Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 8 Lite Terbaru 2021

Xiaomi adalah salah satu produsen paling rajin menampilkan ponsel Android terbarunya. Sang supplier selalu menampilkan beberapa lini produk menarik setiap bulannya, bahkan terkadang produk yang muncul bulan ini bisa menjadi “perusak” produk Xiaomi lainnya yang muncul sebulan atau dua bulan lalu.

Seperti yang terjadi pada Xiaomi Mi 8 Lite. Ponsel Android Xiaomi ini diluncurkan oleh Xiaomi dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro pada akhir tahun 2018 lalu. Keberadaan Xiaomi Mi 8 Lite dianggap menjadi pembunuh “Xiaomi Mi A2”.

Anda yang sedang mengincar smartphone mantap, melabuhkan pilihan smartphonenya pada Xiaomi Mi 8 Lite tentu serdengar menarik. Namun, pastikan spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda ya.

Penasaran bagaimana spesifikasi lengkap Xiaomi Mi 8 Lite? Yuk, langsung aja simak ulasan mengenai Xiaomi Mi 8 Lite dari AppNesia berikut!

Xiaomi Mi 8 Lite

Xiaomi Mi A2 keluar beberapa bulan sebelum Xiaomi Mi 8 Lite dan kisaran harga serta spesifikasinya mirip dengan Xiaomi Mi 8 Lite. Bedanya, Xiaomi Mi A2 hadir dengan sistem operasi Android murni, sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan MIUI berbasis Android.

Berhubung target pasarnya sangat mirip, banyak yang bilang kalau Xiaomi Mi 8 Lite sebenarnya bisa bersaing dengan Xiaomi Mi A2.

Desain

Satu kata yang menjelaskan masalah desain Xiaomi Mi 8 Lite adalah “Cantik”. Desainnya sangat keren, dan tampilan ponsel ini berbeda dibandingkan dengan ponsel Xiaomi yang resmi diluncurkan di Indonesia.

Faktor ini menarik saya untuk mengulas Xiaomi Mi 8 Lite. Xiaomi Mi 8 Lite memiliki bingkai kaca aluminium yang membuat tampilan Xiaomi Mi 8 Lite terlihat mewah.

Sisi positifnya karena kritik saya terhadap ponsel Xiaomi adalah desainnya yang selalu terlihat membosankan. Lihat saja, hampir tidak ada perbedaan pada desain Xiaomi Redmi 4, Redmi 5, dan Redmi 6.

Xiaomi Mi 8 Lite sebenarnya mengusung konsep desain yang tidak membosankan. Di Indonesia, Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan model Aurora Blue dan Midnight Black. Kedua model tersebut memiliki tampilan yang cantik, terutama untuk model Aurora Blue.

Performa

Xiaomi Mi 8 Lite dibekali dengan chipset Snapdragon 660 yang merupakan chipset terpopuler yang banyak digunakan pada ponsel yang dirilis tahun 2018 lalu.

Kehadiran Snapdragon 660 di ponsel ini jelas bisa dibandingkan dengan beberapa ponsel lain dengan chipset yang sama (yakni Vivo V11 Pro, Asus Zenfone Max Pro M2, Realme 2 Pro bahkan Xiaomi Mi A2.

Xiaomi Mi 8 Lite yang hadir dengan Snapdragon 660 tentu menarik. Tidak perlu diragukan lagi performa dari Snapdragon 660 ini. Selain itu, kecepatan Snapdragon 660 di Xiaomi Mi 8 Lite adalah 2,2 GHz.

Sebagai informasi, beberapa ponsel yang dibekali Snapdragon 660 punya kecepatan maksimal 1.9 GHz (CPU terdegradasi), seperti yang ada di Asus Zenfone Max Pro M2 dan Realme 2 Pro. Biasanya, pengurangan kecepatan ini untuk mencegah ponsel terlalu cepat panas.

Kamera

Tentunya berbicara tentang handphone saat ini tidak lepas dari kamera. Bagian ini biasanya yang paling menarik, karena saat ini orang tidak hanya mencari handphone untuk komunikasi dan internet, tetapi juga untuk kebutuhan fotografi.

Xiaomi Mi 8 Lite tidak akan pernah melewatkan bidang kamera. Selain itu, seri Xiaomi Mi 8 merupakan ponsel ternama dengan kualitas kamera yang bagus, seperti Xiaomi Mi 8 atau Xiaomi Mi 8 Pro.

Tentu saja Xiaomi Mi 8 Lite tidak berada dalam kategori yang sama dengan kedua ponsel tersebut, namun industri kameranya masih cukup kompetitif. Kamera yang digunakan di bagian belakang berbeda dengan Xiaomi Mi 8.

