YouTube: Pengertian, Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan YouTube

YouTube adalah platform video dimana Anda dapat berbagi video maupun menonton video yang dibagikan oleh user lainnya. Terdapat banyak sekali jenis video yang bisa ditemukan di YouTube, seperti daily vlog, tutorial, hiburan, trailer film, video klip musik dan masih banyak lagi.

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan media dan organisasi lain yang sudah mengunggah video ke platform ini.

Sejarah YouTube

YouTube pertama kali didirikan pada bulan Februari tahun 2005 di San Bruno, California, Amerika Serikat. YouTube didirikan oleh 3 orang yang merupakan karyawan Paypal, yaitu Chad hurley, Steven Chen dan Jawed Karim.

Pembuatan YouTube ini berawal dari sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital pada November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube ini terletak di atas sebuah restoran Jepang dan pizzeria di San Mateo, California.

Nama domain www.youtube.com ini aktif pada 14 Februari 2005, yang kemudian situs ini terus dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Adapun Video pertama yang diunggah di YouTube ini berjudul “Me at the zoo” pada 23 April 2005 yang masih bisa Anda tonton hingga saati ini. Video berjudul “Me at the zoo” menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di Kebun Binatang San Diego.

YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, tepat enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan YouTube meroket pada bulan Juli 2006, dimana terdapat lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari.

Pemilihan nama domain www.youtube.com ini memicu masalah, dengan situs serupa yakni www.utube.com. Hingga pemilik dari situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Hingga akhirnya Universal Tube mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com.

Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dalam bentuk saham dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google. Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League.

Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis. Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini.

Fitur – Fitur YouTube

Berikut beberapa fitur yang terdapat di YouTube:

1. Autoplay

Dengan fitur Autoplay ini Anda dapat memutar video selanjutnya secara otomatis, ketika video yang Anda putar telah selesai. Didukung dengan algoritma YouTube yang pintar, membuat video yang diputar akan selalu berkaitan dengan video yang Anda putar sebelumnya.

Seperti halnya saat Anda sedang melihat dan mendengarkan video klip musik. Musik yang video yang sedang ditonton, akan menjadi acuan untuk video selanjutnya. Biasanya YouTube akan memberikan referensi dengan penyanyi yang sama atau genre musik yang sama.

2. Anotasi

Anotasi merupakan sebuah link berbentuk video ataupun kotak yang berada dalam video yang sedang diputar. Fitur ini biasanya dimanfaatkan oleh pengunggah video agar video lain miliknya ikut ditonton juga.

Namun sebagai creator sebaiknya jangan menggunakan fitur ini secara berlebihan agar penonton tidak merasa terganggu.

3. Mengatur Kecepatan Video

Dengan mengatur kecepatan video ini Anda bisa mempercepat atau memperlambat video. Fitur ini tentu akan sangat membantuk Anda saat melihat video tutorial, sehingga Anda tidak ketinggalan step by step yang ada pada video yang Anda tonton.

4. Subtitle

Fitur subtitle akan sangat membantu Anda agar mengerti arti dari perkataan seorang creator yang memakai bahasa asing, baik pada video klip lagu, trailer film, video tutorial, dan lainnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu klik gear dikanan bawah lalu klik Subtitel/CC.

5. Download Video

Dengan fitur download video, Anda dapat mengunduh video saat Anda tersambung dengan jaringan internet, sehingga Anda bisa Anda menonton video tersebut secar offline. Hanya tinggal klik tanda panah kebawah, maka video tersebut akan otomatis diunduh.

Manfaat YouTube

Berikut beberapa manfaat dari YouTube, antara lain:

1). Akses berbagai informasi dalam format video dengan lebih mudah.

2). Dengan berbagai konten yang disuguhkan, membuat Anda dapat mengakses informasi dengan lebih mudah. Apalagi disertai tutorial dalam bentuk video, sehingga membuat Anda akan lebih paham untuk mempelajari suatu hal.

3). Media Promosi

4). Banyaknya jumlah pengguna aktif pada platform YouTube, menjadikan YouTube sebagai media promosi yang tepat.

5). Sumber Penghasilan

6). Melalui Adsense yang disertakan pada video yang Anda bagikan, membuat YouTube bisa dijadikan sumber penghasilan. Untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube, Anda perlu mendaftarkan chanel YouTube ke Google Adsense, dengan syarat dan ketentuan yang menyertainya.

Kelebihan dan Kekurangan YouTube

Sepertinya kelebihan dan kekurangan memang akan selalu ada, terlebih untuk memenuhi setiap keinginan manusia memang tidak akan ada habisnya. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dari YouTube:

Kelebihan YouTube, diantaranya:

  • Sumber informasi berbentuk video, sehingga memudahkan kita untuk mempelajari dan memahami suatu hal.
  • Media promosi yang efektif
  • Sumber hiburan
  • Sumber ide dan inspirasi
  • Sumber penghasilan

Kekurangan YouTube, diantaranya:

  • Masih banyak berita HOAX dan judul clikcbait
  • Masih ada konten-konten yang mungkin tidak pantas dilihat oleh anak-anak dengan kategori 18+, yang dapat diakses dengan mudah

Demikian arikel mengenai YouTube, Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan YouTube. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Link download terkait

Android