Spesifikasi PC atau Laptop untuk Menginstall Adobe Indesign

Sebelum masuk spesifikasi laptop ataupun PC untuk aplikasi Adobe Indesign ada baiknya sobat pembaca semua harus tahu terlebih dulu apa itu Adobe Indesign agar maksud dari tulisan yang kami share bisa tersampaikan dengan baik.

Adobe Indesign sendiri merupakan sebuah software / perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk menggambar booklet / foster / majalah / cover buku / Annual report maupun media promosi lainnya.

Adobe Indesign masuk dalam software aplikasi publishing, software Adobe Indesign menjadi salah satu aplikasi yang juga banyak digunakan para Graphic Designer untuk merancang desain yang mereka buat.

Adobe Indesign sendiri memiliki banyak keunggulan jika dibanding software publishing lainnya antara lain:

1). Adobe Indesign memiliki banyak fitur yang akan memudahkan para Designer dalam merancang desain yang dibuat.

2). Memiliki multiple page design, dengan adanya fungsi dari fitur master page. Multiple page ini memiliki arti, kamu sebagai Graphic Designer bisa membuka beberapa halaman dalam satu aplikasi yakni Adobe Indesign.

3). Penyimpanan file hasil desain bisa disimpan dalam banyak pilihan format seperti jpg, pdf indd, psn lain sebagainya.

4). Bagi para pemula tidak akan menemui kesulitan berarti dalam membuat layout bulletin, cover buku maupun majalah.

5). Pada saat pencetakan atau printing akan dimudahkan karena memiliki fitur print booklet.

6). Memiliki banyak pilihan efek yang bisa langsung diterapkan pada lembar kerja Adobe Indesign.

7). Ada package yang akan memudahkan sobat designer ketika akan mencetak hasil desain tanpa takut font atau image tertinggal ketika menyimpannya terlebih dulu ke dalam FD. Karena fungsi package ini untuk mengatur penyimpanan file ke FD (flashdisk) yang di dalamnya sudah tersimpan image, dokumen maupun font.

Setelah sobat pembaca semua tahu apa itu Adobe Indesign dan apa saja fungsinya, kini saatnya sobat ketahui perihal spesifikasi PC/ laptop untuk bisa mengoperasikan software para graphic designer ini. Adapun spesifikasi PC/ laptop untuk Adobe Indesign adalah sebagai berikut:

1). OS/ Sistem Operasi

Sistem operasi berbasis windows memang banyak di gunakan karena memiliki kemudahan saat menjalankannya. Begitupun ketika mengoperasikan software Adobe Indesign ini. Kami rekomendasikan sobar Designer semua menggunakan windows 10 (64 bit).

2). Prosessor berawal direkomendasikan i7, seperti Core i7-8650U/ Core i7-8550U

Namun, bila spek laptop yang kamu gunakan bukan i7 kamu masih bisa menggunakan prosessr i5-8350U/ i5-8250U (Quad-Core)

3). GPU

32-bit video card.

4). RAM 16 GB

Kami rekomendasikan sobat designer yang menggunakan Adobe Indesign untuk menggunakan RAM 32 GB/ 16 GB jika memungkinkan. Namun bila budget kamu belum mencukupi untuk upgrade RAM, kamu masih bisa menggunakan RAM minimal 8 GB.

5). Hard Disk

3,6 GB available untuk menginstal software Adobe Indesign. Kamu juga bisa menggunakan SDD sebagai rekomendasi yang unggul.

6). Ukuran Layar

Bagi seorang pemula sebetulnya ukuran layar ini menjadi poin terakhir untuk dipertimbangkan, namun jika kamu seorang professional maka layar monitor yang digunakan baiknya menggunakan 4K (1920×1080) karena dengan ukuran layar tersebut kamu bisa melihat project desain yang kamu kerjakan menjadi lebih jeli dan jelas.

7). Storage

Ruang penyimpanan yang available minimal 512GB ke atas untuk menjaga agar project / file yang kamu buat bisa tersimpan dengan aman.

Di atas merupakan spesifikasi recommended perangkat PC/ laptop agar bisa mengoperasikan software Adobe Indesign secara professional.

Jika sobat semua masih bingung dengan spesifikasi di atas, kamu bisa memilih Asus Zenbook Pro 14 UX480 yang dibandrol Rp. 26.999.000,- Meski harganya lumayan mahal namun laptop ini sangat Pro Graphic Designer yang artinya spesifikasi Zenbook Pro 14 telah memenuhi spesifikasi yang direkomendasikan untuk para designer.

Asus Zenbook Pro 14 UX480

Spesifikasi Asus Zenbook Pro 14 UX480

  • Sistem Operasi Windows 10
  • Prosessor Intel-core i7-8565U
  • Graphic Nvidia GeForce GTX 1050 max-Q (Video memori 2 GB GDDR5 VRAM)
  • Memory 16GB 2400MHz DDR4
  • Storage 512GB PCIe x2 SDD

Melihat spesifikasi Zeenboox Pro 14 ini sobat bisa menilai sendiri bahwa laptop yang satu ini pro banget untuk Adobe Indesign. Selain Asus Zeenbook Pro 14 sobat juga bisa membeli laptop lain yang setara dengan laptop ini.

Link download terkait