Spesifikasi dan Harga Realme C15 Terbaru 2021

Haloha sobat! Kembali lagi bersama Appnesia nih, kali ini kita bakal bahas salah satu ponsel Realme series C. Setelah merilis Realme C11 dan Realme Narzo pada Juni 2020, merek ponsel yang semula sub-merek OPPO ini juga merilis Realme C15 sebulan kemudian.

Realme pun mengklaim bahwa ponsel ini adalah raja HP entry level. Apasih yang mebuat ponsel yang satu ini mendapat julukan tersebut? Yuk kita simak review Realme C15 berikut!

Baterai Cadas dan Mode Hemat Daya Super

Jangan remehkan Realme C15 hanya karena harganya murah. Pasalnya, ponsel entry level ini menyediakan baterai 6000 mAh pada Realme C15. Angka ini memang lebih baik dari kebanyakan ponsel dengan harga yang sama, karena kebanyakan hanya berkapasitas 5.000 mAh.

Oleh karena itu, ponsel ini dijamin bisa Kamu gunakan untuk bermain game, menonton YouTube, dan melakukan panggilan lama. Dalam mode standby, Realme C15 ini bahkan bisa bertahan hampir 2 bulan loh sob. Prestasi
luar biasa untuk ponsel yang sangat murah.

Seolah belum cukup, Realme C15 juga dibekali dengan fungsi mode hemat daya super, yang bisa memperpanjang usia baterai. Bayangkan Realme mengklaim bahwa ponsel ini dapat menjalankan WhatsApp dalam 107 menit dan hanya mengonsumsi 5% baterai.

Namun, dalam mode ini, Kamu hanya dapat menggunakan enam aplikasi. Apalagi jika Kamu membiarkan Realme C15 standby saat mode ini diaktifkan, ponsel bisa digunakan hingga 2,9 hari meski dengan sisa daya baterai 5%.

Sebuah handphone yang sangat cocok untuk digunakan dalam situasi darurat, Kamu tidak perlu khawatir saat membawa handphone ke daerah pegunungan atau tempat lain yang tidak memiliki aliran listrik.

Fast Charging dan Reverse

Daya tahan baterai adalah keunggulan yang membanggakan dari Realme C15. Namun selain itu, tampaknya Realme C15 juga memiliki kapasitas pengisian 9V / 2A alias 18W yang bisa terisi penuh dalam waktu 3 jam

Ini sudah pasti lebih baik dari pengisian biasa yang biasanya membutuhkan waktu 6 jam untuk mengisi baterai 6000 mAh hingga 100%. Selain kapasitasnya yang besar, Realme C15 juga memungkinkan Kamu untuk “mendonasikan” sebagian daya baterai ke ponsel orang lain.

Iya, Realme C15 punya fungsi pengisian balik 6,5 watt. Sehingga bisa mengubah fungsi Realme C15 menjadi power bank dadakan. Tentunya hal ini menjadikan Realme C15 sangat berharga di mata para penggemar ponsel, apalagi mengingat fungsi reverse charging hanya dimiliki oleh beberapa ponsel saja.

Desain Seperti Berlian

Saat ditanya tentang keunggulan utama Realme C15 selain baterai, jawabannya tentu saja desain bodi belakang. Pasalnya, ponsel Realme C15 dengan slogan “Entry Level King” ini memiliki tampilan yang sangat cantik.

Memiliki tampilan desain gradien geometris yang membuat ponsel terlihat seperti potongan berlian. Ada dua warna yang bisa dipilih – biru tua dan silver. Realme C15 tampaknya menyatakan bahwa harga yang terjangkau tidak perlu menghalangi ponsel untuk menyediakan tampilan yang sangat baik.

Kamera Bisa Diandalkan

Realme C15 dibekali kombinasi empat kamera yang keren. Keempat kamera tersebut meliputi lensa utama beresolusi 13 MP, dan tiga lensa lainnya yaitu sensor sudut ultra lebar 8 MP dengan sudut lebar 119 derajat, kamera monokrom 2 MP, dan satu lagi lensa 2 MP.

Efek retro untuk pengambilan gambar. foto potret. Realme C15 juga dilengkapi dengan fungsi Super NightScape yang dapat mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya; Chroma Boost membuat detail warna lebih jelas; Expert mode cocok untuk pengguna yang ingin mencicip sensasi menggunakan DSLR.

Lensa utamanya juga memiliki kemampuan 5x optical zoom, sehingga Kamu dapat menangkap objek jauh dengan kualitas yang baik. Dari segi perekaman video, Realme C15 mampu merekam video 1080p dengan frame rate 30 FPS dan slow motion pada 720p / 30 FPS.

Di bagian depan juga terdapat lensa kamera selfie AI 8 MP dengan aperture f / 2.0, tersusun dari 5 lapisan lensa berbeda (lensa 5P). Sehingga kamu bisa mengandalkan kamera ponsel ini untuk kebutuhan sehari-hari kamu sob.

Kapasitas Memori Luas

Selain kamera, keunggulan Realme C15 selanjutnya adalah kapasitas memori internalnya yang besar. Seperti kita ketahui bersama, penyimpanan internal memang memainkan peran penting dalam menyimpan sejumlah besar aplikasi atau penyimpanan jangka panjang.

Untuk ini kamu bisa bernafas lega sob, karena ponsel ini memiliki kapasitas memori maksimal 128 GB lo Untuk sebuah ponsel dikelas harganya, kapasitas ini terbilang cukup besar. Padahal, Redmi 9 dengan harga serupa hanya dibekali ruang penyimpanan maksimal 64 GB.

