Pengertian Sustainable Development Goals (SDGs), Sejarah, Tujuan, Target dan Prinsip SDGs

Pernahkah kamu mendengar istilah SDGs? Tampaknya kakat tersebut tidak asing lagi ditelinga ya. Namun apakah kamu sudah mengetahui arti dan juga maksud dari SDGs?

Biar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai SDGs berikut! Sebab kita akan mengulas mulai dari sejaram, pengertian, tujuan, prinsip dan target dari SDGs.

Pengertian Sustainable Development Goals (SDGs)

Sustainable Development Goals merupakan tak lain merujuk pada dokumen yang menjadi sebuah acuan dalam kerangka pembangunan. Termasuk didalamnya perundingan negara-negara di dunia. Konsep SDGs sendiri tak lain demi melanjutkan konsep pembangunan MDGs sebelumnya.

SDGs dicadangkan dengan masa berlaku dari tahun 2015 hingga 2030. Turut disepakati oleh lebih dari 190 negara. Dimana berisikan 17 goals serta 169 sasaran pembangunan. Tujuh belas tujuan dengan 169 sasaran ini diharapkan dapat menjawab ketertinggalan pembangunan negara–negara di seluruh dunia.

Tak terlepas baik itu di negara maju dengan masalah konsumsi dan produksi yang berlebihan serta ketimpangan. Maupun negara–negara berkembang dalam kategori kemiskinan, kesehatan, pendidikan, perlindungan ekosistem laut dan  sederet lainnya (Santono, 2015).

SDGs berperan mengakomodasi seluruh perubahan yang terjadi pasca 2015 MDGs. Terutama yang didalamnya berkaitan dengan perubahan situasi dunia terhitubg sejak tahun 2000.

Sejarah Sustainable Development Goals

Sebelum membahas SDGs, mari kita ulik sedikit mengenai pembangunan masa kini. Tak lain adalah pembangunan yang bersifat sementara dan perkembangan masyarakat.

Dalam hal ini berlangsung erba instan dan bersifat asal jadi menyebabkan budaya konsumtif semakin mendarah daging. Tak pada semua, melainkan bagi sebagian besar masyarakat (United Nations, 2014).

Tepatnya pada tahun 2000 menjadi momen pertama kalinya PBB memfasilitasi terbentuknya kesepakatan pembangunan multilateral. Dimana melibatkan seluruh Negara yang tergabung ke dalam PBB.

Selanjutnya kesepakatan ini diberi bernama Millenium Development Goals (MDGs). Berisi berbagai indikator dan tujuan pembangunan internasional dalam durasi 15 tahun ke depan. Dimana dalam hal ini menampilkan isu-isu pinggiran seperti kesehatan reproduksi dan kesetaraan gender.

Sebab tadinya isu ini kurang mendapat porsi lebih dalam pembangunan mulai mendapatkan perhatian. Selanjutnya diharapkan berbagai negara bisa menyadari pentingnya isu ini. Tak lain demi mendukung pembangunan dan perdamaian dunia (Prapti, 2015).

Kemudian di tahun 2015, MDGs pun mengakhiri eksistensinya namun tidak serta merta menghilang. Dengan sukses meraih banyak target terpenuhi, namun tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak juga yang jauh dari target. Perubahan dunia menuntut MDGs melakukan pembaharuan.

Pembaharuan ini pun didukung berbagai lembaga dan aktir pembangunan internasional. Tak lain merumuskan pengganti MDGs sehingga terbentuk skema pembangunan multilateral terbaru yakni yang dikenal sebagai Sustainable Development Goals dan disingkat menjadi SDGs (Prapti, 2015).

Tujuan Sustainable Development Goals

Setelah memahami pengertian Sustainable Development Goals, mari kita lanjutkan dengan memahami tujuan-tujuannya. Adapun 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs ialah sebagai berikut:

1). Mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dimanapun.

2). Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan juga mendukung pertanian berkelanjutan.

3). Memastikan kehidupan yang sehat, serta mendukung kesejahteraan bagi semua usia.

4). Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas yang didalamnya memberikan dukungan kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.

5). Mencapai kesetaraan gender, juga memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

6). Memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih secara berkelanjutan dan sanitasi bagi semua.

7). Memastikan akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan dan juga modern bagi semua.

8). Mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan menghadirkan pekerjaan yang layak bagi semua.

9). Membangun infrastruktur yang tangguh, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan serta membantu perkembangan inovasi.

10). Mengurangi ketimpangan didalam dan juga antar negara.

11). Membangun kota serta pemukiman yang inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan.

12). Memastikan pola konsumsi dan produksi yang memiliki proses berkelanjutan.

13). Mengambil aksi tanggap demi memerangi perubahan iklim termasuk dampaknya.

14). Mengkonservasi dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya laut, samudra. Serta maritim untuk pembangunan yang berkelanjutan.

15). Melindungi, memulihkan dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan). Termasuk menghambat dan membalikkan degradasi tanah dan menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.

16). Mendukung masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan. Termasuk menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi-institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif di semua level.

17). Menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global demi pembangunan yang berkelanjutan.

Target Sustainable Development Goals

SDGs ini dirancang sedemikian partisipatif yang berbeda dari pendahulunya MDGs. Dimana rancangan ini dengan melibatkan seluruh aktor pembangunan.

Baik itu Pemerintah, Civil Society Organization (CSO), sektor swasta, akademisi dan sederet aktor lainnya.

Prinsip Sustainable Development Goals

Prinsip utama dalam SDGs adalah “Tidak Meninggalkan Satu Orangpun” Dimana dengan prinsip tersebut, diharapkan SDGs mampu menjawab dua hal. Tak lain mengenai hal keadilan procedural.

Sedangkan yang kedua adalah keadilan subtansial yaitu sejauh mana kebijakan dan program pembangunan mampu menjawab persoalan-persoalan warga terutama kelompok tertinggal.

Demikianlah artikel kami mengenai SDGs yang mengulas mulai dari sejaram, pengertian, tujuan, prinsip dan target dari SDGs. Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya menambah wawasan mengenai SDGs! Terimakasih sudah singgah.