Software: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh Software

Anda pasti sudah familiar dengan istilah software, jika pekerjaan yang Anda lakukan berkaitan erat dengan komputer. Tentunya Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang perangkat lunak, dan saat ini Anda dapat memilih banyak jenis perangkat lunak.

Anda dapat menggunakan berbagai jenis perangkat ini untuk berbagai keperluan. Baik itu untuk editing video, membuat desain, bermain game dan sederet kepentingan lainnya.

Pengembang sendiri selalu melakukan pengembangan secara berkala, sehingga lebih banyak fitur dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan software itu sendiri.

Untuk lebih memahami informasi seputar software, yuk simak ulasan berikut! Sebab kali ini kami akan mengulas mulaidari pengertian, jenis, fungsi dan contoh software.

Pengertian Software

Software atau yang biasa di sebut perangkat lunak adalah data yang menggunakan fungsi tertentu untuk pemrograman digital, penyimpanan dan pemformatan. Perangkat itu sendiri tidak memiliki bentuk fisik, dan Anda dapat mengoperasikannya melalui perangkat komputer.

Untuk pembuatannya sendiri, perangkat ini membutuhkan bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer / tenaga ahli di bidangnya.

Selain itu, perangkat tersebut menggunakan aplikasi compiler untuk kompilasi, sehingga dapat berupa kode yang dapat dikenali oleh mesin / hardware hardware. Perangkat keras yang disebutkan di sini mengacu pada komputer pribadi.

Kemudian perangkat lunak pada perangkat keras adalah kehidupan komputer itu sendiri. Dengan cara ini, jika sistem operasi tidak diinstal, komputer tidak akan berjalan.

Alasannya adalah kebutuhan untuk menjalankan komputer dengan menggunakan perangkat lunak sebagai perintah program.

Distribusi Software Menurut Jenis

Secara umum, perangkat lunak dibagi menjadi tiga jenis. Adapun ketiga jenis perangkat lunak terkait akan kami jelaskan sebagai berikut:

1). Sistem Operasi (sistem operasi)

Jenis perangkat lunak ini digunakan untuk menyesuaikan perangkat keras apa pun yang terhubung ke CPU komputer.

Selain itu, dapat mengubah aktivitas dan mengelola semua proses yang dijalankan dan diperintahkan oleh pengguna pada CPU sehingga komputer dapat menjalankan perintah pengguna dengan benar.

2). Bahasa Pemrograman

Perangkat lunak ini adalah bahasa yang digunakan saat membuat program. Jika Anda mengikuti contoh, Anda dapat memahami beberapa bahasa. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C ++ dan masih banyak lagi.

Dalam pembuatan bahasa pemograman semacam ini, masih diperlukan software khusus untuk mendesain program sesuai dengan metode dan struktur yang ada pada bahasa pemograman itu sendiri.

3). Prosedur Aplikasi

Aplikasi disini merupakan software yang biasanya banyak digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Dalam hal ini, perangkat lunak dapat bekerja sesuai dengan tujuannya. Contohnya adalah Excel, Microsoft Word, kalkulator dan masih banyak fungsi lainnya.

Jenis Software Berbasis Distribusi

Selain jenis software yang disebutkan di atas, Anda juga perlu memahami beberapa jenis software yang berbeda menurut distribusinya sebagai berikut:

1). Firmware

Firmware adalah penyimpanan perangkat lunak hanya-baca. Anda tidak dapat mengubah properti ini, jadi meskipun ada masalah dengan fungsi tersebut, tidak diperlukan modifikasi atau pengembangan lebih lanjut.

2). Perangkat Lunak Gratis

Perangkat lunak ini bisa digunakan tanpa batas waktu tertentu. Namun sebagian besar dari fungsi software tersebut belum sempurna, sehingga efek penggunaannya tidak maksimal.

3). Adware

Perangkat lunak semacam itu dapat diperoleh dan digunakan secara gratis. Namun software tersebut tetap bisa mengimbangi iklan yang muncul di perangkat komputer yang digunakan.

4). Open Source

Artinya, perangkat lunak yang dapat membuka kode sumber yang juga dapat mengubah, meningkatkan dan mendistribusikannya.

Biasanya, perangkat lunak semacam itu diperoleh secara gratis dan dikembangkan oleh orang lain di bawah lisensi yang disebut GPL (Lisensi Publik Umum).

5). Perangkat Lunak Berbahaya

Perangkat lunak dianggap berbahaya Jika Anda menyalahgunakan perangkat lunak yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, server, klien atau jaringan komputer.

Hal itu dapat menyebabkan kerusakan, dan terdapat berbagai jenis perangkat lunak berbahaya, termasuk virus komputer.

6). Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Anda bisa menggunakannya secara gratis. Umumnya software jenis ini hanya digunakan sebagai demonstrasi ketika fungsi dan waktu pemakaiannya terbatas.

7). Spyware

Teknologi informasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memantau setiap aktivitas pengguna komputer. Merupakan program jahat yang dapat diinstal ke dalam sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna.

Fungsi Software Komputer

Padahal, melalui pengertian software yang sudah dijelaskan di atas, Anda sudah bisa mengetahui fungsi software mana saja yang ada pada sistem operasi komputer.

Namun untuk lebih detailnya anda bisa menyimak beberapa fitur utama software lengkap di bawah ini:

1). Perangkat lunak adalah kebutuhan dasar untuk pengoperasian normal komputer Perangkat lunak tersebut memiliki fungsi untuk mengatur perangkat keras di komputer. Dengan cara ini, komputer yang digunakan dapat beroperasi secara normal sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan.

2). Perangkat lunak juga dapat digunakan sebagai penghubung antara perangkat lunak lain dan perangkat keras komputer. Perangkat lunak ini juga dapat digunakan sebagai penerjemah perintah untuk perangkat lunak bahasa mesin lainnya. Dengan cara ini, perangkat keras pada komputer dapat memahami dan menerimanya dengan baik.

3). Selain itu, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak komputer ini untuk mengidentifikasi program di komputer Anda.

Contoh Software

Ada banyak sekali contoh software yang digunakan oleh pemilik komputer untuk aktivitas sehari-hari, antara lain software gratis dan software berbayar. Beberapa contoh perangkat lunak adalah sebagai berikut:

1). Microsoft Windows, yang merupakan sistem operasi komputer berbasis baris perintah.

2). Microsoft Office Word, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen.

3). Microsoft Office PowerPoint, yaitu software untuk membuat presentasi, video dan konten lainnya.

4). Browser Google Chrome, yaitu software yang dapat bertindak sebagai browser internet.

5). Photoshop, ini adalah software yang digunakan untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.

6). VCL Media Player, itu adalah perangkat lunak pemutar video.

7). FastStone Image Viewer, perangkat lunak yang digunakan untuk membuka dan mengedit file gambar di komputer.

Demikian ulasan kami mengenai software yang membahas mulai dari pengertian, jenis, fungsi, hingga contoh software.

Semoga artikel kami memberikan informasi baru bagi Anda, khususnya mengenai software! Terimakasih sudah singgah.