Apa Itu Power Point, Fungsi, Menu dan Cara Membuatnya

Ketika Anda melamar pekerjaan, Anda seringkali ditanya apakah menguasai Microsoft Office atau tidak. Nah, pertanyaan itu mungkin saja berarti Anda harus menguasai semua programnya termasuk Power Point.

Power Point akan dibutuhkan di kantor ketika Anda harus mempresentasikan laporan tentang sesuatu. Alih-alih menuliskannya secara manual di papan tulis, Anda akan diminta mempresentasikannya dengan Power Point.

Dalam Power Point, sebuah laporan bisa terdiri dari beberapa slide share berisi data angka, huruf, gambar, grafik, animasi, hingga video. Dengan demikian presentasi laporan Anda akan terlihat lebih menarik untuk disimak.

Nah, sebelum membahas lebih jauh, mari kita kenali dulu apa itu Power Point atau Microsoft Office Power Point.

Pengertian Power Point

Menurut Wikipedia, Microsoft Office Power Point atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka.

Bisa dibilang, Power point adalah sebuah perangkat lunak atau software yang merupakan salah satu bagian paket instal dari microsoft office dengan kegunaan membantu manusia dalam pekerjaannya.

Salah satunya adalah dalam hal mengemukakan gagasan atau pendapat kepada forum atau khalayak umum, yang kemudian mudah dimengerti oleh audien atau pendengar yang hadir dalam acara presentasi atas gagasan yang Anda miliki.

Presentasi dalam power point ini bisa berbentuk teks bergaya atau illustrasi dari gagasan yang Anda miliki.

PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS.

Software ini pertama kali diciptakan dan dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin yang bekerja sebagai Presenter bagi perusahaan yang bernama Forethought, Inc kemudian mengubah namanya menjadi power point.

Microsoft office PowerPoint yang pertama rilis tahun 1987 adalah versi 1.0. Dan PC yang pertama kali menggunakan aplikasi ini adalah Apple Macintosh.

Pertama kali power point muncul dengan tampilan hitam putih, kemudian tahun selanjutnya versi power point yang baru muncul dengan tambahan fitur warna.

Kemudian pada 31 Juli 1987, Microsoft membeli power point seharga 14 juta dolar.

Fungsi Ms Office Power Point

Ms Office Power Point memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut.

– Sebagai sarana untuk mempermudah melakukan sebuah presentasi.

– Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga memungkinkan untuk diakses oleh berbagai perangkat komputer.

– Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.

– Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

Manfaat Ms Office Power Point

Berikut dibawah ini manfaat Ms Office Power Point, antara lain sebagai berikut.

1. Membantu pengguna menyampaikan sebuah materi atau gagasan

2. Menunjang dunia pendidikan dalam hal belajar mengajar

3. Menunjang keberlangsungan pekerjaan dalam bisnis

Menu dalam Ms Office PowerPoint

Ms Office PowerPoint memeliki beberapa menu, berikut dibawah ini penjelasan mengenai menu – menu yang ada di Ms Office PowerPoint.

1. Menu File

Menu file terdiri dari beberapa fitur sebagai berikut:

– Open, yakni fitur yang berfungsi untuk membuka file dokumen yang jenisnya power point atau dokumen. File Power point sendiri biasanya disebut sebagai .ppt berarti file yang dibuka dikhususkan bagi file berbentuk power point.

– New, yakni fitur yang berfungsi membuka lembar baru atau membuat dokumen baru dalam file dokumen yang serupa.

– Recent, yakni fitur yang berfungsi untuk membuka file yang sudah Anda buka sebelumnya fitur ini seperti history dalam mozilla firefox. Anda tidak perlu susah payah mencari file yang sudah Anda buka. Cukup cari file dokumen di recent maka Anda akan menemukan dokumen yang Anda cari.

– Save & save as, yakni fitur menyimpan file baru yang belum pernah disimpan fungsi dari keduanya sama, tetapi jika Anda menggunakan fitur ini ketika Anda sudah menyimpan data Anda di komputer maka fungsinya berbeda.

Adapun bentuk file Ms Office PowerPoint adalah
PPT (PowerPoint Presentation), PPS (PowerPoint Show), POT (PowerPoint Template), PPTX (PowerPoint Presentation).

– Print, fitur yang berfungsi untuk mencetak file dokumen ke dalam bentuk fisik.

2. Menu Home

Menu Home terdiri dari beberapa fitur yakni:

– Clipboard, yakni fitur yang membantu dalam menyalin dan menempelkan objek yang sudah Anda salin di luar power point.

