Spesifikasi HP untuk Bermain Game Black Desert Mobile

Pada tulisan sebelumnya kita telah sama-sama membahas spesifiaksi PC / laptop untuk bermain Black Desert, nah pada kesempatan kali ini kami akan share spesifikasi HP / smartphone untuk bermain Black Desert Mobile.

Black Desert sendiri merupakan salah satu games MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Games) yang dirilis oleh pengembang games asal Korea.

Buat kamu para gamers yang ingin memainkann Black Desert menggunakan HP / smartphone tentu saja bisa namun untuk menampilkan performa yang bagus HP / smartphone yang kamu gunakan harus memenuhi spesifikasi yang mumpuni untuk memainkan game ini, adapun spesifikasi HP untuk bermain Black Desert adalah sebagai berikut.

Spesifikasi Minimum:

  1. Menggunakan sistem operasi / OS berbasis Android versi 6.0 Marshmallow
  2. Prosessor Quad-Core 2.5 GHz Krait 450
  3. Chipset Snapdragon Qualcomm APQ8084 Snapdragon 805
  4. Kapasitas RAM minimal 2 GB
  5. Kapasitas penyimpanan internal 4 GB available space
  6. Grafis/ GPU Adreno 330

Spesifikasi Rekomendasi:

  1. Menggunakan sistem operasi / OS berbasis Android versi 9.0 Pie
  2. Chipset Qualcomm Snapdragon 660 ke atas
  3. Kapasitas RAM minimal 4 GB
  4. Kapasitas penyimpanan internal minimal 3.5 GB available space
  5. Grafis / GPU Adreno 512

Berdasarakan spesifikasi di atas kita bisa sama-sama menyimpulkan bahwa Black Desert Mobile merupakan game berat yang mengharuskan HP / smartphone memiliki spesifikasi yang cukup tinggi sebagaimana disebutkan diatas.

Black Desert sendiri jika di setting pada grafis yang high (tinggi) akan menampilkan performa yang menakjubkan dari segala grafis yang ditampilkan, namun tentu saja untuk mendapatkan performa yang kece dari game ini HP yang kamu gunakan haruslah HP gaming yang memenuhi spesifikasi rekomendasi atau lebih.

Sobat gamers kini saatnya kamu cek HP yang kamu gunakan apakah sudah memenuhi spesifikasi untuk bermain Black Desert Mobile atau belum, jika ternyata HP yang kamu gunakan tidak memungkinkan untuk diajak main BDM di bawah ini ada beberapa merk HP yang bisa kamu jadikan HP gaming dari harga terendah (yang memenuhi spesifikasi minimum) hingga HP yang memenuhi spesifikasi rekomendasi untuk bermain Black Desert Mobile.

Samsung Galaxy S5

Rekomenasi pertama ada Samsung Galaxy S5 yang memenuhi spesifikasi minimum untuk bermain Black Desert Mobile.

Meski menggunakan spesifikasi minimum kamu tetap bisa dengan lancar jaya bermain game ini karena Samsung Galaxy S5 dibekali Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 (28 nm) serta menggunakan sistem operasi / OS berbasis Android 4.4.2 (kitkat) yang bisa kamu upgrade menjadi Android 6.0 Marshmallow sesuai spesifikasi minimum untuk bermain BDM.

Selain chipset dan OS yang mendukung Samsung Galaxy juga disempurnakan dengan kapasitas penyimpanan yang mumpuni yakni RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB & 32 GB.

Kamu bisa memiliki Samsung Galaxy S5 hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 1.699.000,-

LG G3

Rekomendasi ke-2 ada LG G3 yang dibanderol kisaran 1.599.000,- (kamu bisa mendapatkan LG G3 dengan harga lebih murah tergantung dimana kamu membelinya).

LG G3 ini mampu menjalankan aplikasi game Black Desert karena memiliki spesifikasi minimum untuk memainkan BDM ini salah satunya dibekali Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 (28 nm) & Prosessor / CPU Quad-Core 2.5 GHz Krait 400.

Selain kekuatan chipsetnya yang mempuni untuk Black Desert Mobile LG G3 juga memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB dan memori internal 16 GB, bahkan kamu bisa memiliki LG G3 dengan RAM 3 GB & 32 GB untuk memori internalnya (tergantung kebutuhan).

Untuk Grafis / GPU sendiri LG G3 menggunakan Adreno 330 dengan sistem operasi / OS berbasis Android 4.4.2 (Kitkat) upgradable 6.0 marshmallow.

Kini masuk ke HP yang memiliki spesifikasi rekomendasi untuk memainkan Balck Desert Mobile, namun sebelumnya sobat gamers jangan kaget ya karena HP yang memenuhi spesifikasi recommended pastinya memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding HP yang memiliki spek minimum.

Samsung Galaxy Note 9

Untuk memiliki HP gaming yang satu ini kamu harus mengeluarkan uang sekitar 9 -10 jutaan, kamu jangan khawatir tentu saja harga yang dipatok worth it dengan performa dan keunggulan yang ditawarkan Samsung Galaxy Note 9 ini.

Samsung Galaxy Note 9 memiliki layar AMOLED 6.4 inch dengan resolusi 1.440 x 2.960 pixel yang pastinya sangat nyaman ketika dipakai nge-games karena akan menampilkan garfis yang luas serta menawan. Untuk Chipset sendiri Samsung Galaxy Note 9 menggunakan Exynos 9810 (10 nm) – EMEA.

Adapun sistem operasi yang digunakan adalah Android bersi 8.0 (Oreo). Smartphone ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar yakni RAM 6 GB sampai 8 GB dengan kapasitas penyimpanan internal 128 GB & 512 GB. Pokoknya Samsung Galaxy Note 9 TOP banget diajak main Black Desert Mobile, enteng bos …

LG V50

Selanjutnya ada LG V50 yang bisa kamu beli dengan kisaran harga 4,5 jutaan, menurut kami harga segitu termasuk murah untuk HP gaming yang memenuhi spek recommended BDM.

LG V50 sendiri menggunakan sistem Android 9.0 Pie yang merupakan spek rekomendasi BDM dan lagi LG V50 juga dibekali Chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 85 dengan plus layar P-OLED capacitive touchscreen.

Untuk kapasitas RAM sendiri LG V50 memberikan ruang sebesar 6 GB denan memori internal 128 GB.

Google Pixel 2

Rekomendasi HP terakhir untuk bermain BDM ada Google Pixel 2 yang bisa kamu dapatkan dengan harga terbaik diangka 5,7 juta.

HP ini layak disebut HP gaming karena dibenamkan Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm) & CPU Octa-Core (4 x 2.35 GHz Kryo & 4 x 1.9 GHz Kryo) dan menggunakan Grafis / GPU Adreno 540.

Adapun untuk sistem operasi dari Google Pixel 2 menggunakan Android versi 8.0 (Oreo), sedangkan untuk kapasitas RAM smartphone ini memiliki ruang sebesar 4 GB dengan memori internal 64 GB – 128 GB.

Dengan spesifikasi yang dimiliki Google Pixel 2 tentu saja game Black desert Mobile bisa dimainkan dengan entang dan akan memberikan performa/ tampilan yang menawan pada layar ponselmu.