Spesifikasi dan Harga Realme 5S Terbaru 2021

Hai Halooo sobat Appnesia! Kali ini kita bakal bahas salah satu ponsel keluaran Realme nih Ternyata seri Realme 5 bukan hanya Realme 5 dan Realme 5 Pro saja. Ada lagi seri Realme 5 yang disebut Realme 5s.

Jika mematok level harga Rp2,7 juta, bisa dibilang ponsel ini merupakan pilihan sulit antara Realme 5 dan Realme 5 Pro. Apasih alasan dari statement tersebut? Yuk kita simak review Realme 5S berikut!

Bodi Nyaman Dan Anti Percikan Air

Berat Realme 5s sama dengan Realme 5 yaitu 198 gram. Ukuran ponsel ini juga mirip dengan Realme 5, 164,4 x 75,6 x 9,3 mm. Tentunya, Realme 5s juga memiliki desain dan nuansa yang kokoh seperti Realme 5. Dibandingkan dengan Realme 5, tidak ada perubahan yang signifikan di bidang desain.

Desainnya masih menggunakan desain bodi polikarbonat namun yang jelas, desain ponsel ini sangat kokoh sehingga sangat nyaman untuk digenggam. Ditambah lagi salah satu keunggulan Realme 5 adalah performa anti airnya. Hal yang sama berlaku untuk Realme 5S. Ponsel ini memiliki fungsi anti percikan.

Baterai Besar

Realme 5s dibekali baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai yang sama juga dibenamkan di Realme 5. Dalam pengujian yang dilakukan GSMArena, rating ketahanan Realme 5s adalah 143 jam. Sebaliknya, Realme 5 memiliki rating ketahanan 144 jam.

Tentu saja perbedaan ini tidak terlalu kentara. Artinya, daya tahan baterai Realme 5s sama dengan Realme 5 yang merupakan tipe hemat daya. Bahkan menurut pengalaman menggunakan Smartprix, masa pakai baterai dari penggunaan besar-besaran Realme 5s bisa melebihi satu hari.

Dalam kasus menonton dalam waktu lama, bermain media sosial dan bermain game, sisa pakai baterai bisa mencapai 40% di penghujung hari. Hasil ini menunjukkan bahwa daya tahan baterai ponsel ini cukup besar.

Kinerja Cukup Oke

Realme 5s dibekali dengan chipset Snapdragon 665 yang mirip dengan Realme 5. Chipset Snapdragon 665 memiliki 8 prosesor yang disebut juga Octa core yang merinci kinerja Kryo 260 Gold Quad Core 2.0 GHz dan kekuatan Kryo 260 Silver Quad Core 1.8 GHz.

Sedangkan untuk pengolah grafisnya, disematkan GPU Adreno 610. Pada tes Antutu 7, ternyata skor Realme 5s mirip dengan Realme 5, hal ini wajar karena semuanya menggunakan chipset yang sama.

Namun dibandingkan dengan Redmi Note 8 yang juga memiliki chipset yang sama, Redmi Note 8 unggul dengan 10.000 poin. Selisih 10.000 poin tidak akan berdampak banyak pada hasil keseluruhan.

Namun setidaknya, data tersebut menunjukkan bahwa posisi kinerja Realme 5s kurang lebih mirip dengan Realme 5 dan Redmi Note 8. Dan Snapdragon 665 telah diakui sebagai chipset yang cukup cepat dengan performa performa tinggi.

Peningkatan Kamera

Pada sisi kamera Realme 5s dibekali empat konfigurasi kamera, mirip dengan Realme5. Kamera pertama adalah kamera 12 MP. Kamera kedua adalah kamera ultra lebar 8 MP.

Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Kamera keempat merupakan kamera 2 MP yang mampu memberikan efek bokeh. Realme 5s menawarkan kamera ultra lebar, kamera makro, dan sensor kedalaman yang mirip dengan Realme 5. Yang membedakan adalah kamera utamanya.

Kamera utama Realme 5s dibekali sensor Samsung GW1 48 MP dengan aperture f / 1.8. Tentunya dengan resolusi yang lebih besar, kamera utama ponsel dapat menangkap gambar dengan baik.

GSMArena sendiri menyebut kamera utama Realme 5s memiliki dynamic range yang bagus. Bahkan jika Kamu memperbesar, hasil bidikannya tetap cukup bagus dan detail.

Namun begitu, dua kamera Redmi Note 8 yang sama-sama mengusung kamera 48 MP masih menangkap lebih baik. Bisa dibilang kamera ultra wide-angle dan kamera makro pada ponsel ini tidak terlalu istimewa. GSMArena mengatakan bahwa lensa ultra wide pada ponsel ini memiliki detail yang buruk dan dynamic range yang sangat sempit.

