Rekomendasi Aplikasi Kredit / Pinjam Uang Aman dan Terdaftar OJK

Pinjaman online tanpa agunan memberikan kredit mudah (hanya KTP), tanpa uang muka, tanpa kartu kredit dan pembayaran cepat dalam waktu 24 jam. Namun Anda harus memperhatikan izin OJK untuk menghindari pinjaman ilegal. Dalam tiga tahun terakhir, tren pinjaman fintech di Indonesia berkembang pesat.

Salah satunya adalah pinjaman online tanpa jaminan yang memberikan kredit melalui proses yang cepat dan mudah. Namun, pertumbuhan pinjaman tekfin online terhambat oleh maraknya pinjaman ilegal yang menimbulkan banyak masalah. Seperti suku bunga yang sangat tinggi dan penagihan yang tidak manusiawi.

Berbeda dengan Bank KTA (yang prosesnya lama dan sulit), walaupun batas atasnya kecil, pinjaman online bisa memberikan kredit melalui proses yang lebih mudah dan cepat. Beberapa konsumen dapat memberi mereka modal kecil melalui pinjaman online, karena kecepatan dan kenyamanan lebih penting bagi mereka.

Pada artikel kali ini, AppNesia akan mengulas beberapa aplikasi pinjaman online tanpa jaminan yang berlisensi dan terdaftar oleh OJK. Jadi, untuk Anda yang sedang bimbang mencari tempat pinjaman online yang terbilang Aman, yuk simak ulasan berikut!

1. Kredivo Dibayar dengan Cicilan, Tanpa Kartu Kredit dan Tanpa Deposit

Kredivo adalah pinjaman online tanpa jaminan yang terdaftar di OJK, yang dapat memberikan pembayaran cicilan melalui aplikasi tanpa perlu kartu kredit dan uang tunai. Untuk pembayaran cicilan, Kredivo bekerja sama dengan merchant (seperti Tokopedia).

Sehingga pelanggan yang sudah memiliki akun Kredivo bisa langsung membayar saat merchant melakukan pembelian. Jika Anda belum memiliki akun, maka Kredivo akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendaftar melalui merchant.

Untuk dana tunai, nasabah bisa langsung mendaftar ke Kredivo melalui aplikasi. Batas atas pinjaman tunai adalah Rp500.000 dengan jangka waktu 30 hari dengan biaya Rp1 juta dan Rp1,5 juta.

Bunga dan biaya manajemen untuk uang tunai:

Contoh pinjaman Rp500.000

  • Pembayaran kembali sebesar Rp525.050
  • Biaya pengelolaan sebesar Rp30.000 dipotong dari biaya tersebut.
  • Pembayaran diterima setelah 470.000 rupiah.
  • Bunga yang harus Anda bayarkan dalam waktu 30 hari adalah 11,71%.

2. Lengkapi Pinjaman Online Indodana dalam Hitungan Menit

Indodana menawarkan dua jenis pinjaman tanpa jaminan. Yakni dana tunai memiliki batasan 1 juta hingga 8 juta rupiah dan berjangka waktu 1 hingga 3 bulan.

Uang tersebut akan dibayarkan ke rekening peminjam yang tercantum dalam aplikasi PayLater bisa membeli barang dari merchant rekanan dengan limit maksimal 25 juta dan bisa diangsur dengan jangka waktu maksimal beberapa bulan. PayLater berfungsi seperti kartu kredit, pembayaran akan mengembalikan batasnya.

Kebijakan Indodana hanya satu pinjaman yang sah. Oleh karena itu, jika uang tunai ditarik, konsumen tidak dapat mengajukan pembayaran di masa depan. Adapun persyaratan pengajuan Indodana adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun.
  • Buka akun dengan nama pribadi yang sudah berjalan selama 3 bulan atau lebih.
  • Memiliki penghasilan yang stabil dan telah bekerja minimal 3 bulan.
  • Warga negara Indonesia (WNI).

3. Julo Pinjaman Online

Agunan JULO adalah agunan berupa BPKB, digunakan untuk sepeda motor, mobil atau rumah, apartemen atau sertifikat tanah. Setelah mengisi data di formulir aplikasi, Julo akan mempublikasikan hasil skor kredit yang berisi rekomendasi pengajuan limit kredit, suku bunga dan persyaratan pinjaman.

Varian produk yaitu:

  • Julo Mini: Pinjaman Rp1.000.000 dengan jangka waktu 30 hari.
  • Pembayaran angsuran Julo: pinjaman Rp8.000.000, dengan jangka waktu 3-6 bulan.

Julo akan minta nasabah untuk menentukan opsi pinjaman dari hasil skor kredit. Misal, jika hasil credit score disebut Julo Points yaitu B +, maka nasabah dapat memilih dua pilihan, yaitu:

Pinjaman 1 juta rupiah disetujui, Pembayaran Rp 950.000 kepada pelanggan karena Julo memotong cadangan Rp50.000. Jumlah pembayaran kembali pinjaman adalah Rp1.103.000 Bunganya menjadi 16% dan jangka waktunya 1 bulan.

4. Akulaku

Produk Akulaku terbaru adalah KTA Asetku, yaitu pinjaman tunai dengan pagu kredit maksimal Rp3 juta dan jangka waktu pinjaman maksimal 30 hari.

