Server: Pengertian, Jenis – Jenis, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja Server

Server adalah sistem komputer dengan layanan khusus, biasanya terkait dengan penyimpanan data. Data yang disimpan di server berupa berbagai jenis dokumen dan informasi yang kompleks.

Layanan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menyediakan akses informasi kepada pengguna. Server berperan penting dalam mengirim dan menerima data dan informasi dengan lebih cepat.

Secara fisik, server merupakan jaringan komputer dengan skala besar yang dapat menampung komponen seperti prosesor dan RAM yang besar.

Pengertian Server Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini pengertian Server menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Server adalah komputer yang mendukung aplikasi dan telekomunikasi dalam jaringan, serta berbagi peralatan perangkat lunak dan database antara berbagai terminal yang bekerja dalam jaringan (O’brien (2011: 190)).

2). Server adalah pemilik informasi (Frans) yang menyediakan layanan.

3). Server adalah anggota kelompok kerja (V. Djong).

4). Server adalah pengelola semua sumber daya jaringan (Melwin Syafrizal).

5). Server adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan proses layanan database yang ditangani oleh perangkat perangkat lunak (RDBMS), yang ada secara independen dan terletak di komputer yang berbeda dari klien/pengguna (Harip Santoso).

6). Server adalah komputer (Lia Kusernameno) yang digunakan untuk melayani permintaan klien.

7). Server adalah perangkat yang digunakan untuk mengelola banyak klien (IR. Yuniar Supardi).

8). Server adalah arsitektur terukur di mana setiap komputer atau proses dalam jaringan bertindak sebagai server atau klien (Nancy I. Whitman).

Jenis – Jenis Server

Jenis – Jenis Server

Setelah mengetahui apa itu server, kita akan membahas jenis server itu sendiri. Pembagian tipe dapat dilihat dari tipe atau tipe data yang akan diolah. Berikut penjelasan mengenai jenis server:

1). Server Web

Web server adalah jaringan komputer yang didedikasikan untuk menerima layanan informasi berupa HTTP dan HTTPS.

Oleh karena itu web server akan menerima beberapa kode tampilan dari browser dan kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman website.

Halaman web tersebut akan dikirim dalam bentuk dokumen HTML dan CSS, yang selanjutnya akan diolah dan diolah menjadi bentuk tampilan yang lebih menarik.

Saat ini, peran web server tidak hanya untuk menampilkan WWW (World Wide Web), tetapi juga untuk melihat kebutuhan dalam manajemen pekerjaan. Seperti saat menggunakan printer, kamera, router jaringan dan banyak perangkat keras lainnya.

2). Server Email

Jenis kedua adalah mail server, yang berperan melayani pengguna untuk bertukar pesan melalui perangkat elektronik yang berbeda. Ada dua jenis server surat, yang pertama adalah server surat masuk dan yang kedua adalah server surat keluar.

Untuk surat masuk, terdiri dari POP3 (Post Office Protocol version 3) dan IMAP (Internet Mail Access Protocol). POP3 adalah protokol perpesanan elektronik yang menyimpan pesan (baik yang dikirim atau diterima) di hard drive lokal. IMAP adalah protokol untuk menyimpan pesan di server email.

3). Server Game

Umumnya, gamer dan pengembang game dapat menggunakan server tersebut. Saat ini, permintaan server game lebih difokuskan pada game multiplayer online. Biasanya di sebuah server, banyak pengguna game yang mengaksesnya secara bersamaan.

Ada dua jenis server game, yaitu server game internal dan eksternal. Untuk kebutuhan internal, komputer itu sendiri perlu melakukan prosedur penyimpanan. Jika diperlukan secara eksternal, itu akan disediakan langsung oleh pengembang game.

4). Server FTP

Protokol transfer file atau server FTP adalah protokol Internet yang hanya menyediakan akses data ke server jaringan. Setiap klien dapat mentransfer dokumen atau file melalui server.

Fungsi utama server FTP adalah memberikan layanan kepada klien dan pengguna untuk mentransfer data melalui server yang tersedia.

5). Server DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol atau singkatnya DHCP server adalah jenis jaringan yang dapat mengakses layanan sewa alamat IP dan informasi berbasis TCP/IP kepada klien.

Fungsi utama DHCP adalah secara otomatis menyediakan layanan IP kepada klien, host dan komputer di jaringan TCP/IP yang membuat permintaan.

6). Server Database

Database server adalah jaringan komputer yang memberikan akses kepada klien untuk mengelola data dan informasi yang tersedia di server.

