Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4A Terbaru 2021

Xiaomi, merupakan salah satu pemasok smartphone dari Negeri Tirai Bambu yang sangat popular di Indonesia. Menariknya, meski terbilang baru di industri smartphone, Xiaomi mampu menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia.

Selain menawarkan spesifikasi dan fungsi mumpuni yang mengikuti perkembangan zaman, Xiaomi juga menarik perhatian masyarakat dengan harga Xiaomi yang terjangkau. Hal tersebut jelas menjadikan Xiaomi sebagai pilihan pertama untuk kelas menengah ke bawah.

Maka, tak heran jika produk Xiaomi edisi lama juga masih diminati dan laku pada pangsa pasar yang beragam. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi 4A.

Walaupun rilisan tahun 2016 yang tentunya sudah memiliki sederet “adik pelengkap”, Redmi 4A tidak serta merta lolos dari wish list smartphone Anda. Apalagi bagi Anda yang menginginkan smartphone dibawah 1 juta, dengan kualitas nendang.

Jadi, bagi Anda yang hendak melabuhkan pilihan smartphonenya pada Redmi 4A, pastikan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda ya.

Penasaran bagaimana spesifikasi lengkap Redmi 4A? Yuk, langsung aja simak Spesifikasi dan Harga Redmi 4A berikut!

Desain dan Perangkat Keras

Xiaomi Redmi 4A mengadopsi desain dasar yang digunakan Xiaomi untuk produk seri Redmi 3S, Mi Max dan Redmi Pro. Perangkat tersebut memiliki desain semi persegi dengan sudut agak membulat.

Tepi Redmi 4A dibuat lebih halus dengan memangkas lekukan dari panel belakang ke samping, memberikan kesan persegi jika dilihat dari samping.

Salah satu perbedaan terbesar di antara keduanya adalah Redmi 4A terbuat dari bahan polikarbonat, bukan logam.

Sisi kiri perangkat hampir licin dan tidak memiliki tonjolan, namun setelah diperiksa dengan cermat, ternyata terdapat slot kartu SIM yang tertanam dengan sangat rapi di dalamnya.

Slot ini hanya bisa dilepas menggunakan SIM card ejector yang disertakan dalam paket penjualan. Perlu diperhatikan bahwa Redmi 4A mendukung dual SIM card, dengan konfigurasinya berbeda.

SIM 1 mendukung micro-SIM, sedangkan SIM2 mendukung kartu Nano-SIM dan juga dapat digunakan sebagai slot microSD. Artinya jika Anda memutuskan untuk menggunakan 2 kartu SIM, Anda harus mengeluarkan kartu micro SD tersebut.

Sebaliknya, jika Anda membutuhkan lebih banyak memori, Anda harus mengorbankan kartu SIM. Di sisi kanan terdapat dua tombol volume dan power yang keduanya didesain berbentuk oval.

Tidak seperti kebanyakan perangkat Oppo, tombol power dan volume pada Redmi 4A sedikit menonjol sehingga lebih mudah digunakan. Saat turun ke bawah, Anda akan menemukan port micro USB dan audio jack terletak di kiri atas.

Menggeser ke belakang, Xiaomi berhasil memberikan kesan elegan dan berkualitas di balik material aslinya. Bentukannya sangat nyaman dan ringan untuk dipegang, tetapi sulit untuk menghilangkan kesan “murahan” yang dibawanya.

Layar

Layar lebar 5 inci (1280x 720p) di panel depan dan tiga tombol kapasitif di bagian bawah. Sayangnya, ketiga tombol kapasitif ini tidak memiliki lampu latar tambahan, sehingga agak sulit digunakan di tempat gelap.

Kekurangan lainnya adalah layarnya tidak dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass, tetapi Xiaomi menggunakan panel kaca anti gores untuk mencegah terjadinya goresan.

Kamera

Kamera utama dan lampu kilat LED ditempatkan berdampingan di sudut kanan atas. Jika digambar, mereka berada dalam satu garis lurus dengan garis antena atas.

