Spesifikasi dan Harga Realme 7 Terbaru 2021

Halo halo sobat! Balik lagi bersama Appnesia dalam sesi review HP. Kali ini kita akan membahas salah satu ponsel yang diusung sebagai sub-brand OPPO, Realme, yang tanpa lelah merilis produk-produk yang disukai pasar Indonesia.

Setelah meluncurkan seri Realme 6, kini Realme 7 juga diluncurkan dengan harga yang sama. Ponsel ini telah mengalami serangkaian peningkatan dalam kinerja chipset, kamera dan baterai, dan dianggap sebagai ponsel pemimpin tren untuk ponsel kelas menengah.

Selain itu ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari ponsel ini lo sob. Yuk kita simak review Realme 7 berikut!

Bodi Memukau Namun Cenderung Tebal

Jika sebelumnya seri Realme 6 terinspirasi dari Comet, kini Realme 7 menggunakan desain bodi belakang kaca cermin. Desain bodinya benar-benar memancarkan efek visual yang ringan sehingga terlihat lebih mewah. Untuk warnanya sendiri tersedia dua pilihan yaitu Mist White dan Mist Blue.

Realme 7 menjadi salah satu produk terbaik di pasar kelas menengah karena memang memiliki berbagai keunggulan yang patut ditiru oleh para pesaingnya. Namun sayangnya Realme 7 memiliki bodi yang lebih tebal dari Realme 6.

Realme 7 memiliki ukuran bodi 162,3 x 75,4 mm dan ketebalan 9,4 mm. Dibandingkan produk sebelumnya, ketebalan Realme 6 dan Realme 6 Pro hanya 8,9 mm.

Umumnya bodi yang lebih tebal akan memengaruhi kenyamanan pengguna saat menggenggamnya. Seingga Realme 7 bisa terasa kurang nyaman dalam genggaman pengguna terutama yang memiliki tangan cenderung kecil.

Kinerja Memuaskan

Sebagai ponsel kelas menengah yang bertenaga, Realme 7 memang cocok untuk gaming kasual dan profesional. Pasalnya, ini merupakan perangkat pertama di dunia yang ditenagai chipset baru MediaTek, Helio G95 dengan proses pabrikan 12 nm. Ini adalah salah satu chipset dengan performa tertinggi, bahkan sebanding dengan Snapdragon 720G.

Dibandingkan dengan chipset Helio G90T generasi sebelumnya, kecepatan Helio G95 pada pengolah grafis Mali G76 MC4 sedikit meningkat, meskipun begitu Realme 7 sepenuhnya mampu menghadirkan skor benchmark AnTuTu v8 yang lebih baik dari berbagai kompetitor seperti seri Redmi Note 9 Pro dan Realme 6.

Situs web BGR.in juga setuju dengan performa Realme 7. Kabarnya game-game berat seperti PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar di bawah pengaturan Ultra Balance dan frame rate.

Dengan memberikan pengalaman frekuensi gambar yang stabil, game lain seperti COD Mobile dan Asphalt 9 juga dapat mencapai setelan tinggi. Sebagai SoC di pasar harga ponsel kelas menengah, Helio G95 yang menggerakkan Realme 7 tentu tidak mengecewakan.

Bloatware

Akhirnya Realme memiliki skin sistem operasinya sendiri yang diberi nama realme UI. Realme UI sendiri merupakan penyempurnaan dari ColorOS 7. Tidak diragukan lagi, Realme 7 juga akan merasakan UI Realme ini.

Namun sayangnya, meski antarmukanya menjadi lebih segar dan beberapa fitur baru telah ditambahkan, Realme UI memiliki banyak software usang yang dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna.

Bloatware adalah aplikasi built-in, yang sebenarnya tidak banyak digunakan, dan pada akhirnya mengambil bagian dari memori internal sehingga cukup mengganggu kenyamanan pengguna.