Xiaomi Mi 8 dibekali kamera ganda 12 MP + 12 MP, dengan skor DxOMark 99. Xiaomi Mi 8 Lite juga dibekali kamera ganda, hanya satu kamera dengan 12 sensor, satu MP dan satu lagi kamera dengan sensor 5 MP yang digunakan sebagai bagian sensor.

Meski tidak dibekali kamera 12 MP per detik seperti pada Xiaomi Mi 8, kamera sensor departemen pada ponsel ini juga memiliki fungsi efek bokeh yang baik. Salah satunya untuk menggunakan fungsi blur, cukup pilih mode potret di bagian kamera.

Pada bagian ini terdapat pilihan mode lainnya, seperti box mode, panoramic, mode manual shooting, bahkan kemampuan membuat video pendek, seperti video Insta Story.Fungsi mode potret makanan membuat makanan terlihat lebih enak dipandang dan juga akan membuat pengamat lapar. Apalagi detailnya sudah cukup.

Soal kualitas foto dari kamera belakangnya, bisa dibilang Xiaomi MI 8 Lite cukup bagus dalam menangkap objek. Ada banyak pilihan mode foto, dan kunci kameranya bisa dikatakan cukup bagus di antara produk sejenisnya.

Baterai

Xiaomi Mi 8 Lite dibekali dengan baterai berkapasitas 3.350 mAh. Baterainya adalah baterai lithium, tentunya seperti kebanyakan ponsel lainnya, baterai ponsel ini memiliki jenis baterai non-removable.

Tidak dapat dikatakan bahwa kapasitas baterai Xiaomi Mi 8 Lite buruk, tetapi tidak ada yang istimewa. Daya tahannya sangat bagus, dan seringkali positif.

Konsumsi daya Xiaomi Mi 8 Lite setinggi 79%, dan dapat menyediakan lebih dari 11 jam layar aktif. Untuk pengisian daya, Xiaomi Mi 8 Lite dibekali dengan fungsi pengisian daya yang cukup cepat. Waktu pengisian sekitar 100 menit.

Audio

Di bidang audio, Xiaomi Mi 8 Lite memang ada yang istimewa. Kualitas audio yang dihasilkan terdengar biasa saja, namun suaranya nyaring. Ada dua buah speaker di bagian bawah ponsel. Tidak ada masalah di departemen ini.

Spesifikasi Utama Xiaomi Mi 8 Lite

Untuk lebih jelasnya yuk kita intip spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite berikut sob.

  • Ukuran layar 6,26 inci IPS LCD, 1080 x 2280 piksel
  • Chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • Sistem operasi Android 8.1 (Oreo), dapat ditingkatkan ke Android 10, MIUI 11
  • RAM 4GB
  • Memori 64 GB
  • Ukuran 156,4 x 75,8 x 7,5 mm
  • Berat 169 gram
  • Kamera depan 24 MP, f / 2.0 (lebar)
  • Kamera belakang 12 MP, f / 1.9 dan 5MP, f / 2.0 (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 3350 mAh, tidak dapat dilepas
  • Pilihan warna hitam dan biru aurora

Kesimpulan

Xiaomi Mi 8 Lite ini adalah ponsel Xiaomi yang layak dibeli. Kalaupun bakal ada Redmi Note 7 dengan chipset yang sama, Xiaomi Mi 8 Lite tetap layak dipilih. Dengan memberikan banyak keunggulan, tentunya Xiaomi Mi 8 Lite juga memiliki beberapa kekurangan yang melekat.

Kekurangan paling umum yang memengaruhi hampir semua ponsel Xiaomi adalah kurangnya NFC. Oleh karena itu, wajar jika ponsel ini tidak memiliki NFC. Berikut informasi detail mengenai kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite.

Serta tidak ada jack 3.5mm, tetapi aksesori jack USB Type C ke 3.5mm disediakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, Xiaomi Mi 8 Lite merupakan ponsel yang sangat bagus di kelasnya. Mereka yang membutuhkan performa tinggi, kamera depan dan belakang yang kompak, serta desain bodi yang stylish, pengguna ponsel Xiaomi harus memilih ponsel ini.

Sudah rilis sejak September 2018, Xiaomi Mi 8 Lite bisa Anda tebus dalam harga dibawah dan pada kisaran 2 jutaan, dengan RAM yang sesuai. Tepatnya mulai Rp1.750.000 hingga Rp2.400.000 baik ditoko online maupun offline.

Demikian review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 8 Lite dari AppNesia. Semoga ulasan kami bisa membantu Anda membulatkan atau bahkan menggoyahkan keputusan membeli Xiaomi Mi 8 Lite. Terimakasih sudah singgah.