Untuk peminjaman pertama, Akulaku Asetku memberikan pilihan jumlah mulai dari Rp500.000 hingga Rp2 juta, dengan jangka waktu mulai dari 8 hari hingga 30 hari Adapun ilustrasinya adalah sebagai berikut:

  • Jumlah pembayaran pinjaman adalah Rp 1 juta.
  • Jangka waktu 30 hari
  • Pembayaran kembali sebesar Rp1.117.000
  • Bunga setinggi 11,7%. Ya, karena suku bunga yang dikenakan untuk pinjaman online biasanya lebih tinggi dari tarif ini.

Saat pengguna mendaftar, Akulaku akan meminta izin untuk mengakses data pribadi dari ponsel, yaitu daftar kontak di ponsel, panggilan masuk dan keluar dari ponsel dan llokasi perangkat seluler.

Karena ketiga data ini sangat sensitif, Akulaku meminta calon pelanggan memberikan persetujuannya. Jika nasabah tidak setuju maka data pribadinya tidak akan ditarik, namun ini juga berarti pengajuan pinjaman tidak dapat dilanjutkan. Akulaku juga mewajibkan peminjam untuk melakukan otorisasi Facebook, yang berarti Akulaku dapat mengakses data Facebook peminjam.

5. TunaiKita

TunaiKita adalah platform pinjaman tunai online tanpa jaminan yang terdaftar di OJK, yang memiliki fungsi pinjaman sebagai berikut:

  • Opsi jalur kredit Rp500.000, Rp1 juta, Rp1,5 juta, dan 2,1 juta
  • Periode maksimum 61 hari
  • Suku bunga maksimum per hari adalah 0,8%
  • Proses aplikasi harus diselesaikan melalui aplikasi TunaiKita yang telah diunduh dari Google Play Store.

Persyaratan pengajuan pinjaman valas tanpa fast track guarantee di TunaiKita adalah sebagai berikut: Warga Negara Indonesia, usia 21 hingga 60 tahun, memiliki KTP dan NPWP, memiliki rekening bank local dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Dokumen yang diperlukan adalah: KTP, informasi kontak pribadi, verifikasi video, informasi pekerjaan dan informasi akun Facebook.

Cara mengajukan pinjaman pribadi online melalui aplikasi TunaiKita:

  • Download aplikasi TunaiKita
  • Isi data pribadi dan informasi yang diperlukan ke dalam aplikasi
  • Tunggu proses verifikasi
  • Tunai akan ditransfer ke akun Anda.

Adapun ilustrasinya adalah sebagai berikut:

Pinjaman telah disetujui dan telah dilunasi sebesar Rp1 juta dengan jangka waktu 30 hari. Pembayaran pinjaman sebesar Rp1,24 juta dengan bunga bulanan total adalah 24%. Tidak ada ketentuan untuk pemotongan biaya manajemen atau pembayaran uang muka, dan peminjam akan dibayar penuh.

6. Cicil

Cicil merupakan salah satu aplikasi kredit online P2P OJK. Dibandingkan dengan aplikasi pembayaran cicilan non kartu kredit lainnya, kelebihan pembayaran cicilan adalah pembayaran cicilan dapat digunakan untuk pelajar yang masih bersekolah.

Selama ini tidak memberikan siswa mengajukan kredit untuk membeli barang, tetapi mereka tidak memiliki kartu kredit. Pasalnya, siswa tidak memiliki sumber pendapatan tetap untuk membayar cicilan pinjaman.

Pembayaran cicilan ini membuat terobosan dengan memberikan paket cicilan yang tidak membutuhkan kartu kredit bagi mahasiswa. Pinjaman tidak hanya digunakan untuk membeli barang konsumsi, tetapi juga termasuk pinjaman untuk membayar biaya sekolah.

Cicil juga melakukan kerjasama dengan institusi pendidikan. Cicil memberikan pinjaman uang sekolah dengan peraturannya antara lain:

  • Maksimal 80% biaya sekolah yang dapat dibayarkan.
  • 20% dari pembayaran pinjaman di muka.
  • Jangka waktu 1 bulan sampai 24 bulan.

Memang, daya tarik utama dari pinjaman online adalah kemudahan dan efisiensi waktu daripada pinjaman bank. Ya walaupun batas atas pinjaman online lebih rendah, pinjaman pertama rata-rata sekitar 1 juta hingga 2 juta. Banyak nasabah tidak bermasalah dengan plafon kredit yang rendah, asalkan prosesnya cepat dan pendanaannya mudah.

Namun, karena kecepatan dan kesederhanaannya, pinjaman online mengenakan bunga yang cukup besar, rata-rata 24% per bulan atau 0,8% per hari. Selain itu, ada biaya lain, seperti denda keterlambatan.

Denda ini terbilang tidak murah, meskipun OJK membatasi jumlah maksimal semua biaya hingga 100% dari batas atas pinjaman (pinjam 2 juta, denda dan maksimal 2 juta). juta bunga).

Intinya akan kembali lagi pada individu, untuk memilih pinjaman online atau tidak. Setidaknya, adalah hal penting untuk memastikan aplikasi kredit pinjam tersebut sudah tedaftar di OJK. Semoga ulasan kami membantu dan memberikan informasi baru untuk Anda.