Teknologi: Pengertian, Sejarah, Jenis, Fungsi dan Keunggulan Teknologi

Di era modern ini, bisa dipastikan bahwa setiap orang sudah pernah mendengar kata teknologi, serta sudah pernah menggunakannya. Namun, untuk definisi sebenarnya dari teknologi bisa saja masih menjadi pertanyaan besar.

Untuk itu, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai teknologi. Mulai dari pengertian menurut ahli, sejarah, jenis, fungsi dan keunggulan, hingga contoh dari teknologi

Pengertian Teknologi

Teknologi adalah sebuah kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan hasil asimilasi bahasa Inggris yaitu “teknologi”. Saat ini istilah teknologi pada umumnya digunakan untuk segala sesuatu yang bersifat teknis yang memajukan karya manusia.

Tentunya teknologi merupakan salah satu produk budaya yang diproduksi oleh manusia secara sengaja maupun tidak sengaja. Sebelumnya, orang percaya bahwa teknologi berasal dari kata Yunani Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana artistik.

Penggunaan istilah teknologi diprakarsai oleh seorang ilmuwan sosial Amerika, yang mulai disamakan dengan konsep Jerman pada awal abad ke-20, yaitu Technik menjadi teknologi.

Penggunaan kata teknologi disebabkan setelah kebangkitan Revolusi Industri Eropa, yang menyebabkan banyak perubahan luar biasa dalam industri dan tenaga kerja.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Dari sejarah singat diatas, kemudian memunculkan berbagai definisi dan pendapat dari para ahli tentang pengertian dan definisi teknologi. Berikut adalah pendapat dari beberapa ahli teknis:

1). Poerbahawadja Harahap

Harahap menjelaskan bahwa penggunaan istilah teknologi pada dasarnya mengacu pada ilmu yang menyelidiki operasi suatu proyek, tetapi juga mengacu pada ilmu yang digunakan di pabrik atau industri tertentu.

Tentu saja definisi ini sebenarnya mengacu pada definisi teknis praktis yang dapat ditemukan di banyak pabrik dan industri tertentu.

2). Nesbitt (2002)

Naisbit (2002) mengutip pengertian teknologi dari “Random House Dictionary”, yang mengatakan bahwa teknologi adalah benda sekaligus benda yang juga merupakan bahan dan bentuk berbeda dari manusia biasa.

3). Bain (1937)

Pada tahun 1937, pandangan lain tentang teknologi muncul yang diungkapkan oleh seorang sosiolog bernama Read Bain dari Amerika Serikat.

Bain mengatakan bahwa teknologi pada dasarnya mencakup semua alat, mesin, perkakas, instrumen, senjata, rumah, pakaian, alat transportasi dan komunikasi serta keterampilan, yang memungkinkan kita sebagai manusia untuk menghasilkan semuanya.

Menurut Bain dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah sesuatu yang dapat diciptakan oleh satu orang atau sekelompok orang. Bisa diartikan pula sebagai sesuatu yang dapat diciptakan oleh satu orang atau sekelompok orang, kemudian dapat memberikan nilai dan manfaat. untuk yang lainnya.

4). Djoyohadikusumo (1994)

Djoyohadikusumo (1994) mendefinisikan konsep teknologi sebagai bidang yang erat kaitannya dengan sains, teknik atau teknik.

Dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya teknologi memiliki dua aspek yaitu engineering dan science. Dalam proses perkembangan dan penciptaan teknologi, kedua dimensi ini akan saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan.

5). Sardar (1987)

Pada tahun 1987, Sardar mengungkapkan bahwa teknologi merupakan sarana untuk menyelesaikan permasalahan mendasar setiap peradaban manusia. Jika teknologi tidak digunakan, ini akan menyebabkan banyak masalah diselesaikan dengan benar dan sempurna.

6). Elul (dalam Miarso, 2007)

Elul (dalam Miarso, 2007) mengatakan bahwa teknologi merupakan pendekatan holistik yang secara wajar dapat memimpin berbagai bidang kegiatan dan mempunyai karakteristik efisiensi.

7). Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI juga memberikan pengertian tentang teknologi dan pengertian lainnya. KBBI menunjukkan bahwa terminologi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis dan merupakan salah satu ilmu terapan.

Selain itu dikatakan pula bahwa teknologi merupakan sarana penyediaan secara menyeluruh yang dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Dapat disimpulkan dari pernyataan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa teknologi merupakan metode ilmiah praktis yang dapat memenuhi kebutuhan dan kenyamanan hidup manusia.

Sejarah Teknologi

Sejarah Teknologi

Selama Abad Pertengahan, berbagai inovasi terus berkembang. Teknologi abad pertengahan menggunakan banyak mesin sederhana, seperti tuas, baut, dan katrol, untuk menggabungkannya untuk membentuk perangkat lain yang lebih kompleks.

Selama Renaisans, mesin cetak ditemukan, yang memungkinkan catatan pengetahuan dan teknologi yang lebih luas dan semakin menunjukkan hubungannya dengan sains. Konon, kemajuan teknologi pada abad ini semakin stabil, yang membuat cadangan makanan dan kargo semakin stabil.

Revolusi Industri Inggris pada abad ke-18 adalah awal dari penemuan teknologi baru di bidang pertanian, manufaktur, dan pertambangan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan penemuan berbagai konsep baru membuat perkembangan teknologi semakin maju dan lebih tinggi dari sebelumnya.

