TikTok: Pengertian, Fitur dan Cara Membuat Akun TikTok

Nama aplikasi  TikTok  semakin merebak di tahun ini, bahkan mengalahkan kepopuleran aplikasi “wajib” yaitu WhatsApp. Aplikasi buatan Tiongkok ini viral di kalangan artis, Youtuber hingga masyarakat umum.

Hingga November 2020, TikTok telah didownload lebih dari 100 juta kali di Play Store. Perkembangan TikTok yang pesat juga dibarengi dengan kecepatan unggahan video ke internet.

Tingginya peningkatan pengguna, melatar belakangi TikTok semakin memperbaiki aplikasinya. Mulai dari penggunaan bahasa yang awalnya hanya bahasa Mandarin, hingga berbagai bahasa di penjuru dunia.

Berbagai macam fitur juga diluncurkan oleh TikTok yang memudahkan pengguna dalam pembuatan video pendek yang akan diunggah. Serta yang menjadi hal unggul TikTok dibanding aplikasi serupa adalah berbagai macam special effect yang unik.

Selain special effect, masih banyak lagi fitur menarik seperti musik, dukungan dari ByteDance dan masih banyak lagi. Untuk lengkapnya, berikut kami ulas untuk Anda.

Fitur Menarik di TikTok

Untuk mendukung penggunanya dalam membuat video berdurasi pendek yang bagus, TikTok menyediakan fitur pendukung antara lain:

1. Special Effect dan Filter

Special Effect yang tersedia di TikTok merupakan alasan utama aplikasi ini menjadi unggul dibanding pesaingnya. Beragam Special Effect bertujuan untuk memperindah tampilan fisik dengan filter.

Ada banyak filter yang TikTok tawarkan dengan rapih disusun berdasarkan kategori yang bisa Anda sesuaikan dengan konten video pendek Anda.

2. Musik

Dukung musik dari penyanyi seluruh dunia yang bisa Anda jadikan music background disediakan TikTok dengan sangat lengkap. Sehingga pengguna bisa memproduksi konten video dengan pengiring musik sesuai keinginannya.

Beberapa jenis musik yang tersedia di TikTok antara lain DJ, Western, Cute, R&B, Populer, KKC, Addict, Valentine dan lain sebagainya.

Misalnya jika pengguna akan membuat video bertema romansa, pengguna bisa menggunakan tema yang relevan seperti lagu tema valentine dan romantis menjadi music background.

3. ByteDance

Hal yang tak luput dari TikTok adalah tarian, baik tarian bebas maupun sesuai dengan arahan. Dukungan dari ByteDance yang merupakan perusahaan teknologi kecerdasan untuk melengkapi TikTok tentu menjadi sangat berguna.

Dengan dukungan ByteDance, TikTok jadi lebih mudah memahami keinginan pengguna yang mampu memberikan saran sesuai permintaan penggunanya.

4. Voice Changer Function

Sangat menarik dan unik ketika TikTok meluncurkan fitur Voice Changer Function yang dapat mengubah suara. Efek suara yang disajikan juga beragam dan lucu, seperti suara tupai, suara pria, suara vibra, elektronik, echo, mic, elf and raksasa dan masih banyak lagi. Efek suara ini juga bisa digunakan dengan mudah, sehingga video yang Anda tampilkan akan menjadi lebih seru.

5. Sticker

Stiker sangat berguna untuk mendukung penggunanya membuat video yang variatisf. Ragam filter juga bisa disesuaikan dengan keadaan waktu, bahkan keadaan hati penggunanya.

Seperti stiker Ramadhan, Valentine hingga Halloween. Contohnya stiker horor yang bisa disesuaikan dengan ekspresi wajah serta latar belakang pengguna.

Nah, filter ini bisa mengeksplor tampilan pengguna dengan ekspresi wajah menjadi sosok seram.

6. Timer

Fitur timer berfungsi sebagai asisten pribadi pengguna untuk membidik obyek. Bagi Anda yang tidak memiliki rekan untuk merekam, bisa menggunakan timer ini agar tetap bisa membuat konten secara mandiri.

Secara tidak langsung, TikTok turut mendorong kreatifitas pengguna untuk membuat video menarik dan unik dengan memanfaatkan beragam fitur yang sudah disediakan.

Bagi Anda yang tertarik menggunakkan aplikasi ini bisa mengunduh aplikasinya melalui Play Store untuk pengguna Android atau melalui App Store bagi pengguna iOS.

Cara Membuat Akun TikTok

Setelah memiliki aplikasinya, Anda tinggal hanya membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1). Mengisi semua data yang dibutuhkan pada formulir buat akun, lalu klik daftarkan.

2). Klik ikon Me di sudut kanan bawah layar dan pilih edit profil pada menu atur profil akun.

3). Klik tanda tambah pada lingkaran kecil pada menu profil, lalu tambahkan gambar atau video sebagai avatar Anda.

4). Ubah nama akun Anda. Sebab saat pertama kali membuat akun, TikTok akan secara otomatis memilihkan rangkaian kode kombinasi nomor dan angka sebagai nama akun pengguna baru.

5). Anda bisa menautkan akun media sosial lain pada kolom profil.

6). Tekan menu tambah yang berada di tengah jajaran menu di bawah layar untuk memulai konten TikTok Anda. Jangan lupa, manfaatkan fitur yang disediakan TikTok dengan baik dan maksimal, sehingga Anda bisa menghasilkan konten yang memukau.

Setelah memiliki akun, Anda juga bisa mulai memberikan tanda suka dan komentar pada konten teman ataupun idola Anda. TikTok juga secara otomatis akan menampilkan video dengan konten yang biasa Anda lihat dan sukai. Jadi, manfaatkan akun TikTok Anda sebaik dan sebijak mungkin ya!

Demikian artikel pengertian dan fitur lengkap aplikasi TikTok yang bisa menjadi referensi Anda sebelum memutuskan menjadi penggunanya. Semoga ulasan kami membantu!