Telegram: Fitur, Keunggulan dan Kekurangan hingga Cara Membuat Akun Telegram

Aplikasi chatting yang biasa digunakan masyarakaat Indonesia cukup beragam. Mulai dari Facebook Messenger, WhatsApp, Line dan yang mulai semarak di tahun 2020 adalah Telegram.

Fungsi dari Telegram sama dengan aplikasi chatting lainnya, yaitu mengirimkan pesan dengan lampiran foto, video dan audio juga bertukar file yang ter-enkripsi.

Untuk bersaing dengan aplikasi serupa yang lebih terkenal dan ramai digandrungi, Telegram tentu merancang aplikasinya untuk terkihat lebih baik.

Telegram menawarkan ragam fitur chatting yang biasa maupun yang tampil baru dan segar. Nah, berikut beberapa fitur yang tersedia di Telegram:

Fitur Menarik di Aplikasi Telegram

Berikut ini fitur menarik di Aplikasi Telegram, antara lain sebagai berikut.

Grup

Salah satu kebanggan Telegram adalah kapasitas grup yang lebih besar dari aplikasi chatting lain. Contohnya WhatsApp yang membatasi kapasitas grup sekitar 200 akun, Telegram memberikan kapasitas yang jauh lebih banyak yaitu 5000 akun.

Fitur Channel

Fitur Channel memungkinkan pengguna membuat grup dengan komunikasi satu arah, yaitu hanya admin yang bisa mengirimkan pesan tanpa bisa direspon oleh anggota.

Video Profile

Demi membuat suasana obrolan yang tidak membosankan, Telegram memberikan kebebasan pengguna untuk menampilkan foto bergerak di profile.

Filtered Messages

Fitur ini memberikan ruang bagi pengguna untuk secara otomatis mengarsipkan pesan dari orang-orang yang tidak kenal.

Namun, pengguna masih dapat membaca pesan terarsip tersebut karena pesan tidak secara otomatis dihapus dari aplikasi.

File Sharing

Fitur ini memang sudah wajib di semua aplikasi chatting, namun Telegram menawarkan batas kapasitas yang jauh lebih besar.

Yaitu dalam satu kali pengiriman file, pengguna diberikan batas pengiriman hingga 2GB. Untuk file video yang dikirim, pengguna bisa memotong dan memutar video melalui editor gambar yang tersedia.

Secret Chat

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus obrolan secara otomatis baik dalam perangkat pengirim dan penerima sesuai waktu yang diinginkan.

Penyimpanan Cloud

File dan pesan Telegram yang masuk akan tersimpan secara otomatis di Cloud dan tidak langsung di memori smartphone yang bisa membuat penggunanya menghemat memori penyimpanan.

Bot

Bot merupakan program yang bekerja secara otomatis, dimana dalam Telegram bot akan membalas pesan secara otomatis.

Bagi Anda yang ingin mencari hiburan, bot di Telegram boleh dicoba. Misalnya Werewolf game yang akan membuat grup di Telegram Anda terasa lebih hidup dan seru.

Keunggulan Aplikasi Telegram

Nah… dari ragam fitur yang ditawarkan oleh Telegram, tentu menghadirkan beragam keunggulan dan kekurangan. Berikut kami ulas untuk Anda:

1). Ukuran aplikasi kecil.

2). Memberikan ragam stiker dan emoji untuk keseruan tersendiri ketika melakukan obrolan.

3). Bisa mengunci aplikasi tanpa aplikasi tambahan.

4). Pengaturan mode terang dan gelap sangat mudah.

5). Menyediakan banyak pilihan pengaturan privasi. Seperti pengaturan siapa saja yang bisa melihat foto profil Anda, hingga waktu aktif dan terakhir dilihat.

6). Memungkinkan untuk melakukan obrolan dengan bisa berkomunikasi dengan setiap pengguna Telegram tanpa batasan harus termasuk kontak.

7). Keamananan data sangat diperhatikan oleh Telegram.

8). Besarnya kapasitas grup dan file sharing sangat memudahkan pengguna.

9). Banyak pilihan warna tema untuk latar ruang obrolan.

Kekurangan Aplikasi Telegram

Berikut ini kekurangan Telegram, antara lain sebagai berikut:

1). Tidak adanya fitur story

Walau tidak semua pengguna aplikasi chatting senang mengunggah story, namun tampaknya fitur satu ini sangat wajib dimiliki aplikasi chatting.

2). Tidak bisa melakukan panggilan video untuk Telegram versi lama

Bagi Anda tertarik untuk untuk menggunakan aplikasi ini, berikut kami berikan langkah membuat akun dan pengaturan awal Telegram.

Cara Membuat Akun Telegram

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Telegram melalui Play Store untuk pengguna Android atau melalui App Store bagi pengguna iOS.

Setelah aplikasi sudah terpasang, Anda harus membuat akun Telegram dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1). Buka aplikasi Telegram, lalu tambahkan nomor handphone Anda dengan memasukan kode negara +62.

2). Akan ada kode verifikasi yang masuk ke nomor Anda, lalu isi sesuai dengan kode yang diterima.

3). Isi nama depan dan nama belakang sesuai keinginan Anda.

4). Tambahkan bio, foto profil dan data lain yang ingin Anda tampilkan.

5). Anda sudah bisa mulai chatting dengan teman di Telegram!

Demikian ulasan kami mengenai fitur, keunggulan dan kekurangan hingga cara membuat akun Telegram. Pastinya setiap aplikasi walau dengan fungsi yang sama, tetap memiliki ciri khas nya masing-masing.

Tinggal Anda yang memilih aplikasi yang sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan. Terimakasih sudah singgah!