15+ Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Wajib Ditonton

Film horor yang menyuguhkan cerita menegangkan dengan sebuah sosok seram ini siapa sangka malah menimbulkan sebuah sensasi yang disukai oleh banyak orang.

Seringkali membuat siapapun yang menonton merinding, merasa ketakutan, sekaligus penasaran ini juga ditawarkan oleh industri film tanah air.

Mengangkat cerita horor yang telah melegenda di suatu daerah, maupun dengan menampilkan sosok makhluk halus fiktif dengan tampilan yang begitu menakutkan.

Didukung oleh backsound yang seram membuat sensasi nonton film horor menjadi lebih menakutkan lagi.

Belum lagi jump scare yang yang auto bikin jantung kamu berdebar berkali lipat lebih cepat. Bagi pecinta film horor, tentu saja hal ini sangat seru dan menjadi healing tersendiri atas rasa penat yang dirasakan.

Indonesia punya banyak film horor yang nggak kalah keren untuk kamu tonton lho, berikut 15 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang wajib kamu tonton:

1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan merupaka film horor yang dirilis pada 28 September 2017 silam. Film horor ini mengangkat cerita tentang sebuah teror yang ditujukan pada sebuah keluarga yang sedang mengalami kesulitan finansial untuk biaya pengobatan ibunya yang mengidap penyakit serius.

Ternyata teror tersebut terjadi akibat ibunya yang pernah meminta sesuatu dari sekte gelap agar memiliki seorang anak, sehingga akhirnya sekte tersebut meminta adiknya yang paling kecil untuk dijadikan tumbal.

2. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam bisa kamu jadikan pilihan film horor lainnya. Film karya sutradara Joko Anwar ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Maya, perempuan tersebut mendapatkan warisan berupa rumah yang terletak di daerah yang terkenal sangat angker. Yang menegangkan adalah, dimana penduduk tersebut ingin membunuh Maya demi menyelesaikan kutukan tersebut.

3. Danur

Pada awal dirilis, film Danur langsung menarik banyak mata untuk menyaksikannya. Film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini menceritakan tentang sosok Risa yang memiliki kemampuan untuk melihat hantu.

Film Danur ini diangkat dari kisah Risa Saraswati, yang kemudian dijadikan film dengan  Awi Suryadi sebagai sutradaranya.

4. Mata Batin 2

Mata Batin 2 merupakan sekuel dari Mata Batin pertama. Masih dengan histeria yang sama, para pecinta film horor menunjukan apresiasinya sehingga film karya sutradara Rocky Soraya ini langsung mendapatkan banyak pehatian publik. Film ini diperankan oleh Jessica Mila sebagai Alia, Alia merupakan seorang anak yang telah kehilangan orangtuanya.

Ia harus melalui kehidupan dengan adiknya. Mereka harus mencari kegiatan baru, salah satunya dengan menjadi relawan di panti asuhan. Ternyata panti asuhan tersebut menyimpan banyak misteri yang menakutkan, dari situlah awal mula berbagai kejadian horor menimpanya.

5. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur

Siapa yang tidak kenal Suzzanna, tokoh legendaris film horor ini diangkat namanya ke dalam film berjudul Suzanna: Bernapas dalam Kubur.

Dimana tokoh Suzzanna fiktif ini dibintangi oleh Luna Maya, yang menceritakan tentang pembunuhan Suzzana oleh empat orang perampok, karena rasa dendam atas hal tersebut, hingga Suzzana akhirnya menghantui keempat orang perampok tersebut secara terus-menerus.

6. Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum Iblis Menjemput yang dirlis pada tahun 2018 ini menyuguhkan cerita dengan suasana yang begitu menegangkan. Diperankan oleh dua orang artis cantik, yakni Chelsea Islan dan Pevita Pearce menjadi alasan lainnya kenapa film ini diminati oleh banyak orang.

7. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Mendapatkan renspos yang baik di film pertama, membuat film ini akhirnya merilis versi keduanya, yakni Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Seperti judulnya, film ini merupakan kisah lanjutan dari film sebelumnya dengan Chelsea Islan dan Pevita Pearce yang masih menjadi tokoh utamanya.

8. Rasuk 2

Film rasuk menceritakan tentang seorang mahasiswi kedokteran, kejadian itu bermula saat Nikita Willy melakukan otopsi. Saat ia melakukan otopsi tersebut, ia melihat hantu hingga akhirnya mendapatkan pengalaman horor yang begitu menegangkan.

9. The Doll 2

The Doll 2 merupakan fim yang mengangkat cerita tentang sosok roh yang diam di dalam sebuah boneka.

Film ini dibintangi oleh Herjunot Ali dan Luna Maya. Film yang dirilis pada 20 Juli 2017 yang memiliki alur cerita yang menarik ini tembus hingga 1 juta penonton.

10. Rumah Dara

Rumah Dara adalah film horor jagal yang dirilis pada tanggal 22 Januari 2010. Film yang dibintangi Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama ini menyuguhkan cerita tentang sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama “Dara”.

Lewat ceritanya yang keren, film ini mendapatkan penghargaan sebagai film horor terbaik di ajang Jakarta International Film Festival pada tahun 2010.

11. Surat dari Kematian

Film horor yang terbilang baru ini bisa banget kamu tonton, menceritakan tentang seorang mahasiswa yang melakukan percobaan bunuh diri, hingga akhirnya ia malah mengalami banyak kejadian horor karena hal tersebut. Film Surat dari Kematian ini dirilis pada 2020 ini dengan Carissa Perusset sebagai tokoh utamanya.

12. Modus Anomali

Sutradari Joko Anwar emang udah terkenal dengan banyak film horornya yang sukses di pasaran. Modus Anmali yang rilis pada tahun 2012 ini mengangkat kisah tentang sosok Evan yang secara tiba-tiba mengalami hilang ingatan, ia dihadapkan dengan berbagai bukti bahwa telah terjadi pembunuhan mengerikan yang benar-benar sadis dan sangat mengerikan.

13. Kajeng Kliwon

Kajeng Kliwon adalah salah satu film Indonesia yang menyelipkan kisah urban legend tentang Bali, yakni tentang makhluk mistis bernama Leak atau yang juga dikenal dengan sebutan Rangde.

Film ini dirilis pada tahun 2020 dengan dibintangi oleh Amanda Rawles dan Chris Laurent. Film horor ini wajib banget kamu tonton, karena menyajikan cerita yang cenderung berbeda dari film horor lainnya.

14. Kuntilanak

Sosok makhluk halus yang dinamai Kuntilanak ini memang sudah banyak diangkat ke dalam film, dan film dengan judul Kuntilanak yang dibintangi oleh Julie Estelle menjadi salah satu film yang sukses menarik banyak perhatian para pecinta film horor.

Film ini menceritakan tentang Samanha dengan kemampuan magisnya untuk memanggil kuntilanak untuk menuruti perintahnya jika dipanggil.

15. Janin

Film Janin yang dirilis pada tahun 2020 ini menangkat cerita tentang sepasang suami istri bernama Randu dan Dinar.

Mereka yang baru menikah dan telah diliputi rasa bahagia ini dikarunia seorang anak yang masih dalam kandungan, namun janin tersebut mendatangkan banyak teror menyeramkan yang akan membuat kamu tegang banget.

Dari 15 Rekomendasi Film Horor Indonesia di atas, adakah list favoritmu yang akan segera kamu tonton? Nonton sama keluarga atau teman kayaknya akan lebih baik deh daripada kamu ketakutan sendirian. Selamat menonton.