Baterai Awet dengan Fitur Power Saver dan Fast Charging 30W

Kapasitas baterai menjadi salah satu tolak ukur pada smartphone. Inilah yang membuat Realme 7 begitu bagus, karena Realme 7 kini memiliki kapasitas 5.000 mAh untuk nilai tipikal sehingga pengguna bisa menggunakan ponsel lebih lama.

Realme juga mengklaim ponsel ini bisa digunakan terus menerus selama satu bulan dalam mode standby. Dalam penggunaan normal, jika refresh rate diatur ke 60 Hz HP dapat bertahan selama dua hari.

Bahkan, bagi pengguna yang mengaktifkan refresh rate tinggi, Realme 7 memiliki pengaturan adaptif, saat layar diam ponsel akan mengembalikan refresh rate ke 60 Hz. Jika Anda menggulir akan kembali ke 90 Hz. Ini adalah cara Realme untuk mempertahankan masa pakai baterai yang tahan lama, meskipun kecepatan refreshnya tinggi.

Menariknya, ada juga fungsi mode super power saving, meski sisa baterai 5% juga bisa mengaktifkan ponsel untuk menggunakan ponsel atau chat di WhatsApp selama beberapa jam. Realme 7 juga hadir dengan kemampuan 5V / 6A alias 30W untuk pengisian cepat.

Hanya perlu 65 menit untuk mengisi daya setidaknya dari 65% hingga 0% hingga 100%. Ya, pengisian cepat Dart Charge 30W memang lebih baik daripada pengisian cepat 18W kebanyakan pesaing dengan harga yang sama.

Kehadiran Fitur NFC

Sebelumnya, saat Realme 6 dirilis, Indonesia belum mendapatkan NFC. Tetapi untuk Realme 7 saat ini, kita akhirnya mendapatkan fungsi NFC yang berguna ini.

Singkatnya, NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, dan fitur ini memungkinkan Anda untuk memeriksa saldo eMoney atau eToll Anda hanya dengan mengetuk di badan ponsel.

Bahkan, kedua ponsel berkemampuan NFC ini bisa langsung berbagi data seperti kontak atau file, berbeda dengan teknologi Bluetooth yang mengharuskan kedua perangkat dipasangkan terlebih dahulu.

Dalam hal penyediaan fitur ini, kehadiran NFC di ponsel mid-range seperti Realme 7 bisa jadi menjadi trend setting trend.

Memori

Ponsel Realme 7 dibekali dengan kapasitas penyimpanan internal yang cukup, sesuai standar teknis UFS 2.1, kapasitas penyimpanannya 128 GB. Sementara itu, ada RAM 8 GB yang menggunakan LPDDRX4.

Mengingat Realme 7 memiliki konfigurasi kamera yang mumpuni tentu akan sangat disayangkan jika pengguna tidak dapat menyimpan banyak video atau foto.

Untungnya Realme 7 menyertakan dukungan slot tiga, sehingga pengguna dapat menggunakan dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal dalam satu waktu.

Kamera Utama Berkualitas dengan Fitur Ultra Steady

Sekilas Realme 7 masih memiliki konfigurasi empat kamera yang sama dengan Realme 6. Namun, kini Realme 7 tidak lagi menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 untuk kamera utamanya, melainkan menunjukkan dukungan Sony IMX682 untuk fitur kamera yang lebih baik.

Resolusi sensor utama yang diusulkan adalah 64 MP, dan ukuran sensor lebih besar yaitu 1 / 1,73 inci. Ada tiga lensa lainnya, di antaranya kamera ultra wide dengan FOV 119 derajat, kamera makro 2 MP dengan jarak 4 cm, dan lensa defocus yang juga memiliki kemampuan 2 MP. Di bagian depan, terdapat sensor Sony IMX471 beresolusi 16 MP dengan aperture f / 2.1.

Kamera belakang Realme 7 juga menghadirkan banyak fitur menarik dan unik, antara lain starry night untuk memotret langit berbintang di malam hari, super night scene untuk mode malam minim cahaya, AI Beauty untuk mempercantik wajah, Chroma enhancement untuk warna yang lebih baik efek, dan banyak lagi.

