Spesifikasi dan Harga Realme 5 Terbaru 2021

Hai hai sobat! Balik lagi bersama Appnesia nih. Ada hal unik pada peluncuran Realme kali ini, hadir tanpa Realme 4, penerus Realme 3 adalah Realme 5. Sebagai penerus Realme 3 harga Realme 5 hanya menyentuh angka kurang lebih Rp 2 jutaan.

Tentunya hal ini membuat harga ponsel ini terjangkau. Lantas, seperti apa performa ponsel ini? Simak kelebihan dan kekurangan Realme 5 di bawah ini. Yuk kita simak review Realme 5 berikut!

Desain Kristal yang Unik

Realme 5 memiliki berat 198 gram dan berukuran 164,4 x 75,6 x 9,3 mm. Ponsel ini memiliki desain dan built yang bagus. Hal tersebut terlihat dari pola desain ponsel ini yang kini menampilkan pola kristal alih-alih potongan berlian seperti di Realme 3.

Bodi ponsel ini sendiri memiliki desain bodi polikarbonat dengan plastik berlapis di bagian belakang. Meski dengan desain polycarbonate, desain HP terbilang cukup bagus. Situs Indiatoday.in bahkan menyebutkan bahwa desain pola kristal pada ponsel tersebut merupakan desain unik yang membuat Realme 5 tampil berbeda.

Kinerja Ponsel Agak Lambat

Realme 5 dibekali dengan chipset Snapdragon 665 yang merupakan penerus dari Snapdragon 660. Chipset Snapdragon 665 memiliki delapan prosesor yang disebut juga Octa cores, dan merinci kinerja quad-core 2.0 GHz dan Kryo dari Kryo 260 Gold 260 Silver quad-core 1,8 GHz.

Sedangkan untuk pengolah grafisnya, disematkan GPU Adreno 610. Namun dilihat dari hasil Antutu, Realme 5 memiliki nilai yang sangat rendah dibandingkan dengan Snapdragon 660 pada Redmi Note 7. Snapdragon 660 pada Redmi Note 7 bisa mencapai 140.000, sedangkan Snapdragon pada Realme 5 hanya bisa mencapai 139.000.

Perbedaannya tidak besar, tetapi jelas, dan peningkatannya tidak jelas. Jika menurut situs Indiatoday.in sendiri, ponsel ini tidak akan secepat dan semulus Realme 3 yang didukung oleh Helio P70 atau Realme 2 Pro yang didukung Snapdragon 660 tahun lalu.

Ponsel ini dapat menangani tugas harian dasar, seperti mengirim pesan, media sosial, dan penelusuran web, tetapi terkadang terasa lamban. Namun sebagai keuntungan chipset Snapdragon 665 bekerja dengan baik dalam hal efisiensi daya.

Melalui proses manufaktur 11 nm, chipset dapat mencapai pekerjaan terbaik dalam hal efisiensi daya. Tanpa ragu, perpaduan dengan baterai 5.000 mAh membuat umur baterai HP ini lebih hemat, dan performa dari Snapdragon 665 sendiri juga bagus untuk bermain game.

Ponsel ini dapat menjalankan PUBG Mobile dengan lancar, dengan pengaturan grafis yang moderat. Hal yang sama berlaku untuk AndroidAuthority. Mereka yakin ponsel ini memiliki performa game yang sangat baik, berkat performa GPU yang lebih tinggi dari Snapdragon 660. Oleh karena itu, fokus performa HP ini adalah efisiensi energi.

Baterai Besar Namun Tanpa Fast Charging

Realme 5 dibekali baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterainya jelas besar, yang memberi ponsel ini masa pakai baterai yang baik. Menurut pengalaman menggunakan AndroidAuthority, baterai Realme 5 bisa bertahan hingga dua hari.

Sementara penggunaan Realme 5 yang berat dapat bertahan hingga satu hari. GadgetsNDTV juga menguji telepon melalui tes loop video definisi tinggi dan menghasilkan 22 jam dan 31 menit. Hasilnya tentu sangat bagus.

Namun sayang sekali sob dengan baterai berkapasitas besar, Realme 5 tidak memiliki teknologi fast charging (disebut juga fast charging). Ini akan berdampak pada lamanya waktu telepon diisi. Dibutuhkan 150 menit atau sekitar 2 jam dan 30 menit untuk mengisi daya ponsel hingga penuh.

Kekurangan lain dari Realme 5 adalah masih belum mendukung USB Type-C. Ya, ponsel ini masih menggunakan port microUSB, bukan USB Type-C. Tentunya, jika ponsel ini menggunakan USB Type-C, hal itu akan membuat ponsel ini lebih berharga, yang akan menjadi keuntungan nyata.

Layar Luas

Realme 5 dibekali dengan layar berukuran 6,5 inci yang membuat ponsel ini terasa sangat lebar. Layarnya menggunakan panel IPS LCD, dan rasio layar-ke-layar adalah 82,7%. Layarnya sendiri memiliki rasio 20: 9, jadi resolusinya 720 x 1600 piksel atau disebut juga HD +.

Tentu saja, menggunakan panel HD + bukanlah hal yang buruk, namun membuat ponsel ini terasa tidak istimewa. Untung saja layar ponsel ini sudah dibekali film pelindung Corning Gorilla Glass 3+, yang niscaya menjadi keunggulan dari segi harga.

Kualitas Kamera Tergolong Biasa Saja

Kamera Realme 5 dibekali empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP dengan bukaan f / 1.8 dan mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra lebar 8 MP dengan bukaan f / 2.2. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP.

