Pengertian Sehat Secara Umum dan Menurut Para Ahli Serta Karakteristiknya

Semua orang pasti mendambakan keadaan yang senantiasa sehat agar hatipun tenang. Namun faktanya, sehat dan sakit adalah dua kata yang saling berhubungan erat. Sehat dan sakit adalah dua hal yang sangat bertolak belakang namun kedatangannya bergantian.

Untuk lebih memahami lebih dalam mengenai kesehatan, mari kita awali dengan mengerti arti kata sehat itu sendiri. Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Sehat

Sehat merujuk pada suatu kondisi yang sebenarnya cukup sulit untuk kita artikan. Walaupun kondisi ini senantiasa kita rasakan dan kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Sebab keadaan itu senantiasa dialami, juga mempengaruhi pemahaman dan pengertian seseorang terhadap konsep sehat itu sendiri.

Misalnya, indivisu yang tidak memiliki keluhan fisik, dianggap sebagai orang sehat. Ada pula sekelompok orang atau masyarakat juga beranggapan bahwa anak yang gemuk merupakan anak yang sehat.

Jika mengacu pada standard gizi, kondisinya berada dalam status overweight. Faktor subyektifitas dan kultural juga mempengaruhi pemahaman mengenai konsep sehat yang berlaku dalam masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, mari kita berangkat dari pengertian sehat menurut ahlinya. Dimana kata sehat merupakan Indonesianisasi dari bahasa Arab. “ash-shihhah” yang berarti sembuh, benar dan sesuai dengan kenyataan. Dari asal kata tersebut, sehat dapat diartikan pula sebagai:

  • Dalam keadaan baik segenap badan serta bagian-bagiannya
  • Mendatangkan kebaikan pada badan
  • Sembuh dari sakit

Pengertian Sehat Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian sehat menurut para ahli, antara lain.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Mari kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disana akan ditemukan kata sehat. Didefinisikan sebagai suatu keadaan seluruh badan serta bagiannya terbebas dari sakit.

2. World Health Organization (WHO)

World Health Organization (WHO) merumuskan arti sehat dalam cakupan yang sangat luas. Merujuk pada Keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial.

Bisa dilihat dalam definisi ini bahwa sehat bukan sekedar terbebas dari penyakit atau cacat. Sebab yang tidak berpenyakit pun belum tentu dikatakan sehat. Meskipun dalam keadaan yang sempurna fisik, mental dan sosial.

Pengertian sehat yang dikemukan oleh WHO merupakan suatu keadaan ideal. Baik dari sisi biologis, psiologis dan sosial. Sehingga seseorang yang dalam kategori sehat ini dapat melakukan aktifitas secara optimal.

Karakteristik Sehat

Selain menghadirkan definisi sehat, World Health Organization juga mendeklarasikan 3 karakteristik sehat diantaranya adalah:

1). Merefleksikan perhatian pada individu sebagai seorang manusia

2). Memandang sehat dalam konteks lingkungan internal juga ekternal

3). Sehat diartikan sebagai hidup yang kreatif dan melakukan kegiatan atau produktif

Maka sehat bukan merupakan suatu kondisi tetapi merupakan penyesuaian. Bukan juga merupakan suatu keadaan tetapi merupakan proses. Proses dimaksud merupakan adaptasi individu yang tidak hanya terhadap fisik mereka, namun juga pada lingkungan sosialnya.

Selanjutnya karakteristik atau batasan sehat juga diatur dalam Undang-undang Kesehatan No 23 tahun 1992. Undang-Undang Kesehatan No 23 tahun 1992 menghadirkan definisi sehat sebagai berikut:

Sehat mental atau jiwa mencakup

  1. Sehat Pikiran tercermin dari cara berpikir seseorang. Indivisu yang mampu berpikir secara logis (masuk akal) atau berpikir runtut.
  2. Sehat spiritual yang tercerimin dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur. Termasuk pujian atau penyembahan terhadap pencinta alam dan seisinya. Hal ini dapat dilihat dari praktek keagamaan dan kepercayaannya serta perbuaan baik yang sesuai dengan norma masyarakat.
  3. Sehat Emosional tercermin dari kemampuan seseorang. Tak lain merujuk pada kemampuan mengekspresikan emosinya atau pengendalian diri yang baik.

Sehat dalam aspek sosial

Sehat dalam aspek sosial adalah kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. Secara baik atau mampu berinteraksi dengan orang atau kelompok lain tanpa membeda-bedakan ras, suku, agama atau kepercayaan, status sosial, ekonomi dan politik.

Sehat dari aspek ekonomi

Sehat dari aspek ekonomi yaitu mempunyai pekerjaan dan mendapat pernghasilan. Sedangkan untuk anak dan remaja ataupun bagi yang sudah tidak bekerja, sehat dari aspek ekonomi merujuk pada bagaimana kemampuan seseorang untuk berlaku produktif secara sosial.

Demikian ulasan kami mengenai sehat, yang membahas pengertian dan karakteristik nya. Semoga ulasan kami bermanfaat, khusunya dalam lebih memahami arti kata sehat! Terimakasih sudah singgah dan semoga sehat selalu ya.