Tutorial Cara Membuat Website Sekolah dengan Mudah dan Cepat

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat semua pihak mau tidak mau harus mengikuti perkembangannya terlebih mereka yang ada dibawah Kepemerintahan salah satunya Sekolah.

Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu dimana kini ‘ILMU’ bisa didapatkan dimana saja berkat kemajuan teknologi. Generasi kini / calon siswa / siswa sudah semakin cerdas, di era-nya mereka cenderung lebih cepat dalam mengikuti kemajuan teknologi.

Calon siswa bisa mencari informasi terkait Sekolah tujuan mereka hanya dengan bermodalkan smartphone yakni mengakses website Sekolah untuk mengetahui segala informasi terkait kesiswaan maupun review Sekolah tujuan mereka.

Mengingat hal tersebut sangat wajib bagi pihak Sekolah untuk memiliki platform berupa website yang bisa diakses siapapun dan dimanapun.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang langkah-langkah membuat website Sekolah namun sebelum masuk pada cara pembuatan website sekolah ada baiknya mengetahui terlebih dulu fungsi & manfaat dibuatnya website Sekolah baik itu untuk pihak instansi maupun siswa dan orang tua siswa / wali murid.

Di bawah ini beberapa fungsi website Sekolah.

1. Informasi Diakses Secara Online

Segala informasi bisa di akses secara online baik informasi yang ditujukan untuk siswa & wali siswa maupun informasi terkait management instansi terkait / kelembagaan.

Informasi disini juga bisa meliputi informasi yang ditujukan untuk umum misalnya orang tua yang ingin mencari informasi perihal instansi tempat anak mereka di sekolahkan.

2. Mengenal Lebih Jauh Tempat Belajar

Dengan dibuatnya website sekolah setiap siswa bisa lebih mengenal dan mengetahui lebih jauh instansi tempat mereka belajar seperti sejarah berdirinya sekolah tersebut, Struktur Organisasi Sekolah, Visi & Misi Sekolah serta banyak lagi hal-hal yang bisa lebih mengikatkan antara anak didik dan instansi tempat mereka menuntut ilmu.

3. Layanan Online

Website Sekolah bisa juga dijadikan sebagai sarana layanan online seperti untuk mencari data siswa & mengakses materi pembelajaran secara online.

4. Mengetahui Perkembangan Sekolah

Dengan dibuatnya website baik guru, siswa, wali murid maupun masyarakat luas bisa mengetahui kemajuan dari sekolah yang bersangkutan. Hal tersebut tentu saja sangat bermanfaat sebagai bahan evaluasi bersama.

5. Sarana Kreasi Siswa

Website sekolah juga bisa ditambahkan fitur yang menampilkan kreasi siswa, dengan begitu siswa akan terpacu untuk lebih Kreatif dan Inovatif untuk mendukung kemajuan tempat mereka menuntut ilmu.

Lima fungsi diatas hanya sebagai kecil dari manfaat website Sekolah, akan banyak sekali manfaat yang didapat ketika sebuah instansi / lembaga memiliki website sebagai wadah untuk menyebarkan informasi dan sarana layanan online.

Adapun cara membuat website Sekolah bisa anda simak uraian dibawah ini.

1. Menentukan Nama Domain

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan nama domain yang akan menjadi alamat website Sekolah.

Untuk menentukan nama domain Sekolah alamat harus memiliki ekstensi .sch.id sebagai kode bahwa website dengan ekstensi .sch.id merupakan website Instansi Pendidikan.

2. Pilih Layanan Hosting

Setelah menentukan nama domain langkah selanjutnya menentukan layanan hosting yang selaras dengan website Sekolah yang hendak dibuat. Hosting sendiri merupakan layanan yang akan menyimpan data / file yang ada pada website.

Anda bisa memilih layanan hosting dengan mencari referensi penyedia layanan hosting di google, beberapa diantaranya seperti Idwebhost, CloudHost, JagoanHosting, Hostinger dll,.

Ketika anda memilih layanan hosting saran dari kami pilihlah layanan yang sepaket dengan SSL Certificate yang berfungsi sebagai pengaman website Sekolah yang hendak anda buat.

3. Siapkan Data

Menyiapkan data sebelum mulai dibuatnya website adalah prosedur yang tidak boleh terlewatkan. Ketika anda akan membuat website Sekolah silahkan siapkan data yang akan ditampilkan pada website Sekolah yang akan dikembangkan nantinya.

Umumnya pada halaman pertama website dibutuhkan profile Sekolah serta Visi & Misi. Data lain yang diperlukan untuk dibuatnya website Sekolah paling tidak dibutuhkan informasi mengenai syarat & ketentuan untuk mendaftar, informasi tenaga pendidik, informasi siswa serta informasi lainnya.

4. Install WordPress

Langkah berikutnya adalah install platform WordPress namun sebelumnya pastikan langkah di atas sudah selesai. WordPress merupakan platform yang mudah untuk di operasikan dan juga merupakan CMS (Content Management System) yang sudah tidak diragukan kredibilitasnya.

Dengan menggunakan platform wordpress anda tidak perlu memahami bahasa pemprograman seperti coding & script untuk mendesain website Sekolah yang hendak dibuat.

Adapun cara install wordpress hanya bisa dilakukan ketika anda sudah memiliki hosting, disana akan dipandu langkah-langkahnya, bahkan jika anda memilih layanan hosting Auto Install WordPress anda tidak harus menginstallnya kembali.

5. Menentukan Tema Website Sekolah

Meski wordpress sudah memiliki tema default namun untuk sekelas webite Sekolah rasanya kurang elok, anda bisa mengubah tema website Sekolah yang sedang dibuat dengan memilih Tema lain baik berbayar maupun free.

Adapun cara mengganti tema pada wordpress silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  • Login ke dashboar wordpress.
  • Silahkan masuk ke menu Appearance kemudian pilih Themes.
  • Pilih Add New untuk mencari tema yang anda inginkan.
  • Jika anda memerlukan referensi tema yang tepat untuk sekolah pada kolom pencarian themes silahkan ketika kata kunci School, maka tema yang cocok untuk website Sekolah akan muncul.
  • Pilih salah satu tema yang menurut anda cocok kemudian klik Install kemudian Active.

6. Unduh Plugin

Langkah terakhir adalah unduh plugin yakni sebuah software untuk menambahkan fitur-fitur yang berhubungan dengan website, dalam hal ini Plugin dibutuhkan untuk membuat fitur-fitur layanan website Sekolah.

Adapun cara mengaktifkan Plugin silahkan ikuti langkah dibawah.

  • Pada dashboard wordpress silahkan klik Plugins kemudian pilih opsi Add New
  • Pilih Plugin yang akan digunakan
  • Klik tombol Install Now kemudian Active
    Tips menentukan Plugin silahkan baca terlebih dahulu keterangan dari Plugin yang anda pilih agar sesuai dengan fungsinya.

7. Tambahkan Informasi Website

Langkah terakhir silahkan masukan informasi serta data yang diperlukan untuk ditampilkan pada website Sekolah yang anda buat.

Adapun caranya sangat mudah yakni dengan memanfaatkan fitur dashboard yang ada di wordpress pilih Pages / Add New. Pada halaman Add New silahkan ketik informasi yang ingin dimunculkan pada website Sekolah yang anda buat.

Itulah cara membuat website sekolah dengan memanfaatkan platform wordpess.