Tutorial Cara Membuat Website Desa dengan Mudah dan Cepat

Layanan berbasis internet merupakan hal penting termasuk layanan Desa. Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat mau tidak mau semua orang harus mengikutinya terlebih pegawai-pegawai yang berhubungan dengan layanan / jasa untuk masyarakat begitupun pada tingkatan Desa / Kelurahan.

Bisa kita lihat situs-situs Kepemerintahan yang bisa diakses dimana saja tanpa harus datang langsung ke lembaga yang bersangkutan. Contoh ketika kita membutuhkan informasi terkait Kartu Tanda Penduduk (KTP) kita bisa langsung akses Situs Disdukcapil, disana terdapat banyak informasi yang berhubungan dengan Kartu Tanda Penduduk yang bisa anda ketahui.

Seperti halnya situs Kepemerintahan lain tingkat Keluarahan / Desa pun sebaiknya memiliki situs / website online agar informasi & kebijakan terkait Desa setempat bisa diakses oleh masyarakatnya secara online.

Sebelum masuk ke cara-cara mebuat website Desa dibawah ini adalah beberapa manfaat website Desa.

1. Informasi Lebih Cepat Tersampaikan

Dengan dibuatnya website desa segala bentuk informasi yang diperuntukan untuk masyarakat setempat bisa diakses secara online dimana saja & kapan saja tanpa harus datang langsung ke Kantor Desa. Hal ini tentu saja memberi banyak keuntungan baik bagi pihak Desa muapun untuk masyarakat setempat.

2. Lebih Mengenal Perangkat Desa

Umumnya dalam sebuah website Kepemerintahan akan dibuat struktur organisasi begitu pula pada tingkat Desa / Kelurahan, hal tersebut akan membuat masyarakat lebih mengenal perangkat desa serta fungsinya.

3. Mengenal Fungsi Desa

Menambah wawasan masyarakat tentang fungsi perangkat Desa serta mengetahui Visi & Misi yang dibentuk untuk kemajuan Desa setempat, dengan begitu masyarakat akan terdorong untuk membantu mewujudkan Visi dan Misi Desa setempat.

4. Layanan Online

Hal utama dibuatnya website Desa adalah agar bisa memberikan pelayanan secara online termasuk menjadi sarana pelaporan online terkait proses maupun hasil pembangunan Desa kepada tingkat yang lebih atas.

Itulah beberapa manfaat website Desa, sebetulnya akan banyak sekali manfaat yang di rasakan oleh semua yang terkait ketika website Desa sudah berjalan point di atas hanya garis besar saja. Untuk itu sangat disangkan jika ada Kantor Desa / Keluarahan yang masih ketinggalan dalam urusan teknologi ini.

Pada dasarnya membuat website Desa bukanlah perkara yang sulit, sama halnya ketika membuat website untuk pribadi hanya akan berbeda dari fitur / menu sesuai kebutuhan Kantor Desa yang bersangkutan dan pertama-tama harus atas perintah pejabat yang berwenang (umumnya harus PNS agar memiliki PNSmail).

Adapun langkah-langkah membuat website Desa adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran Domain Desa

a). Mendaftarkan domain desa.id pada situs domain.go.id yakni situs Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

 

b). Jika sudah masuk situs domain.go.id sebagaimana gambar di atas, silahkan Login jika sebelumnya sudah memiliki akun di situs tersebut atau klik Daftar Akun (posisinya tepat di bawah tombol Login) untuk mulai melakukan pendaftaran.

c). Pada laman pendaftaran akun anda akan diminta memasukan informasi mulai dari nama akun, nama organisasi, kontak person dan alamat lengkap lokasi Desa yang akan dibuatkan website. Silahkan lihat gambar dibawah ini.

d). Jika formulir pendaftaran pengguna sudah disini lengkap silahkan pilih Submit.

e). Tunggu hingga anda menerima e-mail verifikasi akun yang akan dikirimkan ke PNSmail pendaftar.

f). Jika sudah menerima e-mail verifikasi dan anda sudah bisa masuk ke akun di domain.go.id silahkan klik pada menu Pendaftaran Domain dan cek ketersedian Domain Desa yang ada pada situs tersebut. Adapun beberapa pilihan Domain Desa yang ada pada situs tersebut adalah namadesa.desa.id, namadesa-kecamatan.desa.id, namadesa-kabupaten.desa.id.

g). Jika sudah menentukan nama domain kamu akan lanjut ke halaman untuk mengisi data, pastikan semua informasi yang dimasukan merupakan data yang valid sesuai fakta. Jika sudah selesai silahkan klik Confirm lalu Submit.

Keterangan: untuk Domain yang diperolah dari situs domain.go.id sendiri tidak dipungut biaya untuk durasi pemakaian kurang dari 1 tahun, namun jika anda berniat memakai domain dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun maka harus mengeluarkan biaya Rp. 55.000,- untuk jangka waktu 2 tahun.

h). Silahkan unggah beberapa data Desa meliputi; SK Pengesahan Kepala Desa, SK Kepada Perangkat Desa, Kartu Identitas (KTP / SIM) pendaftar yang aktif & Surat Permohonan yang ditandatangani Kepala Desa.

i). Tunggu hingga proses pendaftaran domain selesai.
Untuk lanjut ke langkah berikutnya pastikan anda sudah memiliki domain dengan ekstensi .desa.id sebagai alamat website yang akan dibuat (verifikasi dari pihak domain.go.id sudah selesai).

2. Pilih Layanan Hosting

Setelah memiliki domain hal yang tidak kalah penting adalah hosting yang berfungsi untuk menyimpan segala bentuk file yang pada website Desa yang hendak dibuat. Untuk mendapatkan layanan hosting anda bisa pilih layanan hosting dengan server yang ada di Indonesia.

Ada beberapa situs yang menyediakan layanan hosting sepeti Idwebhost, CloudHost, JagoanHosting, Hostinger dan masih banyak lagi situs hosting yang bisa kamu cari referensinya di google. Silahkan tentukan layanan hosting sesuai kebutuhan website Desa yang hendak dibuat.

3. Instal Platform WordPress & Setting Tema Website

Jika anda memilih layanan hosting Auto Install WordPress artinya tidak perlu lagi melakukan instalasi wordpress secara manual.

Jika sudah masuk ke wordpress langkah berikutnya adalah tentukan tema untuk tampilan website Desa yang sedang dibuat, pada platform wordpress sendiri sebetulnya telah tersedia tema default hanya saja dirasa kurang menarik, anda bisa menambahkan tema dari situs yang menjual tema untuk membuat tampilan website Desa menjadi lebih menarik.

Adapun cara mengganti tema wordpress bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Masuk dashboard wordpress
  • Pilih menu Apperance > Themes
  • Klik Add New untuk menambhakan tema
  • Pilih tema yang akan melatbelakangi website Desa yang sedang dibuat kemudian klik Install kemudian klik Active.

4. Pilih Plugin untuk Website Desa

Agar website bisa berfungsi dengan maksimal anda harus memasang Plugin untuk menjalankan fitur-fitur yang ada pada website Desa yang sedang dibuat tersebut. silahkan ikuti langkah dibawah untuk memasang Plugin:

  • Pada dashboard wordpress silahkan cari tulisan Plugin kemudian Klik lalu pilih opsi Add New.
  • Silahkan pilih Plugin yang akan difungsikan lalu klik Install > Active.

Itulah cara membuat website Desa yang bisa anda praktikan sendiri. Jika semua proses diatas sudah selesai anda sudah bisa memfosting informasi terkait Desa yang sudah didaftarkan.