Pengertian Profesi dan Profesionalisme

Kalau kerja profesional dong! Pernah mendengar atau menerima kalimat tersebut di dunia kerja? Bahkan sekarang ini, di lingkungan pendidikan seperti sekolah juga sudah sering terdengar kalimat seperti itu. Lantas, apa sebenarnya arti dari kata “profesional”? bukankah sama dengan pengertian “profesi”?

Daripada penasaran yuk belajar bareng! Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri dari kata profesi dan profesionalisme.

Profesi

Pengertian Profesi

Profesi pada hakikatnya merujuk pada pekerjaan. Namun, tidak semua pekerjaan dapat disebut profesi. Sebab profesi ini mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan pekerjaan lain.

Profesi merupakan segala hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan juga keahlian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari para anggotanya.

Ciri-ciri Profesi

  • Profesi dalam hal ini membutuhkan pendidikan dan latihan khusus yang memadai. Yaitu harus adanya keterampilan yang khusus dalam suatu bidang pekerjaan.
  • Suatu pekerjaan tersendiri dengan keahlian serta ketrampilan. Dalam hal yang dimaksud adalah ahli dalam satu bidang saja
  • Menuntut kemampuan kinerja intelaktual. Dimana kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat melakukan berbagai aktivitas seperti nalar serta memecahkan masalah
  • Mempunyai konsekuen yaitu memikul tanggungjawab
  • Akan mendapatkan sangsi apabila melakukan pelanggaran
  • Terdapat pengakuan di mata masyarakat sekitar
  • Mengatur diri dan juga terkadang mengatur orang lain
  • Layanan Publik

 

Profesional

Kata profesional sendiri merujuk pada sifat profesi, memiliki keahlian dan keterampilan. Dimana sederet itu didapatkan karena pendidikan dan latihan, hingga memperoleh bayaran dari keahliannya tersebut.

Dari kata professional, mari kita mengkajinya dari kata profesionalisme. Berangkat dari kamus kata-kata serapan asing dalam bahasa indonesia, definisi profesionalisme adalah mutu. Termasuk didalamnya kualitas dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi.

Nah, disimpulkan bahwa profesionalisme memiliki dua kriteria pokok. Diantaranya adalah keahlian dan pendapatan. Tentunya kedua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan sebab erat kaitannya. Seseorang bisa dikatakan memiliki profesionalisme jika ia memiliki dua hal pokok tersebut. Tak lain adalah keahlian atau kompetensi yang layak sesuai bidang tugasnya dan  selanjutnya memperoleh pendapatan yang layak sesuai kebutuhan hidupnya.

Menilik dari beberapa definisi tersebut, maka profesionalisme dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus ada dalam diri professional. Termasuk didalamnya moral dan etika yang ada dalam pekerjaan terkait.

Profesionalisme membentuk pada suatu sikap yang harus dikembangkan para pekerja saat berada di lingkungan kerja. Dimana setiap orang bisa memiliki berbagai macam karakter yang berbeda, namun tetap harus dapat ditempatkan di porsi yang tepat dan sesuai. Contohnya adalah sikap seorang ibu di rumah dan di kantor tentu harus berbeda. Misalnya di rumah harus baik dan tegas, berbeda jika di kantor sikap harus jauh lebih profesional. Misalnya sikap sabar menghadapi menghadapi atasan ataupun mengejar target yang ditentukan demi stabilitas pekerjaannya.

Pengertian Profesional menurut para ahli

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata profesional yang mempunyai makna tak lain adalah erat hubungan nya dengan profesi. Dalam hal ini tentu memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya.

  • Longman (1987)

Longman memberikan definisi profesionalisme sebagai tingkah laku, keahlian atau kualitas dan seseorang yang professional

  • Kiki Syahnarki

Kiki Syahnarki berpendapat bahwa profesionalisme tak lain adalah roh. Dalam hal ini bertugas menggerakan, mendorong, mendinamisasi dan juga membentengi.

  • Onny S. Prijono

Onny S. Prijono mendeklarasikan pengertian profesionalisme sebagai kemampuan untuk memasuki ajang kompetisi sebagai antisipasi menghadapi globalisasi.

  • Sedarmayanti (2004:157)

Sedarmayanti mnggambarkan kata profesionalisme dalam pengertian suatu sikap atau keadaan dalam melaksanakan pekerjaan. Dengan memerlukan keahlian melalui pendidikan dan pelatihan tertentu. Dalam hal ini dilakukan sebagai suatu pekerjaan yang menjadi sumber penghasilan.

  • Atmosoeprapto dalam Kurniawan (2005:74),

Profesionalisme merupakan cermin dari kemampuan. Diantaranya adalah memiliki pengetahuan, keterampilan, bisa melakukan. Dalam hal ini ditunjang dengan pengalaman yang tidak mungkin muncul secara tiba-tiba tanpa melalui perjalanan waktu.

Ciri-Ciri Profesionalisme

Adapun ciri-ciri profesionalisme antara lain sebagai berikut:

  • Keinginan untuk terus menampilkan perilaku yang nantinya bisa dijadikan sebagai rujukan yang secara berkala
  • Melakukan upaya meningkatkan dan memelihara perilaku profesionalnya. Dalam hal ini dilakukan melalui perwujudan perilaku profesional
  • Perwujudan tersebut dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya dari cara berpenampilan, cara berbicara, penggunaan bahasa, gesture serta sikap hidupnya
  • Keinginan mengejar berbagai kesempatan pengembangan profesional yang dapat secara terus-menerus
  • Meningkatkan serta memperbaiki kualitas pengetahuan dan juga  keterampilan yang dimiliki

Demikian ulasan kami mengenai pengertian dan ciri dari kata profesi dan profesional. Semoga ulasan kami membantu dan menambah wawasan baru bagi kamu! Terimakasih sudah singgah.