Tidak ada tonjolan berbentuk lingkaran di sekitar kamera, jadi jika Anda memiliki anggaran lebih, disarankan untuk membeli aksesori lain untuk melindungi lensa dari goresan selama penggunaan.

Kamera Xiaomi Redmi 4A cukup baik dalam hal resolusi, terutama mengingat levelnya. Kamera utama sudah menggunakan sensor 13MP, sedangkan sensor 5MP digunakan di bagian depan.

Namun, hanya beberapa mode yang dapat digunakan, termasuk mode panorama, manual, straighten, beautify, HHT dan scene. Sedangkan untuk kamera depan hampir tidak ada mode khusus yang disediakan, hanya ada dua pilihan yaitu timer dan audio.

Sebagai hiburan, pengguna bisa mengambil foto selfie dengan lebih mulus. Dengan kemampuan tersebut, integritas kamera Redmi sudah mencapai level yang cukup.

Artinya hanya bisa memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari saja, tetapi belum bisa memenuhi kebutuhan professional terutama untuk keperluan komersial.

Speaker

Komponen terakhir di panel belakang adalah speaker mono di bawah logo Mi. Desain speaker tersebut masih tak lepas dari warisan Redmi 4 dan Redmi 4 Prime. Dengan produksi suara yang cukup nendang, namun tetap bulat.

Benchmark

Organ internal Xiaomi Redmi 4A disebut-sebut memiliki fitur unggulan, meski rencananya akan berjuang di level entry. Di atas kertas, perangkat tersebut memiliki chipset Snapdragon 425 dan kartu grafis Adreno 308, kapasitas RAM 2GB, dan memori internal 16GB.

Antarmuka

Selain performa dan baterai, salah satu bagian yang cukup memuaskan adalah sisi antarmuka Redmi 4A. Sistem operasi dasar yang diadopsi oleh ponsel adalah Android 6.0.1 Marshmallow, yang mana Xiaomi menggunakan ROM MIUI 8.5 untuk memolesnya dengan baik.

Baterai

Tentunya banyak orang yang menjadikan baterai sebagai salah satu faktor yang harus diperhatikan saat memilih smartphone. Inilah salah satu alasan mengapa Xiaomi membekali Redmi 4A dengan baterai yang besar pada masanya.

Bilangan 3120mAh menjadi modal Redmi 4A untuk operasional sehari-hari. Kapasitas ini pasti jauh lebih besar dari smartphone setara atau bahkan beberapa merek kelas menengah lainnya.

Pertama, jika Anda memutar video dengan volume sedang. Alhasil, dari kondisi baterai terisi penuh hingga baterai benar-benar habis, Redmi 4A mampu bertahan 11 jam 15 menit.

Kedua, jika Anda mendengarkan streaming musik di Joox menggunakan headphone yang bisa bertahan 6 jam 5 menit. Dilanjutkan untuk browsing sambil mendengarkan musik Joox, baterai akan berlangsung selama 5 jam 12 menit. Dengan pengisian baterai membutuhkan waktu 2 jam 35 menit.

Spesifikasi Utama Xiaomi Redmi 4A

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat spesifikasi berikut sob.

  • Rilis November 2016
  • Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm)
  • Memori 2GB
  • Memori 16GB / 32GB
  • Ukuran ponsel 139.9 x 70.4 x 8.5 mm
  • Berat HP 131,5 gram
  • Ukuran layar 5 inci, 720 x 1280 piksel
  • Kamera depan 5MP
  • Kamera belakang 13MP
  • Baterai Li-ion 3120 mAh

Lima tahun pasca rilisnya, Redmi 4A sudah bisa Anda tebus dalam harga dibawah 1 jutaan. Tepatnya mulai Rp599.000-Rp620.000.

Walaupun tidak memiliki beberapa fitur “wajib” smartphone 2021, menimbang harga dan spesifikasinya yang lumayan, Redmi 4A tentu saja bisa masuk dalam daftar smartphone incaran Anda.

Demikian review Redmi 4A dari AppNesia. Semoga ulasan kami bisa membantu Anda membulatkan atau bahkan menggoyahkan keputusan membeli Redmi 4A. Terimakasih sudah singgah.