Pengertian Statistik dan Statistika, Fungsi Serta Macam – Macam Metode Penelitian dalam Statistika

Banyak sekali kebingungan ketika membahas tentang statistik dan juga staistika. Tak jarang banyak orang yang beranggapan bahwasanya keduanya memiliki definisi yang sama dan merupakan satu kesatuan.

Namun benarnya statitik dan juga statistika memiliki perbedaan yang cukup mendasar dan juga signifikan baik dari segi definisi, fungsi, tujuan maupun kalsifikasinya.

Umumnya, statistik dan juga statistika sama-sama digunakan dalam membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. Istilah dari kata statistika sebenarnya beda halnya dengan statistik, walaupun terlihat sama.

Namun, memang benar keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Namun dipahami secara lebih mendasar lagi kedua hal ini adalah dua hal yang berbeda.

Pengertian Statistika dan Statistik

Statistika merupakan ilmu yang membahas tentang bagaimana perencanaan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan menjelaskan tentang suatu data. Sederhananya, statistika merupakan bagian dari ilmu yang berkaitan dengan data.

Istilah statistika berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti ilmu yang memabhas tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan juga mencari keterangan yang berarti berdasarkan data yang berkaitan dengan angka.

Sedangkan maksud dari statistik ialah tentang hasil data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan semacamnya. Berdasarkan definisi statistik yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah catatan atau pun angka-angka yang dihimpun, dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat membantu memberikan informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

Fungsi dan Peranan dari Statistika

Statistika mempunyai fungsi dan peranan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa mendapatkan fungsi maksimal, yang dibutuhkan dalam penerapan statistika dan statistik secara menyeluruh dari mulai mengambil data hingga penarikan kesimpulan. Berikut ini beberapa fungsi dan peranan dari statistika.

1). Statistika menggambarkan tentang data dalam bentuk wujud tertentu.

2). Statistika bisa membantu penyederhanaan data yang terbilang kompleks menjadi data yang mudah untuk dimengerti.

3). Statistika ialah teknik untuk membentuk sebuah  perbandingan.

4). Statistika dapat juga membantu seorang inidividu untuk bisa memperluas pengalaman individu itu sendiri.

5). Statistika bisa mengukur seberapa besaran dari suatu gejala.

6). Statistika dapat menentukan suatu hubungan sebab akibat.

Kegunaan statistik juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan informasi dan juga kesimpulan yang didapatkan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan.

Macam – Macam Metode Penelitian dalam Statistika

Ditemui banyak sekali jenis jenis metode statistika yang ada, tetapi secara umum pembagian macam macam metode penelitian statistika dibagi menjadi dua yaitu seperti statistik deskriptif dan juga statistik inferensial.

1). Statistik Deskriptif

Yang pertama ialah statistik deskriptif yang merupakan teknik statistik yang membantu untuk memberikan informasi hanya mengenai data yang dimiliki.

Analisis statistik deskriptif tidak bermaksud untuk menguji sebuah hipotesis. Statistik deskriptif juga digunakan untuk menyajikan dan meneliti data agar lebih bermakna dan juga komunikatif.

2). Statistik Inferensial

Statistika inferensial merupakan statistik yang berkaitan tetntang analisis data (sampel) yang pada kemudian dilakukan sebagai bentuk penyimpulan yang digeneralisasikan kepada seluruh sumber tempat data diambil (populasi).

Statistika inferensial harus didasari pada statistika deskriptif, yang akan menjadikan kedua-duanya harus ditempuh secara benar agar mendapatkan kegunaan maksimal dari statistika ini.

Umumnya, perbedaan dari statistika dan statistik adalah hal yang sangat dasar, dimana statistika merupakan bagian dari proses mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi dan mempresentasikan data, sedangkan statistik sendiri merupakan angka atau data yang biasanya berisikan tentang grafik dan juga gambar.

Selain itu juga, ilmu statistika memiliki banyak sekali fungsi, tujuan, peran serta kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Metode analisis data statistik pun juga beragam namun dapat digolongkan menjadi statistik deskriptif dan inferensial.

Statistik digunakan sebagai alat pengolah data angka. Stasistik dapat juga diartikan sebagai metode yang digunakan untuk mengerjakan atau memanipulasi data kuantitatif agar memperoleh angka berbicara.

Pendekatan dengan statistik acapkali digunakan baik dari metode statistik yaitu metode guna mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis & menginterpretasikan data statistik.

Statistika dapat dipahami sebagai sebuah pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, pengolahan data, penganalisisan dan juga penarikan kesimpulan berdasarkan data dan analisis. Jadi statistik merupakan bagian produk dari kerjanya statistika.