Database server saat ini terdiri dari empat jenis, yaitu database file datar, database relasional, database objek, dan database objek relasional.

Fungsi utama server adalah memberi pengguna akses ke layanan data besar terstruktur sehingga mereka dapat mencari informasi dengan cepat pada saat yang bersamaan.

7). Server File

File server adalah jaringan komputer yang menyediakan data yang diperlukan yang disimpan di database lainnya. Server dirancang untuk berintegrasi langsung dengan workstation.

File server juga bisa mirip dengan jantung server, ia memiliki kapasitas penyimpanan memori yang besar. Oleh karena itu, informasi dan komunikasi dapat diatur antar jaringan komputer.

8). Server Proxy

Server proxy memainkan peran penting sebagai perantara yang menghubungkan pengguna ke server Web. Oleh karena itu, setiap pengguna yang menggunakan Internet akan melewati proxy sebelum masuk ke server Web.

Fungsi utama dari proxy server itu sendiri adalah untuk melindungi alamat IP pengguna saat mengakses dan menjelajah Internet melalui perangkat komputer.

Fungsi Server

Fungsi Server

Selain fungsi utama menyimpan data dan informasi berkapasitas besar, server juga memiliki fungsi lain. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki server untuk persyaratan jaringan komputer:

1). Server Aplikasi

Fungsi server aplikasi adalah menyimpan berbagai program aplikasi yang dapat diproses dan diakses oleh klien. Server aplikasi memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan untuk mengelola berbagai dokumen atau produk aplikasi.

2). Server Proxy

Fungsi dari proxy server itu sendiri adalah untuk mengatur aliran (trafik) proses pada jaringan melalui konfigurasi proxy. Singkatnya, server proxy digunakan untuk menghubungkan komputer klien ke jaringan Internet.

3). Data Server

Server data digunakan untuk penyimpanan data, baik yang belum diolah maupun dalam bentuk informasi. Nantinya, klien bisa mengakses dan mengelola data dengan bantuan aplikasi di server.

Cara Kerja Server

Singkatnya, server dapat bekerja sesuai permintaan klien. Dengan cara ini, setiap server bekerja hampir sama, yaitu mengikuti permintaan atau instruksi klien. Perbedaan satu-satunya terletak pada realisasi layanan, tugas dan fungsi masing-masing server.

Misalnya server Web sebagai deskripsi awal dari proses permintaan klien. Ketika Anda mulai dengan mengetikkan alamat situs web di browser Anda, perangkat komputer Anda akan segera bertindak sebagai klien, meminta informasi dari server web. Kemudian, server web akan memberi Anda informasi dari setiap situs web yang ditampilkan di browser.

Manfaat Server

Manfaat Server

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan server untuk mengelola jaringan komputer. Adapun beberapa manfaatnya akan kami rangkum sebagai berikut:

1). Pastikan Keamanan Data

Dengan menggunakan server, Anda dapat memantau semua data dengan lebih aman kapan saja. Selain itu, Anda dapat dengan cepat mengakses data yang disimpan sesuai kebutuhan.

Hal yang terpenting, Anda juga dapat menyimpan penyimpanan data dari perangkat komputer klien dan mentransfernya ke server.

2). Penghematan Biaya

Tentunya manfaat kedua adalah dapat menghemat biaya pembelian perangkat penyimpanan data. Umumnya, kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh server lebih besar dari pada komputer klien.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu membeli terlalu banyak komputer atau hard drive untuk memenuhi kebutuhan data bisnis Anda.

3). Menyederhanakan pengelolaan data

Manfaat ketiga adalah dapat mempermudah proses pengelolaan berbagai dokumen dan informasi penting yang perlu diproses dengan cepat. Server juga dapat memastikan penyimpanan data yang lebih lama.

Saat ini, penyimpanan server berbasis cloud atau berbasis cloud juga dapat digunakan. Dimana, data Anda akan disimpan di internet dengan alokasi penyimpanan yang lebih besar.

4). Mengoptimalkan fungsi kolaborasi antar tim

Manfaat terakhir adalah dapat memaksimalkan kolaborasi dan kerja antar tim atau departemen. Di perusahaan khususnya di bidang IT, setiap tim dituntut tidak hanya bekerja secara offline.

Namun, mereka harus bisa bekerja secara online atau jarak jauh. Oleh karena itu, server berperan penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan di perusahaan atau organisasi terkait.

Demikian artikel kami mengenai server yang mengulas mulai dari pengertian menurut ahli, jenis, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Semoga ulasan kami menambah informasi Anda mengenai server! Terimakasih sudah singgah.