Sayuran: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat

Tanaman sayuran ialah jenis tanaman pokok yang dikonsumsi sebagai pendamping makanan pokok bersama dengan lauk. Tanaman Sayuran yaitu  tanaman lunak yang separuh ataupun semua bagian-bagiannya bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau pun diolah terlebih dahulu dengan  dimasak.

Sayuran ialah bahan pangan berasal dari tumbuhan yang umumnya terdapat kandungan kadar air tinggi dan dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu seperti dikukus, direbus, digoreng ataupun disangrai. Sayuran berupa daun yang dikonsumsi secara langsung atau mentah disebut lalapan. Sayuran adalah makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi.

 

  1. Pengertian Tanaman Sayur

Sayuran merupakan bahan pangan yang biasanya mengandung bahan vegetatif dari tumbuhan seperti daun, batang, tangkai, ataupun bonggol umbi. Terdapat bagian generatif yang dapat dikonsumsi untuk sayuran misalnya seperti bunga, buah, dan juga biji.

 

  1. Jenis-Jenis Tanaman Sayur

  • Umbi

Sayuran yang memanfaatkan bagian umbi-umbian ialah seperti tanaman wortel, singkong, tanaman kentang, dan lain-lain bisa diolah menjadi bahan pangan. Umbi ialah bagian berbentuk akar atau batang yang membesar bagi tanaman.

  • Buah

Sayuran yang memanfaatkan bagian pada tanaman jenis buah sebagai bahan pangan. Walaupun sama berbentuk buah namun sebenarnya jenis sayuran ini kebanyakan digunakan sebagai pelengkap sayuran sehingga buah ini dikelompokkan dalam kategori sayuran.

  • Bunga

Bagian bunga tanaman juga seringkali digunakan sebagai sayuran atau bahan pangan. Misalnya brokoli ataupun bunga kol bahkan bunga pisang biasanya digunakan sebagai bahan pangan yang diolah untuk konsumsi sayur-mayur.

  • Daun

Bagian sayuran berupa daun umumnya paling banyak dijumpai di pasaran ataupun mudah untuk dibudidayakan sendiri di pekarangan ataupun di lahan sendiri. Misalnya jenis tanaman sayur ini adalah bayam, tanaman sawi, singkong, melinjo, dan juga kangkung serta kaelan.

  • Polong

Sayuran polong tidak populer karena hanya sebagian yang membudidayakan dan penggunannya pun tidak sebanyak seperti pada tanaman sayuran bunga, buah, dan daun yang populer untuk menjadi bahan menu utama atau bahan campuran.

  • Batang

Jenis sayuran ini menggunaka bagian dari batang tanaman. Meskipun tidak banyak yang menggunakan namun jenis tanaman sayur ini cukup baik untuk dikonsumsi.

 

  1. Manfaat Tanaman Sayur

Berikut beberapa fungsi yang menjadi manfaat pada tanaman sayur antara lain sebagai berikut:

  1. Menghindari serta menurunkan stress yang berlebihan
  2. Memperlancar proses buang air besar
  3. Menghindari terjadinya penyakit kanker atau kanker
  4. Menjaga agar berat badan  seimbang dan juga stabil
  5. Menjadi sumber energi bagi tubuh dan membuat tubuh menjadi fit
  6. Membersihkan zat racun ataupun toksik pada tubuh yang biasa dikenal sebagai proses Detoksifikasi
  7. Menghindari kelahiran agar bayi tidak cacat ataupun mengidap penyakit.
  8. Mampu menjaga kualitas kesehatan mata
  9. Meningkatkan kualitas kulit agar menjadikan kulit terlihat segar dan sehat
  10. Meningkatkan kesehatan pada tulang
  11. Membuat menu makanan yang sehat

Sayur merupakan semua jenis tanaman yang bisa dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji, bunga ataupun bagian lain yang digunakan untuk diolah menjadi masakan. Sayuran merupakan sebutan bagi bahan pangan. Asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi serta dikonsumsi dalam keadaan segar atau bahkan setelah diolah secara minimal. Sayuran mengandung zat  gizi yang memiliki fungsi mengatur metabolisme. Zat pengatur ini terdiri dari air, vitamin, dan juga mineral .

Pada umumnya sayur-sayuran dua kali lipat lebih banyak mengandung zat tepung, karbohidrat, terutama sayuran yang berasal dari akar. Sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan sayuran yang memiliki bentuk buah, dan juga sayuran yang berupa daun lebih banyak mengandung vitamin, air serta mineral. Bisa dipahami bahwasanya tanaman sayur biasanya digunakan sebagai pendamping atau pelengkap makanan pokok, ataupun ikan. Dengan demikian sayuran tidak dapat diartikan secara botani sehingga berbagai jenis sayuran menurut botani terkelompok dalam buah-buahan.

Misalnya seperti cabai, kacang- kacangan, melon dan juga tomat menurut botani terkelompok ke dalam buah. Tetapi  sebab teknik penggunaanya, tujuan penanaman, dan juga kebiasaan, buah- buahan dikelompokkan dalam sayuran.