Web Browser Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Hingga Jenisnya

Ketika Anda membuka internet, apa web browser yang paling sering Anda gunakan. Tentu Anda akan memilih mana yang paling cepat dan ringan.

Ya, web browser yang bisa merambah dengan cepat serta ringan di ponsel memang jadi pilihan para penggunanya. Semakin cepat sebuah web browser bekerja, maka pekerjaan penggunanya juga akan semakin mudah selesai.

Web browser saat ini sudah sangat umum tersedia baik di komputer maupun di ponsel. Jadi ketika ingin mencari suatu artikel, Anda bisa dengan mudah mengakses web browser dan mulai berselancar di internet.

Namun tahukah Anda bagaimana web browser itu bekerja?

Sebelum sampai ke pembahasan itu, ada baiknya kita pahami dulu apa itu web browser.

Pengertian Web Browser

Web Browser adalah aplikasi yang bisa menjelajahi, menyajikan, maupun mengambil konten yang ada di berbagai sumber informasi pada jaringan internet atau WWW.

Di sisi lain, web browser juga diartikan sebagai sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima, pengakses, penyaji berbagai informasi di internet.

Jika diterjemahkan per kata web artinya website sistua, sementara browser artinya peramban atau penjelajah. Sehingga web browser adalah alat peramban berbagai situs atau website di internet.

Browser menjadi dasar dari setiap pencarian informasi di seluruh dunia sebagai tempat pertama kali yang menampung dan menampilkan semua pencarian yang diminta.

Fungsi Web Browser

Fungsi utama web browser adalah sebagai gerbang pencarian bagi penggunanya. Namun begitu web browser memiliki beberapa fungsi lain yakni:

– Mempermudah mencari informasi dari Internet

– Menyimpan berbagai data di Internet menggunakan fitur bookmark.

– Membuka file menggunakan ekstensi khusus, misalnya membuka pdf menggunakan peramban web.

– Menjaga keamanan website yakni dengan menjalankan proses verifikasi atau authentication.

– Mendukung pemakai search engine

Cara Kerja Web Browser

Web browser bisa membantu anda menemukan website yang anda kunjungi adalah dengan melewati cara kerja berikut :

User yang sedang akses website menggunakan cara mengetikkan alamat pada situs maupun URL (Uniform Resource Locator) di address bar pada peramban web (misalkan Google(dot)com).

Peramban web akan menerima berbagai permintaan oleh si user kemudian akan menjalankan fetching atau pengambilan data di DNS Server.

Data yang sudah diambil adalah IP dari perintah dengan mengetikkan user (misalkan www(dot)google(dot)com) . peramban web sudah memperoleh IP yang ada di www(dot)google(dot)com.

Lalu peramban web bisa mengakses menuju server menggunakan IP yang sudah diperoleh dari pada DNS Server.

Server telah memberikan data dari konten www(dot)google(dot)com dengan bentuk HTML juga file yang lain, misalkan PHP, CSS, dan lain-lain.

Peramban web telah menampilkan berbagai konten yang sesuai dari permintaan user.

Macam – Macam Web Browser

Pengguna internet pasti sangat akrab dengan web browser terlepas dari apapun pilihan web browsernya.

Masing-masing web browser memiliki kelebihan dan fitur andalan. Berikut adalah beberapa web browser yang umum digunakan orang.

1. Google Chrome

Google Chrome merupaman peramban yang paling banyak digunakan. Bahkan dalam beberapa smartphone, peramban ini sudah diinstal otomatis. Sehingga tidak perlu mendownloadnya lagi ke Playstore.

Tampilan pada google chrome ramah, sederhana, dan menarik, maka pengguna akan betah selama menjelajah internet menggunakan mesin peramban ini.

Bahkan google chrome telah terintegrasi dengan produk Google lain, ditambah lagi Google Chrome adalah salah satu alat peramban web yang terjaga keamanannya.

Kelebihan Google Chrome adalah pada kecepatan loadingnya, sementara kelemahannya adalah kapasitas yang besar sehingga memakan banyak ruang di memori.

2. UC Browser

UC Browser juga tergolong peramban baru namun sudah menjadi menjadi kedua terbanyak dipakai masyarakat, bahkan sebagian lagi menjadikan UC Browser menjadi mesin peramban utama mereka dan menjadikan Google Chrome sebagai mesin peramban yang kedua.

Kelebihan UC Browser yakni bisa mengecilkan data browsing, sehingga data yang digunakan semakin hemat data. Sementara kelemahannya adalah desain kurang menarik.

3. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox juga merupakan peramban yang populer karena performanya yang bagus.

Kelebihannya adalah banyaknya fitur yang ada di Web Browser ini misalkan, Fitur add on, fitur read yang memungkinkan pengguna membaca artikel tanpa diganggu iklan dan tampilan website.

Kelemahan pada web browser ini adalah kemungkinan banyak cracker mulai ganas dengan memanfaatkan populernya Mozilla Firefox ini.

4. Samsung Internet Browser

Peramban web dari perusahaan Samsung ini adalah salah satu peramban yang dapat dipakai di browser mobile atau android.

