Pengertian Statistik, Metode, Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Salahsatu proses dalam pengumpulan dan pengolahan data yang penting diketahui adalah statistik. Dengan statistik kita bisa mengetahui data spesifik dan kesimpulan dari data yang kita kumpulkan.

Misalnya sebuah data tentang murid sekolah yang berisi hobi, aktivitas dan lainnya. Dengan statistik kita bisa menyimpulkan berapa persen murid di sekolah itu yang menyukai catur sebagai hobi dan alasannya.

Ilmu statistik banyak sekali digunakan sebagai data oleh berbagai pihak, baik itu pemerintah, sekolah, lembaga survey, LSM dan sebagainya. Contohnya adalah statistik kekerasan seksual selama pandemi, statistik perokok anak dari tahun ke tahun dan lainnya.

Nah, sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita simak dulu apa arti statistik secara umum dan menurut pendapat para ahli.

Pengertian Statistik

Statistik adalah usaha pengumpulan data atau informasi.Dalam istilah awam, data dalam statistik dapat berupa serangkaian informasi yang menggambarkan entitas tertentu.

Statistik merupakan ilmu yang mempelajari mengenai cara pengolahan, pengumpulan, penyajian dan cara menganalisis data.

Statistik juga bisa disebut sebagai kumpulan data dalam bentuk huruf maupun angka yang disusun ke dalam bentuk diagram atau tabel.

Statistik akan mempermudah seseorang dalam membuat penelitian. Bagi seorang mahasiswa yang sudah masuk semester akhir tentunya tidak akan asing dengan ilmu statistik.

Ketika data sensus tidak dapat dikumpulkan, ahli statistik mengumpulkan data dengan mengembangkan desain eksperimen tertentu dan sampel survei.

Sampling (contoh) dalam survey biasanya bersifat representatif artinya bahwa kesimpulan yang didapat akan bisa diperluas dari sampel ke populasi secara keseluruhan.

Agar lebih jelas berikut kami rangkum pengertian statistik menurut beberapa ahli.

Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc menyebut arti statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara pengumpulan data, pengolahan dan penganalisisannya, serta penarikan kesimpulan yang didasarkan kumpulan data dan penganalisa yang dilakukan.

Sementara, Anderson Dan Bancroft mengatakan statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk mengumpulan, pentabulasi, serta penginterpretasikan data kuantitatif sedemikian rupa.

J. Supranto mengartikan statistik sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara pengumpulan, penyajian, menganalisis data serta mengambil kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian menyeluruh yang telah dilakukan.

Steel dan Torrie mendefenisikan statistik sebagai metode yang memberikan suatu cara untuk menilai ketidak tentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.

Fungsi Statistik

Sebagai sebuah ilmu, statistik tentu memiliki banyak fungsi. Secara garis besar fungsi statistik ada 2 yakni:

1. Fungsi Inferensial

Yakni statistik berfungsi meramal dan mengontrol populasi atau keseluruhan data yang didasarkan pada gejala dan peristiwa peristiwa yang terjadi dalam jangka waktu penelitian berlangsung. Sehingga untuk mendapatkan fungsi ini, dalam statistika ada hipotesis dan estimasi di awal penelitian.

2. Fungsi Deskriptif

Yakni statistik berfungsi untuk memahami, menerangkan, dan mendeskripsikan suatu peristiwa ataupun data yang dikumpulkan dalam suatu penelitian dan penyelidikan.

Namun dalam fungsi ini, statistika tidak sampai pada tahap generalisasi dan pengambilan kesimpulan terhadap segala macam populasi yang sedang diselidiki.

Manfaat Penggunaan Statistik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, statistik digunakan banyak pihak untuk berbagai kepentingan. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan statistik dalam kehidupan sehari-hari.

– Sebagai penyedia bahan, keterangan, sumber dari berbagai hal yang kemudian diolah dan ditafsirkan.

– Dalam penelitian ilmiah statistik bisa bertujuan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan maupun menemukan kembali keterangan yang tersembunyi dalam angka.

– Dalam ilmu pengetahuan, statistik bertujuan sebagai peralatan analisis dan interpretasii diri dari data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga data tersebut dapat dibaca dan disimpulkan.

Tujuan Statistik

Berikut di bawah ini tujuan statistik, antara lain sebagai berikut.

1. Untuk menyediakan suatu perkiraan atau estimasi tentang akibat dari hipotesis yang dapat diterima dan nantinya akan dapat digunakan sebagai dasar dalam pembuatan sebuah keputusan yang akan dijalankan nantinya.

2. Untuk mengurangi jumlah populasi yang cukup luas dengan ukuran yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

3. Untuk menjelaskan serta mendeskripsikan data mengenai populasi yang sedang diselidiki.

4. Untuk menyediakan model tentang nilai yang tidak diketahui sebelumnya berdasarkan kumpulan data yang sudah diselidiki.

5. Untuk menetapkan sebuah kondisi agar hipotesis dapat digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam melakukan sesuatu.

Jenis – Jenis Statistik

Berikut di bawah ini jenis-jenis statistik, antara lain sebagai berikut.

– Statistik berdasarkan orientasi pembahasan

Statistik matematika yakni statistik yang lebih mengedepankan pemahaman model, penurunan konsep, kumpulan rumus statistik secara matematis-teori, pemahamaman dan penggunaan uji-t, analisis regresi, uji normalitas dan homogenitas, galat dan lainnya.

Statistik terapan yakni statistik yang mengutamakan pemahaman konsep serta teknik statisk yang penggunaan dan penerepannya cuma berlaku pada disiplin bidang ilmu tertentu

– Statistik berdasarkan fase tujuan analisis

Berdasarkan tujuan analisisnya, statistik ini kembali dibagi menjadi dua bagian yaitu statistik deskriptif yang meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian data tanpa penarikan kesimpulan secara general dan statistik inferensial adalah kebalikannya yang mengambil semua kesimpulan secara general atau umum.

– Statistik berdasarkan asumsi distribusi populasi data yang dianalisis

Statistik parametrik yakni statistik yang didasarkan menurut model distribusi normal.

Statistik non-parametrik yakni teknik statistik yang tidak didasarkan pada model distribusi normal atau bebas

– Statistik berdasarkan jumlah variabel terikat

Berdasarkan variabel yang terikat ini, statistik cara ini juga terbagi atas dua bagian yakni:

Statistik univariat yang hanya mempunyai satu variabel terikat

Statistik multivariat dengan banyak atau lebih variabel terikat

Demikian ulasan mengenai apa itu statistik, fungsi, jenis hingga manfaatnya bagi kehidupan manusia. (*)