Kamera keempat merupakan kamera 2 MP yang mampu memberikan efek bokeh. Realme 5 memiliki kualitas foto yang bagus. Hal ini terlihat dari lensa kamera HP ini, yang cocok untuk lensa biasa dan lensa sudut ultra lebar.

Seperti yang dikatakan oleh AndroidAuthority, efek pengambilan kamera HP ini sangat bagus, dan ketajamannya juga sangat tinggi. Lensa sudut ultra lebar juga menghasilkan foto yang melebihi ekspektasi, tetapi lensa makro masih belum memuaskan.

Seperti yang dikatakan AndroidAuthority, sulit untuk mendapatkan fokus yang baik menggunakan kamera makro. Menurut mereka, kamera makro hanyalah fitur tambahan.

Menurut situs Indiatoday.in, kamera utama 12 MP pada ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang bagus, apalagi pada mode HDR dan Chroma Boost mampu menghasilkan foto dengan dynamic range yang baik.

Bisa dibilang secara keseluruhan grip kamera belakang HP ini cukup baik, apalagi di kondisi siang hari. Untuk bidang kamera depan, Realme 5 dibekali kamera 13 MP dengan bukaan f / 2.0.

Menurut GadgestNDTV, foto potret tersebut terlihat agak palsu dan tidak terlihat memuaskan. Namun, menurut mereka, ponsel ini dapat menangkap selfie dengan baik di siang hari, terutama karena adanya HDR yang dapat mengambil foto selfie dengan baik dalam kondisi cahaya terang.

Meski secara keseluruhan performa kamera HP ini terbilang cukup baik, namun masih ada kekurangan di bidang kamera Realme 5. Kerugiannya adalah jika cahaya tidak mencukupi, kunci kamera tidak akan mencapai maksimal. Detailnya lemah dan ada banyak noise. Bisa dibilang kamera yang diambil dari ponsel ini dalam kondisi minim cahaya tidak bagus.

Tahan Cipratan Air

Salah satu keunggulan Realme 5 adalah ketahanannya terhadap cipratan air. Ponsel ini memang tidak memiliki peringkat IP, tetapi Realme mengklaim bahwa ponsel ini memiliki beberapa lapisan fitur anti lembab untuk slot kartu SIM, slot, penutup baterai, dll.

Dengan fitur tersebut, terlihat jelas bahwa ponsel ini mampu menahan cipratan air. Meski tanpa rating IP, jelas terlihat bahwa splash resistance ini membuat Realme 5 terasa berbeda. Karena dalam kategori harganya, hanya sedikit ponsel yang tahan cipratan air.

Spesifikasi Realme 5

Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat spesifikasi Realme 5 ini sob.

Bodi

  • Dimensi: 164,4 x 75,6 x 9,3 mm
  • Bobot: 198 gram

Layar

  • Jenis: Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran: 6,5 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3+
  • Resolusi: 720 x 1600 piksel, rasio 20: 9 (~ kepadatan 269 ppi)

Perangkat Keras

  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Delapan inti (4×2.0 GHz Kryo 260 emas dan 4×1.8 GHz Kryo 260 perak)

Penyimpanan

  • RAM: 3 GB, 4 GB
  • Memori: 32/3 GB, 64/3 GB, 128/4 GB
  • Memori eksternal: microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera

  • Kamera utama: 12 MP [f / 1.8, (layar lebar), PDAF]
    8 MP [f / 2.2, 13mm (ekstra lebar), 1/4″, 1.12µm]
    2 MP [f / 2.4, 1/5 inci, 1.75µm (kamera makro khusus)]
    2 MP [f / 2.4, 1/5″, 1.75µm, sensor kedalaman]
    Lampu kilat LED ganda, HDR, tampilan panorama
    Video 2160p @ 30fps, 1080p @ 30/60 / 120fps, giroskop-EIS
  • Kamera selfie
    13 MP HDR, panorama
    Video 1080p @ 30 bingkai / dtk

Konektivitas

  • Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • Inframerah: –
  • NFC: –
  • GPS: A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • USB: microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis: Lipo
  • Kapasitas: 5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging:-

Fitur

  • Fast Charging: 10W
  • Sistem Operasi (pada saat rilis): Android 9.0 Pie
  • Sensor: Sidik jari (belakang), akselerometer, gyro, Proxy kompas
  • Jack3,5 mm: tersedia
  • Warna: Kristal ungu, biru kristal

Harga

Jika kamu tertarik kamu bisa mendapatkan ponsel ini dengan harga mulai dari Rp 1.989.000 untuk varian (Crystal Blue, 32 GB), Rp 2.015.000 untuk varian 64GB/ 3GB, Rp 2.025.000 untuk varian Crystal Purple, 64 GB dan Rp 2.808.000 untuk varian 4GB/ 64GB.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan Realme 5 memang bukanlah ponsel yang buruk. Meski ponsel ini memiliki kekurangannya sendiri, namun tetap terasa istimewa, seperti kualitas pabrikan yang bagus, desain yang indah, dan masa pakai baterai yang lama.

Realme 5 memang masih memiliki kekurangan, diantaranya fungsi low-light kamera masih mengecewakan, namun hal ini dapat diatasi dengan pembaruan sistem atau fitur lain pada kamera. Performa prosesor Snapdragon 665 jelas tidak meningkat banyak, tapi bisa digunakan untuk game dan berdampak pada efisiensi daya.

Nah, gimana sob? Kami juga bisa membaca review lainnya di website kami yaa. Semoga tidak galau lagi dan semoga bermanfaat!