10 Rekomendasi Film Anime Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime dapat kamu jadikan sebagai sebuah tontonan untuk mengisi waktu luang, atau dikalau kamu merasa penat, nonton anime bisa dijadikan sebuah pilihan hiburan yang menyenangkan. Ngomong-ngomong tentang anime, kamu mungkin meman tidak asing dengan jenis film ini.

Tapi kamu tahu nggak sih apa bedanya anime dan kartun? Dilihat dari pembuatannya baik kartun dan anime memang tidak ada perbedaan.

Hanya saja kartun lebih banyak menggunakan tokoh hewan, sedangkan anime lebih banyak menceritakan tentang kehidupan manusia serta budaya Jepang. Dan kartun itu sendiri, ditujukan untuk karya animasi dari luar Jepang.

Sehingga memang anime lebih digemari oleh anak-anak remaja hingga orang dewasa, dan umumnya kartun lebih identik dengan anak kecil, walaupun tidak selalu begitu. Cerita kehidupan yang diangkat dalam sebuah anime ini, layaknya film lainnya yang diperankan oleh aktor ternama.

Pada anime dengan genre romantis, kamu bisa dibuat baper, pokoknya cerita yang disampaikan melalui anime ini akan selalu berhasil menyampaikan pesan juga menimbulkan perasaan tertentu yang akan membuat penontonnya ketagihan untuk nonton lebih banyak anime lainnya.

Terlebih anime memang selalu menyuguhka alur cerita yang susah ditebak dan tidak bias, dengan plot twist di akhir cerita yang keren. Banyaknya film anime yang bermunculan, pasti membuat kamu agak kebingungan.

Nah, supaya kamu bisa menonton anime dengan alur cerita dan visual yang menarik, berikut 10 Rekomendasi Film Anime yang sayang untuk dilewatkan:

1. Liz and the Blue Bird

Film Anime Liz and the Blue Bird

Liz and the Blue Bird menceritakan tentang pertemanan Mizore dan Nozomi. Hadir dengan cerita yang terbilang sederhana tidak lantas membuat anime ini bisa dianggap biasa saja.

Namun, justru hal tersebut membut film anime ini terasa begitu nyata dan dekat dengan kehidupan kita. Visualisasi yang detil dan teliti menjadi hal lainnya yang menjadi kelebihan dari fim Liz and the Blue Bird.

2. Grave of The Fireflies

Film Anime Grave of The Fireflies

Lagi lagi, anime karya Studio Ghibli. Grave of The Fireflies yang rilis pada tahun 1988 adalah anime yang menyuguhkan cerita tentang pemuda bernama Seita, yang memiliki adik perempuan bernama Setsuko.

Mereka berdua harus berjuang mengarungi kehidupan setelah kehilangan ayah, ibu, dan tempat tinggalnya akibat Perang Dunia II.

Cerita anime ini akan sangat menguras air mata, kamu akan melihat bagaimana keduanya sangat kuat menghadapi setiap kenyataan hidup yang sama sekali tidak menyenangkan.

Mereka harus kabur dari rumah bibinya, karena diperlakukan dengan begitu kejam. Mereka harus merasakan kelaparan, ditengah kemewahan yang ada di sekitarnya.

Keren banget kan alur ceritanya? Tidak heran jika film anime Grave of The Fireflies ini masih menyandang predikat sebagai salah satu anime movie terbaik sepanjang masa.

3. Weathering With You

Film Anime Weathering With You

Weathering With You akan membuat siapapun yang menontonnya terkagum-kagum dengan anime yang satu ini. Weathering With You menceritakan tentang dunia selalu diguyur hujan dan matahari tidak pernah nampak. Apa jadinya ya kalau seperti ini, tentu saja menyeramkan, dan banyak hal yang rasanya gak mungkin dilakukan.

Namun imajinasi yang ditawarkan oleh anime ini jadi hal lain yang membuat jalan ceritanya menjadi seru, dimana terdapat seorang pemuda bernama Hodaka yang memutuskan untuk tinggal dan bekerja untuk perusahaan
majalah di Tokyo.

Hingga pada suatu saat ini bertemu dengan seorang remaja perempuan bernama Hina yang ternyata memiliki kekuatan magis untuk menghentikan hujan dan memunculkan kembali cahaya di langit Tokyo. Sangat menarik bukan? Udah deh kamu langsung nonton aja anime yang satu ini.

4. Spirited Away

Film Anime Spirited Away

Spirited Away hadir dengan sebuah karakater anime yang populer. Film karya Studi Ghibli memang selalu dicintai banyak pecinta anime, bahkan berkat film ini ia berhasil mengantongi 30,4 triliun yen karena antusias penontonnya.

Anime yang satu ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Chihiro Ogino yang telah berlibur dengan keluarganya, hingga mereka sampai di suatu perkampungan yang sangat sepi.