Di penghujung abad ke-19 dan awal abad ke-20, teknologi transportasi mulai berkembang pesat, seperti kereta api dan pesawat terbang. Kemudian pada abad ke-20, semakin banyak penemuan baru dibuat. Di bidang fisika, penemuan fisi nuklir memunculkan penemuan-penemuan di bidang senjata nuklir dan tenaga nuklir.

Karena transistor dan sirkuit terintegrasi, ukuran komputer semakin kecil. Selain itu, perkembangan teknologi informasi di abad 21 juga sangat pesat, yaitu penemuan internet telah merubah total media informasi.

Pembuatan dan pemeliharaan semua teknologi terbaru ini membutuhkan teknik pembuatan dan konstruksi yang canggih. Mereka tidak akan melupakan kewajiban untuk mendukung dan mengembangkan produk generasi terbaru, sehingga berbagai perangkat akan muncul dalam bidang teknis yang lebih kompleks.

Teknologi modern sangat bergantung pada pelatihan dan pendidikan, dan seringkali menuntut pengguna atau pengguna untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan tertentu.

Jenis – Jenis Teknologi

Jenis – Jenis Teknologi

Berbagai teknologi yang dikenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Beberapa jenis teknologi yang sering digunakan manusia adalah:

Teknologi Informasi

Perangkat keras dan lunas yang dapat digunakan untuk menyimpan alat informasi atau teknologi informasi yang dapat membantu menyediakan informasi yang tepat waktu dan tepat sasaran kepada orang-orang untuk menyelesaikan tugas dan fungsinya.

Teknologi informasi ini terkait dengan jaringan internet dan sistem informasi yang menggunakan kode atau simbol tertentu dalam jumlah besar, dan hanya dapat dipahami oleh orang tertentu ketika masih dalam bentuk aslinya.

Adanya teknologi informasi juga akan sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan tugasnya, karena semua data yang disajikan diatur sedemikian rupa sehingga mudah diakses dan diolah.

Teknologi Komunikasi

Teknolohi komunikasi digunakan untuk memberikan informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lain guna menyampaikan konten yang ingin disampaikan, sehingga memberikan informasi baru.

Di era sekarang ini, jarak dan waktu bukan lagi penghalang untuk terus berbagi informasi antara satu orang dengan yang lain, teknologi komunikasi sangat dibutuhkan. Contoh teknologi komunikasi adalah penggunaan telepon seluler, telepon atau komputer.

Teknologi Konstruksi

Metode yang kompleks dan berbagai peralatan digunakan untuk membangun struktur bangunan, baik berupa bangunan maupun konstruksi berat. Misalnya, pengguna alat teknologi konstruksi (seperti traktor) bertujuan untuk menyiapkan lahan. Di era modern yang kompleks saat ini, tidak diragukan lagi bahwa teknologi ini sangat berguna.

Teknologi Medis

Jenis teknologi yang digunakan untuk memperluas dan meningkatkan kehidupan manusia. Teknologi ini digunakan untuk meringankan penderitaan dan penyakit pasien yang bersangkutan.

Secara umum negara maju telah menggunakan teknologi ini secara luas dalam sistem perawatan kesehatan, sehingga banyak orang dari negara maju memiliki tingkat kesehatan dan angka harapan hidup yang lebih tinggi. Tentunya hal ini diuntungkan dengan kemajuan teknologi di bidang kedokteran.

Teknologi Bisnis

Teknologi bisnis adalah jenis perangkat keras atau peralatan lunas yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis dan meningkatkan bisnis yang saat ini banyak digunakan melalui perantara Internet. Di era sekarang ini, tidak jarang orang melakukan aktivitas bisnis hanya jika memiliki fasilitas internet yang memadai.

Tak heran, jika menggabungkan teknologi bisnis ini dengan teknologi pemasaran yang andal akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar, karena media pemasaran tidak terbatas pada satu bidang saja.

Fungsi dan Keunggulan Teknologi

Tentunya teknologi mengandung berbagai manfaat dan fungsi. Berbagai manfaat dan fungsi teknologi dapat dibedakan menjadi manfaat umum dan manfaat khusus.

Secara umum, keunggulan teknologi antara lain memudahkan pengguna untuk menggunakan, membuat pekerjaan menjadi lebih singkat dan cepat, dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

Selain itu, teknologi dapat digunakan sebagai sarana eksplorasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta untuk mengaitkan efektivitas pekerjaan yang dilakukan.

Contoh Teknologi

Mungkin semua orang tidak menyadari bahwa keseharian Anda tidak bisa lepas dari teknologi. Beberapa contoh teknik yang akrab dengan kehidupan sehari-hari Anda meliputi:

1). Internet bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan karena memudahkan kita dalam mengakses segala macam informasi.

2). Komputer berguna untuk memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaan.

3). Kipas angin dapat digunakan untuk menghilangkan panas yang menutupi tubuh.

4). Jam tangan bisa dijadikan sebagai basis waktu agar Anda tidak pernah terlambat lagi.

5). Mesin cuci sangat bermanfaat dan dapat memudahkan Anda dalam bekerja sambil mencuci pakaian, sehingga Anda tidak perlu lelah atau repot menggosok dan membilas pakaian.

Demikian ulasan kami mengenai teknologi yang membahas mulai dari pengertian menurut ahli, sejarah, jenis, fungsi dan keunggulan, hingga contoh dari teknologi. Semoga ulasan kami menambah wawasan baru bagi Anda, khususnya terkait teknologi! Terimkasih sudah singgah.