Picsart: Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Picsart

Menampilkan foto dan video terbaik di sosial media sudah menjadi salah satu kewajiban nitizen. Menangkap dengan kamera dirasa tidak cukup tanpa polesan sana sini.

Maka langkah selanjutnya adalah mengedit foto dan video sesuai penampilan yang diinginkan. Salah satu aplikasi edit foto dan video adalah PicsArt. Aplikasi yang dirilis pada 14 November 2011 ini telah diunduh lebih dari 500 juta kali.

Walaupun aplikasi ini berbayar, pengguna bisa mendownload secara gratis dan menjalankannya selama 7 hari sebagai masa percobaan. Namun, Anda tetap bisa menggunakan PicsArt secara gratis dengan fitur yang tidak banyak tersedia dibanding berbayar.

Fitur Menarik di Aplikasi Picsart

Berikut ini fitur menarik di Aplikasi Picsart, antara lain sebagai berikut.

Fitur untuk edit gambar:

  • Efek
    Fitur efek terdiri dari filter, canvas, sketsa, buram, artistik, magis, pop art, rusak, kertas warna dan lainnya.
  • Stiker
    Ragam stiker yang tersedia seperti loveislove, magazine, stayhome, glitter, justice, jagaselamat, pride, estetis, ragam warna, galaksi dan masih banyak lagi
  • Percantik
    Fitur ini berfungsi memilih otomatis, wajah, kerut, halus, kantong mata, perbaikan kulit, perbaikan noda, warna kulit, warna rambut, detail, warna mata, pemutih gigi dan penghapusan.
  • Tambahkan foto
    Fitur ini bisa menambahkan lebih dari satu foto dan didukung dengan menu edit seperti ganti, opasitas, potong gambar, lipat putar, bayangan, buang, sesuaikan, efek, padukan, tepi dan potong gambar.
  • Tambahkan Teks
    Pengguna bisa menuliskan teks yang ingin dibuat, lalu klik simpan untuk menerapkan teks pada foto.
  • Kuas
    Fitur ini membebaskan pengguna untuk menambah coretan pada foto dengan berbagai macam bentuk dan warna.
  • Buang
    Fitur ini berguna untuk membuang bagian foto yang tidak diinginkan.
  • Alat
    Berfungsi membuat foto yang diedit agar menjadi lebih bagus dan menarik dengan menyediakan 16 fitur yang bisa diterapkan pada foto seperti kontras, pencahayaan, rona dan lainnya.
  • Fit
    Fitur ini berfungsi menambahkan ruang warna yang terletak dibagian atas, bawah, samping kiri dan samping kanan. Juga menu pengaturan rasio gambar, warna fir dengan satu warna, latar belakang, bayangan dan gambar.
  • Tepi
    Fitur ini berfungsi sebagai pengaturan tepi foto seolah-seolah foto berada pada bingkai yang telah jadi.
  • Penutup
    Merupakan menu penambahan warna atau gambar yang tranparan pada gambar seperti dust, shadowm prism, cahaya, bokeh, tepi, artistik, sparkle masks, gradient, pattern, brush masks, weird masks, vcr masks, neon light, broken ice, grunge textures, splash of grunge, the bluess dan lainnya yang bisa terapkan.
  • Bingkai
    Fitur ini memberikan ragam pilihan bingkai yang menarik untuk ditambahkan pada foto.

Fitur untuk edit video:

  • Musik
    PicsArt menyediakan banyak musik menarik yang bisa gunakan untuk mengisi suara video. Seperti musik hiphop, pop, love, dance, sentimental, chill, cinematic, sad, dramatic, horror dan jenis music lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan tema video yang diedit.
  • Potong
    Fitur ini membebasakan pengguna untuk memotong tampilan video yang tidak diinginkan. Tampilan video juga bisa dipotong dari 4 sisi, yaitu sisi kanan, kiri, atas dan bawah.
  • Tambahkan gambar
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan gambar atau foto untuk dikombinasikan didalam video. Aplikasi PicsArt menyediakan ragam gambar yang bisa digunakan, namun juga bisa mengambil gambar dari penyimpanan Anda.
  • Pangkas
    Berbeda dengan fitur potong, fitur pangkas berguna untuk memangkas durasi video yang tidak ingin ditampilkan. Pemangkasan video bisa dilakukan dari arah kiri dan arah kanan dengan cara menggeser garis pangkas lalu memotong bagian video yang akan dibuang.
  • Sesuaikan
    Menu yang disediakan dalam fitur ini adalah mengatur kontras, saturasi, rona, sorotan, bayangan dan suhu.
  • Efek
    Fitur efek sangat berguna untuk menghasilkan video yang tidak membosankan yang terdiri lebih dari 10 efek video.
  • Stiker
    Ketika mengedit video, PicsArt juga menyediakan fitur penambahan stiker secara gratis.
  • Persegi
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan ruang pada video dalam bentuk satu warna, juga memberikan gambar latar belakang yang disediakan atau dari penyimpanan perangkat Anda.

Masih banyak lagi ragam fitur di aplikasi PicsAtr yang bisa Anda coba sendiri. Namun, sebelum memutuskan menjadi pengguna PcsArt, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi ini. Untuk memudahkan Anda, berikut kami rangkum kelebihan dan kekurangan PicsArt.

Kelebihan Aplikasi PicsArt

Berikut ini kelebihan PicsArt, antara lain sebagai berikut:

1). Ragam fitur yang disediakan sangat membantu menghasilkan foto dan video unik dan menarik.

2). Memberikan kebebasan berkreasi bagi penggunanya.

3). Aplikasi sangat mudah digunakan.

Kekurangan Aplikasi PicsArt

Berikut ini kekurangan PicsArt, antara lain sebagai berikut:

1). Tidak ramah bagi pengguna Android tipe lama.

2). Beberapa fitur mengharuskan terhubung ke internet.

3). Halaman depan tidak rapih dan terkesan membingungkan.

4). Tidak bisa membagi foto ke media sosial secara bersamaan.

5). Pilihan bingkai tidak kekinian.

Nah… dari ulasan kelebihan dan kekurangan PicsArt diatas, Anda yang tertarik menggunakkan aplikasinya? Untuk bisa menggunakan PicsArt, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasinya melalui Play Store untuk pengguna Android atau melalui App Store bagi pengguna iOS. Setelah memiliki aplikasinya, Anda tinggal hanya membuat akun dengan cara:

  • Log in di aplikasi PicsArt dengan akun google, facebook atau media sosial lainya.
  • Mencoba secara gratis atau membayar untuk menggunakan secara permanen
  • Melakukukan pengisian email dan password
  • Mulai membuat karya dan berteman dengan seniman lainnya

Demikian ulasan kami mengenai fitur, kelebihan dan kekurangan aplikasi Picsart yang semoga bisa membantu Anda dalam menampilkan foto dan video terbaik. Selamat mencoba!