SHAREit: Pengertian, Fungsi, Cara Download, Kelebihan dan Kekurangan SHAREit

Untuk melakukan transfer data antar device yang berbeda, maka bantuan bantuan aplikasi pada perangkat yang digunakan adalah solusinya. Karena dengan bantuan aplikasi akan memudahkan Anda agar tidak perlu menghubungkan kabel untuk menghubungkannya ke PC.

SHAREit merupakan salah satu aplikasi untuk transfer data, baik dari hp ke hp, hp ke laptop, maupun antar PC atau laptop. Selain dapat mengirim berbagai dokumen, video, maupun audio.

SHAREit juga bisa digunakan untuk mengirimkan berbagai macam berkas dan bahkan bisa untuk membagikan aplikasi yang sudah terpasang di smartphone ke smartphone lainnya.

Proses pengiriman data dengan menggunakan SHAREit ini terbilang sangat cepat. Kecepatannya bahkan jauh diatas blueotooh, yang biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan file dengan kapasitas yang besar.

Aplikasi ini juga dapat digunakan tanpa perlu koneksi internet, sehingga meskipun Anda mengirimkan file berkali-kali dengan kapasitas yang besar, kuota internet Anda tidak akan terkuras.

SHAREit tidak hanya kompatibel untuk perangkat Android saja, tetapi juga pada peranglat iOS, dan bahkan sistem operasi Windows pun juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan transfer data.

Fungsi SHAREit

SHAREit memiliki fungsi utama untuk mengirimkan berbagai macam file antar perangkat dengan proses transfer yang sangat cepat meskipun ukuran file yang dikirimkan cukup besar. Dan berikut merupakan beberapa fungsi SHAREit yang lainnya, antara lain:

1). Untuk mengirim foto, vidoe, audio, dokumen, dan bahkan aplikasi antar perangkat smartphone ke smartphone maupun smartphone ke laptop atau komputer dan sebaliknya.

2). Untuk mengirimkan video yang berkapasitas sangat besar dengan kecepatan yang dinilai mencapai 40% dari kecepatan yang dimiliki oleh bluetooth.

3). Untuk mengirimkan file secara grup. SHAREit mendukung fitur grup yang maksimal, yang dapat menampung 5 perangkat secara nirkabel. Dimana saat Anda mengirimkan file, secara langsung perangkat lainnya akan bisa langsung menerima file tersebut tanpa harus menunggu terlalu lama atau harus antri.

4). SHAREit bergua untuk mengirimkan file dari smartphone yang memiliki beda sistem operasi. Kendala transfer file dari iOS ke Android, biasanya terdapat kendala tertentu. Maka dengan aplikasi SHAREit in Anda bisa mengirimkan file antar perangkat baik iOS ke Android maupun Android ke iOS. Juga bisa mengirimkan ke komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Cara Download Aplikasi SHAREit

Aplikasi transfer file yang satu ini, selain mudah digunakan juga tersedia untuk berbagai macam platform. Aplikasi ini tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, Windows, dan Mac.

Untuk mendownload aplikasi SHAREit, Anda bisa mengunjungi situsnya di ushareit.com, atau bisa langsung melalui Google Play Store maupun App Store.

Cara Menggunakan SHAREit

1). Setelah Anda unduh aplikasi SHAREit ini, buka aplikasinya kemudian pilih Send untuk mengirim file. Selanjutnya cari file yang ingin Anda kirim, baik foto, video, musik, atau file aplikasi. kemudian, pilih Send.

2). Adapun jika Anda ingin menerima file, silakaan klik Receive. Kemudian akan muncul avatar penerima beserta nama akunnya. Jika avatar tersebut adalah device yang akan mengirim file, klik avatar tersebut. File yang Anda kirim atau terima sedang dalam proses pengiriman.

Kelebihan dan Kekurangan SHAREit

Sebuah aplikasi dengan berbagai fungsi dan kegunaannya, selalu terdapat kekurangan di dalamnya. Dan hal tersebut bukanlah hal yang buruk, termasuk pada aplikasi SHAREit itu sendiri.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi SHAREit:

Kelebihan SHAREit

Berikut kelebihan pada aplikasi SHAREit, antara lain:

1). Bisa untuk semua OS

SHAREit dapat dijalankan pada hampir semua operating system, baik perangkat Android, iOS dan bahkan komputer yang memiliki sistem operasi windows maupun MacOS. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan file lintas sistem operasi sehingga meskipun smartphone yang Anda gunakan dengan rekan Anda memiliki sistem operasi yang berbeda, Anda masih tetap bisa berbagi file dengan mudah.

2). Transfer data secara cepat

SHAREit mampu mengirimkan data dalam waktu yang sangat cepat. Kecepatan transfernya pun dinilai mencapai 20 MB setip detik dan lebih cepat daripada menggunakan Bluetooth dalam mengirimkan file dengan kapasitas yang besar. Maka saat Anda mengirimkan lagu atau video yang dengan kapastias 30 MB, Anda tidak perlu menunggu dengan durasi yang terlalu lama untuk dapat melihat semua file tersebut masuk di perangkat Anda.

3). Bisa mengirimkan berbagai jenis file

SHAREit bisa Anda gunakan untuk mengirimkan berbagai macam file. File yang Anda kirim tidak terbatas hanya foto, audio, atau video. Anda bahkan bisa mengirimkan aplikasi yang sudah terpasang di ponsel Anda ke ponsel orang lain. Jadi, Anda tidak harus mengunduhnya di Play Store yang tentu akan menyedot kuota Anda karena Anda bisa berbagi aplikasi tersebut.

4). Tidak butuh koneksi internet

SHAREit sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet dalam melakukan transfer file, jadi tanpa akses internet sekalipun Anda tetap bisa berbagi file dengan mudah dan dapat berbagi file berkapasitas besar tanpa memengaruhi kuota internet yang Anda miliki.

5). Dapat mentransfer file secara grup

Bagi Anda yang tidak ingin antri dan memang kebetulan harus mengirimkan file ke semua orang dalam waktu cepat, SHAREit adalah jawaban yang tepat untuk hal tersebut. SHAREit sudah menyediakan sebuah fitur grup yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagi file secara grup. Namun perlu diperhatikan bahwa maksimal perangkat yang bisa Anda masukkan ke dalam grup maksimal 5 perangkat.

Kekurangan SHAREit

Adapun kekurangan pada aplikasi SHAREit, antara lain:

1). Tidak bisa mengirimkan data melalui SMS atau E-mail.

2). Hanya bisa digunakan ketika kedua perangkat sama-sama mempunyai aplikasi ini.

3). Tidak dapat digunakan mengirimkan data ketika jarak dari penerima dan pengirim lebih dari 10 meter.

4). Rawan terkena virus sehingga bagi semua orang yang menggunakan SHAREit harus berhati-hati, terutama jika perangkatnya memiliki informasi penting yang berkaitan dengan biodata diri maupun biodata tempat kerja atau perusahaan.

Demikian artikel mengenai SHAREit, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Download dan Menggunakan SHAREit. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Link download terkait

Android