Awalnya Samsung Internet Browser hanya dapat digunakan pada android Samsung saja.

Sekarang web browser ini bisa dipakai di android dengan berbagai merek, sebab bisa diundur di play store.

Kelebihannya, browser dengan kecepatan tinggi dan ringan sebab bebas dari iklan.

Kekurangannya, tampilan pada peramban web ini kurang menarik dari pada peramban lain.

5. Opera Mini

Kelebihan dari mesin peramban web ini adalah resource memory yang digunakan kecil, jadi pengguna semakin cepat dan ringan dalam menjalankan startup atau program.

Jadi cocok dipakai untuk PC atau laptop dengan spek yang rendah.

Kelemahannya, data dianggap kurang aman karena data jejak user seluruhnya terekam di server Opera.

6. Opera

Opera Browser adalah mesin peramban yang mempunyai opsi bahasa Indonesia ditambah kosa kata yang cukup bagus. menunya memakai bahasa Indonesia yang benar dan baik, Opera Browser mempunyai kecepatan render juga loading cepat.

Kekurangan dari Opera yaitu kenyamanan ketika browsing, anda tidak bisa melihat page info juga menjalankan download gambar satu per satu.

7. Internet Explorer

Kelebihan Internet Exproler adalah add-ons yang ada, meski add-ons yang dipunyai tidak sekaya Firefox, tetapi tampilan di Internet Explorer lebih elegan dan menarik.

Kekurangannya, Internet Explorer banyak membutuhkan resources dengan skala besar.

8. Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah web browser yang dirilis untuk sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 10. Nama Microsoft Edge sendiri diadaptasi dari sang pencetus dari codename Project Spartan.

Salah satu keunggulan Microsoft Edge adalah tampilan new tab yang sangat mengedepankan sisi fungsi dan estetika. Sekali melihat tampilannya, maka kesan yang muncul adalah modern, berkelas, dan sangat dinamis.

9. Vivaldi

CEO Opera, salah satu web browser yang telah Anda ketahui dari poin sebelumnya, menciptakan sebuah aplikasi peramban yang bernama Vivaldi. Sepintas, aplikasi yang dibekali dengan sistem Chromium Surce Code ini memang mirip Opera. Namun tentu dengan tambahan fitur lainnya.

Berbeda dengan jenis peramban lainnya, Vivaldi memiliki Quick Command yang membuatnya mampu dioperasikan melalui keyboard.

10. Tor

Tor merupakan salahsatu peramban yang aman. Apabila Anda mempertimbangkan isu keamanan, ada baiknya Anda memilih web browser Tor.

Tor adalah singkatan dari The Onion Router. Kini, aplikasi ini telah tersedia dengan versi alpha di Google Play. Dengan menggunakan aplikasi ini, status Anda akan tetap anonim meski sedang berselancar di dunia maya.

Anda tak perlu khawatir akan adanya iklan yang kerap menyusup dan membuntuti Anda di setiap laman web yang Anda tuju. Semua ini berkat teknologi tracker blocking yang juga akan menghapus seluruh riwayat cookies sesaat setelah Anda keluar dari web

11. Safari

Safari adalah web browser yang dikembangkan Apple Inc.

Kehadiran Nitro Engine dalam sistem Safari versi terbaru menjadikan web browser ini lebih cepat dalam mengolah data. Selain itu, pengelolaan aplikasi Java yang terdapat pada suatu laman pun akan menjadi lebih cepat.

12. Conqueror

Aplikasi web browser lainnnya adalah Conqueror atau Konqueror, yakni aplikasi peramban standar yang melekat pada sistem operasi Linux dengan basis KDE.

Selain membantu Anda terkoneksi dengan laman web, Konqueror ini juga bisa dipakai untuk menyelami isi komputer Anda dan menampilkan dokumen universal. Jadi, Anda dapat mengelola berkas digital Anda bahkan mengeditnya melalui aplikasi ini.

13. Comodo Ice Dragon

Comodo Ice Dragon adalah aplikasi peramban dengan basis serupa seperti Mozilla Firefox. Fokusnya yang utama adalah kecepatan akses ke laman web yang dituju, menghemat penggunaan memori (RAM).

Keunggulan lainnya dibandingkan web browser serupa adalah Comodo Ice Dragon mampu menghentikan adanya cookies danspyware atau script mata-mata yang tak diinginkan. Sehingga, meminimalkan kemungkinan pelacakan riwayat jelajah Anda bocor ke tangan orang lain

14. Torch

Sebagai produk besutan Torch Media Inc. yang diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2012 ini, Torch memang belum setenar kompetitornya, seperti Chrome atau Opera. Namun, bukan berarti aplikasi peramban ini bisa dianggap remeh.

Apabila Anda adalah penikmat konten di Youtube yang selama ini kesulitan setiap kali ingin mengunduhnya, Torch adalah jawaban tepat. Dengan fitur media grabber, Anda dapat dengan mudah mengunduh video di laman apapun tanpa perlu memasang aplikasi lain.

Demikian ulasan mengenai apa itu web browser, fungsi, cara kerja hingga jenisnya. (*)