Untuk bagian perekaman video, Realme 7 mendukung resolusi tinggi hingga 4K pada 30 FPS, dan fungsi UIS Max Video Stabilization dapat merekam adegan dinamis tanpa guncangan.

Kehadiran Refresh Rate 90Hz

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya mahal hanya untuk merasakan refresh rate 90 Hz, Realme 7 bisa menjadi pilihan yang tepat. Saat ponsel ini dirilis, beberapa perangkat kelas menengah dilengkapi dengan kecepatan refresh 90 Hz untuk membuat tampilan di layar lebih halus.

Ini benar-benar menjadikan Realme 7 salah satu produk terbaik dalam kisaran harganya. Selain refresh rate 50% lebih tinggi dari 60 Hz biasanya, Realme 7 juga dibekali dengan touch sampling rate 180 Hz, sehingga layar merespon lebih cepat saat di-tap.

Tampilan layar penuh (rasio body-to-screen mencapai 90%) juga mendukung fungsi layar ini. Realme 7 memiliki panel IPS LCD dengan ukuran landscape 6,5 inci dengan resolusi Full HD +. Agar tampilan lebih nyaman, layar Realme 7 dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland.

Spesifikasi Realme 7

Untuk lebih jelasnya yuk kita intip spesifiasi Realme 7 berikut sob

Bodi

  • Dimensi: 162,3 x 75,4 x 9,4 mm
  • Bobot: 196,5 g

Layar

  • Jenis: Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran: 6,5 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi: 1080 x 2400 piksel, rasio 20: 9 (~ 405 ppi)
  • Perangkat Keras
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • CPU: Delapan inti (2×2,05 GHz Cortex-A76 dan 6×2,0 GHz Cortex-A55)

Penyimpanan

  • RAM: 8 GB
  • Memori internal: 128 GB | UFS 2.1.0
  • Memori eksternal: microSDXC (slot khusus)

Kamera

  • Kamera Utama
    64 MP, f / 1.8, 26mm (lebar), 1 / 1.73 inci, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f / 2.3, 119˚, 16mm (ultra lebar), 1 / 4.0 “, 1.12µm
    2 MP, f / 2.4, (makro)
    2 MP, f / 2.4, (kedalaman)
    + Flash LED, HDR, tampilan panorama
    Video 4K @ 30fps, 1080p @ 30 / 60fps, giroskop-EIS
  • Kamera selfie: 16 MP, f / 2.1, 26mm (lebar), 1 / 3.1 ", 1.0µm
    Fungsi HDR
    Video 1080p @ 30/120 bingkai / dtk

Konektivitas

  • Wi-Fi: 802.11 a / b / g / n / ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • Inframerah:-
  • NFC: Tersedia
  • USB: Type C 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis: Lipo
  • Kapasitas: 5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Pengisian nirkabel: –
  • Pengisian cepat: 30W, 50% dalam 26 menit, 100% dalam 65 menit (iklan)

Fitur

  • Sistem Operasi (pada saat rilis): Android 10
  • Sensor: Sidik jari (dipasang di samping), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Jack 3,5 mm: Tersedia
  • Warna: Blue Mist, White Mist
  • Kecepatan refresh: 90Hz

Harga Realme 7

Jika kamu tertarik dengan harga mulai dari Rp 3.699.000 kamu sudah bisa mendapatkan ponsel ini dengan berbagai keunggulannya lo sob.

Kesimpulan

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan Realme 7, sekarang saatnya menentukan apakah ponsel ini worth it dengan harga Rp 3.999.000 yang pasti sulit menemukan fitur layar refresh rate 90 Hz dengan harga ini diantara ponsel menengah lainnya.

Helio G95 yang menyokong ponsel ini juga sangat efektif untuk menjalankan game-game berat, selain hadirnya sensor Sony IMX682 yang merupakan penyempurnaan dari seri Realme sebelumnya.

Nah, gimana sob? Realme 7 ini menarik sekali bukan? Tertarik untuk membeli ponsel ini? kamu juga bisa baca review ponsel lainnya di Appnesia ya. Semoga tidak galau lagi dan semoga bermanfaat!