Untuk kamera makro, situs BGR.in menyatakan bahwa hasil kamera makro kurang bagus, tidak jelas, dan tidak lengkap. Hasil foto efek bokeh juga kurang meyakinkan. Ini berarti sensor kedalaman pada ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kamera Selfie Cukup Baik

Kegunaan kamera depan pada era ini tentu tidak bisa dipungkiri ya sob. Pada Realme 5S Kamera depannya mirip dengan kamera depan Realme 5. Perlu diingat bahwa kameranya tidak tepat 13 MP sebab hanya menghasilkan gambar 8 MP.

Meski begitu, kamera selfie Realme 5s bekerja dengan cukup baik. Berdasarkan uji kamera depan yang dilakukan oleh GSMArena, kamera depan ponsel ini memiliki detail yang sangat baik dan jangkauan dinamis yang luas.

Harap diingat bahwa kamera depan ini hanya mendukung fokus tetap, jadi terkadang hasilnya akan kabur saat memotret.

Masih Menggunakan Pengisian Standar

Penggunaan ponsel di era ini memang sudah sangat primer ya sob. Oleh sebab itu kita sering kali membutuhkan pengisian daya yang cepat untuk memnunjang kebutuhan menggunakan ponsel. Namun sayangnya hal ini belum didapatkan pada Realme 5S.

Ya, tidak ada peningkatan untuk pengisian cepat. Pengisi daya internal ponsel ini hanya mendukung 10W, yang berarti waktu pengisian baterai sangat lama. Data BGR.in menunjukkan bahwa waktu pengisian ponsel dari 0 hingga 100% adalah 2 jam 30 menit. Tentu sangat lama. Ditambah lagi fakta bahwa dari Realme 5s masih belum mendukung USB Type-C sehingga terkesan jadul.

Masih Menggunakan Layar HD+

Spesifikasi layar Realme 5s masih mirip dengan Realme 5. Layarnya adalah IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel, juga dikenal sebagai HD +. Layar tersebut juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3+.

Dibandingkan dengan beberapa ponsel lain di kelas harga ini, mereka menawarkan resolusi layar yang lebih baik. Misalnya Vivo Y19 atau Samsung Galaxy M30s, harganya sekitar Rp 2,8 jutaan.

Nyatanya, Redmi Note 8 yang lebih murah menawarkan resolusi Full HD +. Tentu saja, ini merupakan kerugian tersendiri. Tidak terlalu istimewa, tapi masih bisa dimaklumi.

Spesifikasi Realme 5S

Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat spesifikasi Realme 5S ini sob.

Bodi

  • Dimensi: 164,4 x 75,6 x 9,3 mm
  • Bobot: 198 gram

Layar

  • Jenis: Layar sentuh kapasitif IPS LCD.
  • Ukuran: 6,5 inch
  • Perlindungan: Corning Gorilla Glass 3+.
  • Resolusi: 720 x 1600 piksel, rasio 20: 9 (~ kepadatan 269 ppi).

Perangkat Keras

  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm).
  • CPU: Eight core (medali emas 4×2.0 GHz Kryo 260 dan medali perak 4×1.8 GHz Kryo 260).

Penyimpanan

  • RAM: 4 GB
  • Memori internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori eksternal: microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera

  • Kamera utama
    48 MP+8 MP+2 MP+2 MP
    Lampu kilat LED, HDR, tampilan panorama
    Video: 2160p @ 30fps, 1080p @ 30fps, giroskop-EIS
  • Kamera selfie
    13 MP, f / 2.0, 26mm (lebar), 1/3″, 1.12µm
    HDR, panorama
    Video: 1080p @ 30 bingkai / dtk

Konektivitas

  • Wi-Fi, dual band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • Inframerah:-
  • NFC:-
  • GPS: A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB: microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Baterai
  • Jenis: Li-Po
  • Kapasitas: 5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Pengisian nirkabel:-

Fitur

  • Jack 3,5 mm: Tersedia
  • Warna: Crystal Blue, Crystal Red danvarian Crystal Purple
  • Tahan percikan air

Harga

Mengacu pada harga di applikasi Shopee kamu bisa mendapatkan ponsel ini mulai dari harga Rp 2.440.000 untuk varian Crystal Blue, Rp 2.489.900 untuk varian Crystal Red dan Rp 2.800.000 untuk varian Crystal Purple ya sob.

Kesimpulan

Realme 5s bisa dikatakan sebagai ponsel yang menarik, namun hanya dibidang penyediaan kamera utama 48 MP. Selebihnya, spesifikasi ponsel ini mirip dengan Realme 5. Dengan harga Rp 2,5 jutaan, jelas peningkatan hanya pada kamera tidak ada artinya.

Ponsel lain dalam kategori harga ini masih lebih menarik. Namun semua varian ponsel tentu hadir dengan kelebihan dan tak luput kekurang masing-masing sob. Nah, kamu juga bisa membaca review HP lainnya dari kami lo. Semoga harimu menyenangkan dan semoga bermanfaat!