Selain versi 128GB / 4GB, Realme C15 juga menawarkan versi 64GB / 4GB dan versi 64GB / 3GB. Memori internal Realme C15 juga dapat berjalan pada stkamur eMMC 5.1, dan RAM memiliki teknologi LPDDR4X.

Seolah belum cukup royal, Realme C15 juga memberikan dukungan slot kartu memori eksternal khusus, sehingga microSDXC bisa digunakan hingga 256 GB sehingga kamu dapat memaksimalkan penyimpanan di ponsel dengan leluasa sob.

Layar Masih HD+

Layar tentu menjadi pertimbangan besar kita dalam memilih ponsel ya sob. Realme C15 dibekali dengan layar panel IPS LCD 6,5 inci yang bisa memenuhi kebutuhan menonton Kamu. Sayangnya ponsel ini memiliki layar dengan resolusi yang lebih rendah dari kompetitor.

Pasalnya, layar ponsel ini hanya beresolusi HD + atau 720 x 1560 piksel. Di sisi lain, ponsel ini memiliki aspek rasio layar 20: 9 dan memiliki desain water drop yang sangat umum pada produk entry-level 2020.

Resolusi ini sangat mengecewakan karena pesaingnya, Redmi 9, dibekali layar beresolusi Full HD +. Artinya jika mempertimbangkan sisi layar, Realme C15 harus mengakui kekalahan dibandingkan para pesaingnya.

Kekurangan di sisi layar ini tentu bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari, misalnya menonton pada aplikasi Netflix yang seharusnya sudah bisa dinikmati dengan resolusi HD, memang tidak semua ponsel bisa melakukannya.

Kamu perlu menggunakan ponsel yang telah memperoleh sertifikasi Widevine L1. Sayangnya Realme C15 hanya dibekali sertifikasi Widevine L3 saja, sehingga meski sudah berlangganan paket HD Netflix, Realme C15 tetap
hanya bisa menampilkan resolusi 720p saja.

Chipset Kalah dikelasnya

Realme C15 memiliki kekurangan tidak hanya dari segi resolusi layar, tapi juga dari segi performa chipset yang digunakan. Ponsel ini didukung oleh Helio G35 dan diproduksi pada 12 nm. Memang, Helio G35 bukanlah chipset yang sangat buruk.

Namun dari harga yang mendekati 2 jutaan, Helio G35 bukanlah pilihan terbaik untuk harga yang ditawarkannya. Kamu juga bisa menemukan chipset Helio G35 pada varian bawah Redmi 9 Redmi 9C.

Perlu diketahui bahwa harga Redmi 9C hanya di kisaran Rp 1.400.000 saja. Realme C15 yang lebih mahal seharusnya bisa menyediakan chipset yang lebih bertenaga, seperti Redmi 9 yang sudah mengkamulkan Helio G80.

Belum Menggunakan USB Type-C

Port charger yang ketinggalan jaman sering dijumpai di ponsel Rp1 juta. Hal tersebut juga tercermin pada Realme C15 yang hanya dibekali port pengisian microUSB 2.0. Kecepatan transfer data MicroUSB ini tidak sebaik USB Type C, dan Kamu akan kesulitan memasukkan kabel ke dalam port karena bentuknya yang ireversibel.

Padahal, seharusnya Realme C15 sudah dibekali USB Type-C, karena Redmi 9, Redmi Note 7, dan Redmi Note 8 juga sudah dibekali USB Type-C, dan harganya hanya sedikit berbeda.

Spesifikasi Realme C15

Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat spesifikasi Realme C15 ini sob.

Bodi

  • Dimensi: 164,4 x 75,9 x 9,8 mm
  • Bobot: 209 gram

Layar

  • Jenis: Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran: 6,5 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi: 720 x 1600 piksel, rasio 20: 9 (~ 270 ppi)

Perangkat Keras

  • Chipset: MediaTek Helio G35 (12 nm)
  • CPU: Octa-core 2,3 GHz Cortex-A53

Penyimpanan

  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori internal: 64/3 GB, 64/4 GB, 128/4 GB | eMMC 5.1
  • Memori eksternal: microSDXC (slot khusus)

Kamera

  • Kamera utama
    13 MP, f / 2.2, (layar lebar), PDAF
    8 MP, f / 2.25, (ultra lebar)
    2 MP, f / 2.4, (hitam dan putih)
    2 MP, f / 2.4, (retro)
    Flash LED, HDR, tampilan panorama
    Video: 720p @ 30fps, 1080p @ 30fps
  • Kamera selfie
    8 MP HDR, panorama

Konektivitas

  • Wi-Fi 802.11 b / g / n, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • Inframerah: –
  • NFC:-
  • GPS: A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB: microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis Li-Po
  • Kapasitas: 6000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging:-

Harga

Naaah gimana sob? Dengan kelebihan dan kekurangan diatas ponsel ini dipasarkan hanya dengan harga satu jutaan lo! Ya, kamu hanya perlu membayar Rp1.899.000 untuk membawa pulang Realme C15 sob.

Kesimpulan

Dari segi daya tahan baterai dan fitur kamera, tidak berlebihan jika Realme menyebut ponsel ini sebagai Entry Level King. Tapi betapapun hebatnya raja, tentu tidak ada yang sempurna.

Realme C15 sebenarnya bukan ponsel yang didedikasikan untuk bermain game berat karena belum memiliki performa yang cukup istimewa. Tapi ponsel ini tetap bisa menjadi pilihan bagi kamu yang membutuhkan ponsel dengan daya baterai yang besar.

Sekian dulu untuk artikel kali ini sob, kamu juga bisa akses review hp lainnya dari kami. Semoga tidak galau lagi dan semoga bermanfaat!