Politik: Pengertian Politik Menurut KBBI, Etimologi dan Para Ahli

Dewasa ini, perbincangan mengenai “politik” tampaknya sudah sangat dekat dengan masayarakat. Mulai dari tempat bekerja, kedai kopi, hingga ke tongkrongan pun acap kali membahas soal politik. Namun, apakah arti dari kata politik itu? Untuk menemukan jawabannya. Yuk, simak ulasan berikut!

Pengertian Politik

Menilik dari asal bahasanya, politik berasal dari bahasa Yunani. Politikos yang berarti dari, untuk atau yang berkaitan dengan warga negara. Secara harafiah, politik memiliki definisi sebagai proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat. Antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Definisi diatas merupakan upaya penggabungan dari berbagai definisi politik yang berbeda. Sebab ada banyak pengertian mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik. Politik juga berwujud sebagai seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional dan nonkonstitusional.

Politik Secara Etimologi

Secara etimologi, kata “politik” masih berhubungan dengan polisi atau sebuah kebijakan. Sedangkan jika menilik dari kata “politis” memiliki arti hal-hal yang berhubungan dengan politik itu sendiri. Sedangkan kata “politisi” berarti orang-orang yang bertekun di bidang politik.

Politik Menurut KBBI

Pengertian politik menurut KBBI ialah pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan. Dalam hal ini dimaksudkan seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan.

Politik juga berkaitan dengan segala urusan dan tindakan seperti kebijakan dan siasat mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain. Dalam artian lain, juga dimaknai politik sebagai cara bertindak dalam menghadapi atau menangani suatu masalah dan kebijaksanaan.

Politik Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian politik secara umum dan etimologi di atas, mri kita lanjutkan dengan melihat definisi politik dari ahlinya. Sebab para ahli dan pakar juga memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda beda dalam mendefinisikan politik. Langsung aja yuk, simak pengertian politik menurut para ahli secara lengkap berikut!

  • Aristoteles

Aristoteles memberikan pengertian politik sebagai suatu upaya/cara yang dilakukan untuk bisa memperoleh atau mencapai sesuatu yang dikehendaki.

  • Joice Mitchel

Joice Mitchel mendefiniskan politik sebagai pengambilan keputusan kolektif. Dalam hal ini, termaasuk didalamnya pembuatan kebijaksanaan umum masyarakat secara keseluruhan.

  • Miriam Budhiarjo

Prof. Miriam Budhiarjo memiliki pendapat mengenai arti dari poltik secara lebih luas. Dimana pengertian politik menurutnya ialah bermacam-macam kegiatan dalam suatu sistem politik atau negara yang menyangkut proses menentukan dari tujuan-tujuan. Tujuan yang dimaksud tentu berasal dari sistem dan melaksanakan tujuan-tujuan tertentu. Singkatnya, politik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan negara maupun proses pengambilan keputusan ketatanegaraan.

  • Johan Kaspar Blunchli

Johan Kaspar Blunchli mengatakan bahwa politik ialah ilmu yang memerhatikan masalah kenegaraan. Dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya. Termasuk pula didalamnya sifat-sifat dasar dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.

Menurut Kaspar Blunchli, politik juga termsuk pembuatan konsep-konsep pokok tentang negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijaksanaan dan pembagian atau alokasi.

  • Roger F. Soltau

Definisi politik dari Roger F. Solta merupakan ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga yang akan melaksanakan tujuan tertentu itu.

  • A Robson

W.A Robson menggambarkan politik sebagai ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam masyarakat. Termasuk didalamnya sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil dari tujuan.

  • Robert

Robert mengartikan politk secara singkat saja, namun tetap memiliki makna yang sama dengan ahli lainnya. Yakni politik sebagai sebuah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia.

  • Hans Kelsen

Hans Kelsen sendiri menjelaskan bahwa politik mempunyai dua arti, adapun lengkapnya sebagai berikut:

  1. Politik sebagai etik, berarti bahwa kegiatan ini berkenaan dengan tujuan manusia atau individu agar tetap hidup secara sempurna.
  2. Politik sebagai teknik, berarti bahwa kegiatan ini berkenaan dengan cara manusia atau individu untuk mencapai tujuan.
  • Paul Janet

Selanjutnya ada pengertian politik menurut Paul Janet. Ia mendefinisikan politik sebagai ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan.

  • Ibnu Aqil

Ibnu Aqil sendiri mendefinisikan politik dengan jalan yang cukup agamis. Dimana yang dimaksud dengan politik menurutnya adalah hal-hal praktis yang mendekati kemaslahatan bagi manusia. Dalam hal ini, jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW.

  • Litre

Definisi politik diartikan secara singkat oleh Litre. Ia mendeskripsikan politik sebagai sebuah ilmu memerintah dan mengatur negara.

  • Franz Magnis Suseno

Politik segala kegiatan manusia yang berorientasi kepada masyarakat, didefinisikan oleh Franz Magnis Suseno. Dimana secara keseluruhan kegiatan ini berorientasi kepada negara. Sebuah keputusan bisa disebut sebagai keputusan politik, apabila diambil dengan memperhatikan kepentingan masyarakat luas. Singkatnya, politik hadir sebagai suatu tindakan harus disebut politis apabila menyangkut masyarakat sebagai keseluruhan.

Demikianlah artikel kami mengenai pengertian politik secara harafiah dan definisinya menurut para ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu dalam lebih memahami pengertian politik, serta memberikan wawasan baru bagi kita. Terimakasih sudah singgah.