Dari situlah awal mulanya Chihiro Ogino mendapatkan pengalaman yang sungguh menakutkan, dimana ia masuk ke dunia roh. Selama di dunia roh, Chihiro dibantu oleh seorang arwah bernama Haku. Huh serem banget ya.

5. Silent Voice

Film Anime Silent Voice

Silent Voice menjadi film anime pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu tonton. Mengangkat cerita tentang Shouya Ishida yang merupakan seorang murid SD yang nakal, serta tokoh lain bernama Shouko Nishimiya yang merupakan seorang gadis tuna rungu.

Karena Shpouko Nishmiya selalu mendapatkan hinaan, akhirnya sang ibu memutuskan untuk memindahkan sekolahnya. Tetapi pada masa SMA, mereka berdua kembali dipertemukan.

Dan tanpa disangka, ternyata keduanya malah menjadi teman baik. Anime ini akan membuat kamu merasakan suatu perasaan yang tidak dapat tertahankan dengan setiap alur cerita yang disajikannya.

6. 5 Centimeters per Second

Film Anime 5 Centimeters per Second

Anime yang dirlis pada tahun 2007 ini memiliki visual yang sungguh memanjakan mata. Kisah cinta yang diceritakan dalam anime ini pun sangat relevan dan realistis, hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri dari anime berjudul 5 Centimeters per Second ini.

Film yang disutradarai Makoto Shinkai ini, bercerita tentang Takaki Tono yang menyukai teman masa kecilnya, Akari Shinohara.

Ketika bertumbuh dewasa, Takaki Tono pun berniat ingin bertemu dengan Akari. Namun kenyataan tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan, kamu akan dikejutkan dengan plot twist yang keren dan menyesakkan dada.

7. The Garden of Words

Film Anime The Garden of Words

Mengangkat kisah tentang sepasang kekasih bernama Takao Akizuki yang menjalin kisah cinta dengan seorang guru bernama Yukari.

Akizuki merupakan seorang siswa SMA yang bercita-cita sebagai seorang desainer sepatu, namun pada suatu waktu ia merasa bosan lantas memutuskan untuk bolos sekolah dan memilih nongkrong di sebuah taman.

Dari situlah ia bertemu dengan Yukari, tetapi kisah cintanya tidak berjalan dengan mudah karena mereka harus tetap menyembunyikan kedekatannya di sekolah.

8. Wolf Children

Film Anime Wolf Children

Wolf Children merupakan salah satu film anime bergenre drama romantis-fantasi terbaik. Mengangkat cerita tentang mahasiswa bernama Hana yang jatuh cinta dengan seorang prima misterius yang masuk ke dalam kelasnya.

Dan ternyata, pria misterius itu adalah manusia serigala yang akan menunjukkan wujud aslinya saat bulan purnama tiba.

Atas hubungan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak yang tentunya merupakan manusia serigala, bernama Ame dan Yuki. Namun sang suami, meninggal dunia, lantas Hana harus membesarkan kedua anak manusia serigala tersebut seorang diri.

9. I Want to Eat Your Pancreas

Film Anime I Want to Eat Your Pancreas

I Want to Eat Your Pancreas ini dirilis pada tahun 2017. Menceritakan tentang Haruki yang merupakan siswa SMA yang menemukan buku harian milik temannya yang bernama Sakura.

Ia tidak menyangka akan menemukan fakta bahwa Sakura adalah seseorang yang menderita kanker pankreas.

Nah, kamu jadi ngerti kan kenapa judul film ini I Want to Eat Your Pancreas? Karena hal itu, akhirnya mereka menjadi dekat, eits bukan hanya itu kamu juga akan dibuat kaget dengan sebuah plot twist dari cerita ini.

10. Kimi No Na Wa

Film Anime Kimi No Na Wa

Kimi No Na Wa atau yang dikenal juga dengan judul Your Name adalah anime karya Makoto Shinkai yang menjadi salah satu anime movie terbaik dengan plot twist dan berbagai kerumitan ceritanya. Tentu saja hal ini juga menjadi kelebihan dan menjadi hal yang sangat seru dalam sebuah anime.

Menceritakan Taki Tachibana yang merupakan siswa SMA di Tokyo dan Mitsuha Miyamizu yang merupakan siswi SMA di Desa Itomori, mereka mengalami mimpi yang aneh dan membuat mereka berdua saling bertukar tubuh.

Hal tersebut membuat keduanya seirngkali ikut campur dalam banyak pemasalahan pribadi masing-masing. Saat bertukar tubuh, mereka pun saling meninggalkan catatan agar mereka mengetahui apa yang dilewatkan ketika mereka saling bertukar tubuh.

Dari 10 Rekomendasi Film Anime di atas, adakah list favoritmu yang akan segera kamu tonton? Dalam sebuah film tidak jarang ditemui banyak pelajaran yang bisa kamu ambil, maka selain untuk mengisi waktu luangmu, pastikan kamu juga belajar mengenai ilmu kehidupan dari sebuah film tersebut. Selamat menonton.