10+ Website Penyedia Gambar Gratis dan Berkualitas Terbaik 2021

Tahukah Anda bahwa tidak semua gambar yang Anda temui di internet adalah gambar yang gratis dan bisa Anda gunakan sesuka hati, sekalipun untuk kepentingan pribadi, apalagi untuk hal yang bersifat komersil. Beberapa gambar mewajibkan Anda untuk mencantumkan sumber asli dan beberapa lainnya bisa jadi mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah uang.

Mengunduh gambar melalui situs penyedian gambar gratis adalah solusi bagi Anda yang ingin mengambil gambar untuk dipakai secara pribadi, seperti posting di media sosial, maupun untuk kepentingan komersil, seperti berjualan, promosi, dan lainnya.

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan gambar gratis dengan resolusi yang tinggi, sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa khawatir terkena masalah hak cipta. Dan setiap website biasanya memiliki syarat ketentuan yang berbeda-beda, maka pastikan Anda memerhatikan hal ini sebelum mengunduh dan menggunakannya.

Berikut 10 Website Penyedia Gambar Gratis, antara lain:

1. Pixabay

Pixabay menjadi salah satu situs penyedia gambar gratis populer dan digunakan oleh banyak orang. Website ini menyediakan banyak gambar gratis dengan resolusi dan ukuran gambar yang beragam.

Gambar-gambar yang ada di Pixabay ini bisa Anda unduh, dan pastikan sebelum Anda menggunakannya, Anda telah membaca ketentuan dari gambar tersebut yang terletak di bawah tombol unduh (download).

Jika ada tulisan Free for commercial use dan No attribution required, berarti gambar tersebut memang bebas digunakan kembali. Hal ini juga berlaku untuk situs penyedia gambar gratis lainnya.

2. Flickr

Flickr menyediakan jutaan gambar dengan kualitas yang tinggi, walau memang website ini bukan penyedia layanan gambar domain publik. Flickr akan menjadi sebuah platform yang tepat untuk Anda yang senang dengan dunia fotografi, pasalnya di sini banyak photographer handal kelas dunia.

Saat Anda telah menemukan gambar yang diinginkan, Anda bisa mempercantik gambar tersebut menggunkan editing tools yang ada pada website Flickr, dan jangan lupa perhatikan lisensi gambar sebelum Anda mengunduh dan menggunakannya.

3. Gratisography

Gratisography menawarkan gambar yang dibuat oleh seroang desainer grafis kreatif bernama Ryan McGuire. Gratisography bak sebuah lautan yang dipenuhi oleh gambar gratis yang unik dan berkualitas tinggi.

Walaupun stok gambar gratis pada website ini tidak sebanyak website lainnya, namun kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan gambar yang tidak akan Anda temui pada website sejenis.

Gambar-gambar di sini bebas untuk digunakan kembali tanpa memerlukan kredit pemiliknya, namun sebaiknya Anda tetap mencantumkan sumber aslinya sebagai bentuk terima kasih.

4. FreeImages

FreeImages menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memerlukan gambar gratis untuk kepentingan pribadi ataupun komersil. Anda bisa menemukan banyak gambar dengan resolusi yang berbeda-beda.

Seperti nama websitenya, FreeImages menyediakan stok foto gratis dan gambar bebas royalti yang dapat Anda unduh dan gunakan kembali. Untuk dapat mengunduh gambar dari FreeImages, Anda sebelumnya harus melaukan registrasi menggunakan alamt email terlebih dahulu.

5. Pexels

Pexels memberikan Anda kemudahan untuk mendapatkan gambar gratis tanpa perlu registrasi. Di sini Anda akan menemukan banyak gambar gratis dengan resolusi gambar yang bisa Anda pilih dan tentukan sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa berdonasi sebagai bentuk apresiasi kepada yang membuat gambar tersebut.

6. Freerange Stock

Freerange Stock hadir sebagai website penyedia gambar dengan ribuan gambar yang bisa Anda modifikasi dan posting ulang tanpa perlu mencantumkan kredit pemiliknya. Untuk mendapatkan akses ekslusif, silakan lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Website ini cocok untuk Anda yang memerlukan gambar untuk kepentingan pribadi dan komersil.

7. Picjumbo

Viktor Hanacek adalah orang yang ada dibalik gambar-gambar keren di website Picjumbo. Website ini menyediakan banyak pilihan gambar dengan kualitas yang baik, terlebih Anda bisa menggunakan semua gambar yang ada di Picjumbo secara gratis tanpa perlu mencantumkan kredit dari pemiliknya, namun sebaiknya Anda tetap mencantumkan sumber aslinya sebagai bentuk terima kasih.

Untuk mendapatkan koleksi gambar yang lebih banyak, Anda bisa berlangganan menjadi member premium di situs Picjumbo.

8. Morguefiles

Morguefiles bisa dibilang sebagai website penyedia gambar gratis yang sudah eksis lebih dulu dibanding website sejenis yang lainnya. Untuk setiap koleksi gambar yang tersedia pada website Morguefiles, Anda bisa menggunakannya baik untuk kepentingan pribadi maupun komersil.

Untuk menemukan jenis gambar yang sesuai dengan yang Anda butuhkan, silakan melakuka registrasi terlebih dahulu. Dan jika Anda merasa perlu, Anda juga bisa berlangganan sebagai akun premium, sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi gambar dengan kualitas tinggi.

9. Unsplash

Unsplash menjadi website populer lainnya yang menyediakan banyak pilihan gambar gratis. Website ini menghadirkan hasil gambar dari para photographer, baik photographer pro maupun semi.

Kualitas gambar yang baik menjadi keunggulan yang dimiliki oleh Unsplash, walau memang gambar yang tersedia di sini tidak sebanyak pada situs lainnya.

Anda bisa mengunduh dan menggunakan gambar yang ada tanpa perlu mencantumkan kredit pemiliknya, namun sebaiknya Anda tetap mencantumkan sumber aslinya sebagai bentuk terima kasih.

10. Pikwizard

Pikwizard memang website penyedia gambar gratis yang masih tergolong baru, namun hal tersebut tidak lantas membuat Pikwizard kalah dari website lainnya.

Pikwizard hadir dengan beragam tema foto dan gambar yang bisa Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan dengan mudah. Pada setiap gambar yang ingin Anda gunakan, Anda bisa menambahkan teks atau ikon sebelum mengunduhnya.

Demikian artikel mengenai 10 Website Penyedia Gambar Gratis. Walaupun bebas digunakan, sebaiknya Anda tetap mencantumkan kredit pemiliknya atau dengan mencantumkan direct link sebagai bentuk dukungan dan rasa terima kasih. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.