Shopee: Fitur, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Membuat Akun di Aplikasi Shopee

Berbelanja online sangat digemari masyarakat karena menawarkan ragam kemudahan transaksi jual beli. Untuk itu, banyak aplikasi belanja online yang menawarkan ragam fitur kemudahan dan kenyamanan berbelanja online.

Salah satunya adalah Aplikasi shopping Shopee, yang berbentuk marketplace dan menghimpun ribuan penjual untuk dipertemukan dengan konsumen.

Fitur Menarik di Aplikasi Shopee

Berikut ini fitur menarik di Aplikasi Shopee, antara lain sebagai berikut.

Shopee Mall

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berbelanja segala kebutuhan dengan gampang. Pengguna bisa mencari barang yang dibutuhkan pada kolom pencarian, misalnya kebutuhan rumah tangga, kosmetik, aksesoris, alat elektronik dan banyak lagi.

Jika Anda membeli di Shopee Mall, secara otomatis akan menikmati layanan aftersales berbentuk 7 Hari Pengembalian. Sehingga jika selama 7 hari setelah pembelian ternyata mengalami kendala, baran dapat dikembalikan tanpa biaya kirim dengan proses yang cepat.

Pulsa, Tagihan dan Hiburan

Tidak hanya memfasilitasi penjulan barang-barang, Shopee juga melayani pembayaran tagihan seperti: Pulsa dan paket internet, Kartu pasca bayar, PLN, Telkom, TV kabel dan internet, BPJS Kesehatan, PDAM, PBB, Asuransi dan banyak lainnya.

Dropship

Fitur ini merupakan metode berjualan barang milik orang lain atas nama pembeli sendiri. Dropship ini tentu bisa menjadi ladang bisnis yang menghasilkan dan mudah untuk dilakukan.

Garansi 100% ORI

Fitur ini menjaminan barang-barang yang ditampilkan sepenuhnya original dan dari pemiliknya sendiri. Dalam fitur mall ini, konsumen akan mendapat garansi uang pembelian akan dikembalikan jika produk tidak asli.

Bebas Ongkir

Tentu sangat menyenangkan jika berbelanja dengan bebas ongkir. Shopee sering memberikan promo gratis ongkir dalam hari besar tertentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

COD (Cash on Delivery)

Ada banyak penjual di Shopee Mall menawarkan cara pembayaran di tempat, sehingga tidak repot melakukan transfer pembayaran.

Chatting

Fitur chatting sangat bermanfaat untuk memudahkan komuniasi pembeli dengan penjual sehingga dimungkinkan untuk saling tawar menawar dan mencapai kesepakatan.

Fitur Grosir

Fitur baru Shopee ini mendukung dan memfasilitasi pembelian / penjualan produk dalam jumlah besar.

Fitur Tracking

Fitur ini berfungsi untuk melacak barang yang dikirim oleh penjual, demi menghindari kemungkinan penipuan.

Tracking Pemesanan

Tracking pemesanan berguna untuk melacak status pengiriman pesanan, jika penjual telah memasukkan nomor resi ke aplikasi Shopee.

Masih banyak lagi fitur di Aplikasi Shopee yang bisa Anda coba sendiri. Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi pengguna Shopee, ada baiknya Anda memahami kelebihan dan kekurangan aplikasi ini untuk menghindari kekecewaan.

Kelebihan Aplikasi Shopee

Berikut ini kelebihan Shopee, antara lain sebagai berikut:

1). Banyak promo menarik seperti Big Sale, Flash Sale, gratis ongkir dan banyak lagi promo menarik sesuai hari besar.

2). Fitur live chat sangat memudahkan pembeli berinteraksi lebih leluasa dengan calon pembeli.

3). Aplikasi sangat mudah digunakan.

4). Cara pembayarannya beragam dan sudah disediakan berbagai cara pembayaran beserta langkah-langkah lengkap di aplikasi.

5). Fitur COD (Cash on Delivery) untuk keamanan dan kenyamanan berbelanja.

6). Fitur chatting sangat memudahkan penjual dan pembeli berkomunikasi demi mencapai kesepakatan.

Kekurangan Aplikasi Shopee

Berikut ini kekurangan Shopee, antara lain sebagai berikut:

1). Walaupun sering memberikan promo ongkos kirim gratis, namun syarat yang ditentukan terkesan sulit dan merepotkan.

2). Sering terjadi lambat akses di jam tertentu.

3). Sering ditemui penjual yang kurang baik merespon pembeli. Walaupun kekurangan ini tidak berasal dari perusahaan, ada baiknya Shopee menyorot hal ini demi kenyamaman pengguna.

Jika Anda tertarik untuk mulai menggunakan aplikasi Shopee, silakan buat terlebih dahulu Akun Anda dan mulai berbelanja!

Cara Membuat Akun Shopee

Berikut cara membuat akun Shopee, antara lain sebagai berikut:

1). Mengunduh aplikasi Shopee melalui Play Store untuk pengguna Android atau melalui App Store bagi pengguna iOS.

2). Buka aplikasi, kemudian klik Daftar pada halaman utama.

3). Pilih salah satu metode pendaftaran, salah satunya dengan nomor telepon:

  • Masukkan nomor telepon yang belum terdaftar dan masih aktif Anda gunakan
  • Masukkan kode verifikasi (OTP) yang akan diberikan pihak Shopee melalui panggilan atau SMS ke nomor telepon.
  • Klik lanjut, lalu isi username, password dan konfirmasi password Anda.
  • Jika Anda menggunakan akun google, Line ataupun Facebook, username akan otomatis terisi sesuai nama akun yang Anda daftarkan dan dapat diubah sesuai keinginan. Anda juga tidak perlu membuat password.

Demikian ulasan kami mengenai fitur, kelebihan, kekurangan dan cara membuat akun Aplikasi Shopee. Semoga ulasan kami bermanfaat!