ataupun laptop Anda.

Kekurangan Aplikasi WhatsApp

Berikut ini kekurangan WhatsApp, antara lain sebagai berikut:

1). Membutuhkan koneksi internet yang cukup kuat dan menggunakan kuota internet yang cukup besar. Sehingga jika jaringan internet Anda sedang tidak stabil, Anda akan terlamabat mengirim dan menerima pesan.

2). Walaupun WhatsApp Web menjadi salah satu keunggulan, maun tetap saja masih ada kelemahan pada fitur ini. Sebab, WhatsApp Web hanya bisa digunakan jika smartphone Anda menyala dan juga terhubung ke internet. Ditambah lagi, WhatsApp Web tidak bisa melakukan panggilan suara maupun video yang tentu sangat berbeda dengan aplikasi pesaingnya yaitu Line.

Nah, dari ulasan diatas Anda yang tertarik menggunakkan aplikasi WhatsApp?

Untuk bisa menggunakan WhatsApp, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasinya melalui Play Store untuk pengguna Android atau melalui App Store bagi pengguna iOS. Setelah memiliki aplikasinya, Anda tinggal hanya membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a). Buka aplikasi WhatsApp dan akan terlihat htampilan ‘Welcome to WhatsApp’.

b). Klik Agree & Continue untuk melanjutkan membuat akun.

c). Masukkan nomer telepon Anda yang masih aktif ke dalam kolom kontak, sehingga Anda bisa menggunakan nomor tersebut untuk verifikasi. Jika sudah menambahkan nomor telepon, silakan klik Done yang ada di pojok kanan atas tampilan.

d). Silakan klik Yes jika muncul konfirmasi mengenai nomer telepon yang digunakan.

e). Tunggu pesan konfirmasi berisi 6 kode digit masuk memalui SMS untuk verifikasi akun Anda.

f). Masukkan kode verifikasi tersebut ke WhatsApp, lalu aplikasi akan secara otomatis memverifikasi kode atau Anda masukkan secara manual.

g). Pendaftaran selesai, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp sesuai kebutuhan Anda!

Demikian ulasan mengenai pengertian, fitur, fungsi, manfaat hingga kelebihan dan kekurangan Aplikasi WhatsApp. Semoga informasi yang kami bagikan berguna bagi Anda.