– Slides, yakni fitur yang berhubungan dengan halaman slide atau bagian-bagian halaman yang disambungkan oleh slide lainnya.

– Font, mengatur font, yakni jenis, ukuran huruf yang ingin Anda gunakan.

– Paragraph, fitur ini digunakan ketika Anda ingin membenahi hal-hal yang bersangkutan dengan paragraf.

– Drawing, berfungsi untuk membubuhkan bentuk, desain dan garis pada halaman slide yang pilihan.

3. Menu Insert

Insert merupakan menu yang berhubungan dengan penyisipan suatu benda atau suatu media lain agar power point yang dibuat dapat dinikmati dan menarik audien.

Fitur-fiturnya yakni seperti tables yang berfungsi membubuhkan tabel pada slide, images yang berfungsi membubuhkan gambar.

Illustration berfungsi untuk menggambarkan ilustrasi, Links berfungsi untuk menghubungkan, Text berfungsi untuk membubuhkan teks yang variatif, symbol mirip sebuah susunan rumus dan media berguna untuk membubuhkan media berupa audio dan video.

4. Menu Design

Menu design memiliki fitur sebagai berikut.

– Page setup, yakni fitur yang berfungsi untuk mengubah ukuran halaman slide dan orientasi slide, portrait atau landscape.

– Themes, yakni desain dari background yang sudah ada ketika power point dipasang di komputer.

– Background, yakni fitur untuk mengubah background sesuai keinginan Anda, bahkan Anda dapat menentukan tema slide yang Anda buat background ini dapat berupa gambar dan foto.

5. Menu Transitions

– Preview, yakni fitur yang berfungsi untuk melihat jenis efek transisi yang diterapkan pada slide dan menyesuaikan objek yang disimpan dalam setiap slide.

– Transition to this slide, yakni fitur yang berfungsi sebagai salah satu hal utama jika ingin membuat presentasi Anda menarik

– Timing, yakni fitur yang mengatur lamanya transisi yang diterapkan pada setiap slide, sehingga Anda bisa menyesuaikan timing transisi yang tepat.

6. Menu Animations

– Preview, fungsinya sama untuk melihat jenis animasi yang akan digunakan dan dipilih sesuai selera.

– Animation, berfungsi untuk memberikan animasi pada slide yang melibatkan objek pada setiap slide.

– Advanced animasi, fitur ini pemberi animasi namun animasi yang Anda buat sendiri atau tidak menggunakan animasi bawaan.

– Timing, berguna untuk mengatur waktu animasi dari pertama muncul hingga animasi selesai.

7. Slide show, Review dan View

Menu Slide Show berfungsi untuk mengatur slide dalam mode presentasi agar perpindahannya dapat diatur dan segala animasi dan efek transisi bergerak secara otomatis. Menu review digunakan untuk memeriksa kembali ejaan.

Cara Membuat Laporan dengan PowerPoint

Membuat laporan dengan menggunakan MS Office PowerPoint sejatinya sama saja dengan yang lain, yakni Word ataupun Excell. Yang jelas, Anda harus telah menyiapkan bahan mentahnya seperti data-data penting yang akan ditampilkan.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah buat slide opening yang menarik perhatian.

Anda bisa menggunakan gambar yang menarik, unik, dan warna yang mencolok namun tetap enak dilihat. Jika awal presentasi kamu sudah bagus, maka orang akan tertarik untuk terus memperhatikan presentasi selanjutnya.

Kemudian pilih tema yang unik. Anda bisa gunakan tema premium ataupun tema gratis dari web penyedia tema PowerPoint.

Selain itu Anda bisa menghemat waktu dengan slide master. Slide Master adalah fitur yang menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti font atau gaya tulisan, gambar, warna latar belakang slide, dan lain-lain.

Fitur satu ini bisa membuat kamu lebih hemat waktu karena slide master bisa memberikan template sesuai selera kamu dengan waktu yang lebih singkat.

Agar lebih menarik, Anda bisa menggunakan skema warna atau Color Scheme.

Dalam presentasi, visual akan sangat diperhatikan penonton. Dan alide adalah media untuk komunikasi visual.

Maka, gunakan diagram, gambar, dan tampilan visual lainnya yang membantu audiens memahami ide kamu dengan cepat.

Kemudian supaya terlihat rapi gunakan align text yang konsisten.

Menjaga teks sejajar dengan orientasi yang sama akan membuat slide kamu terlihat rapi dan bersih. Gunakan align text yang konsisten untuk judul, paragraf, dan daftar list bullet.

Anda juga bisa memakai video agar bisa menciptakan suasana baru dan tidak monoton.

Demikian ulasan mengenai apa itu Power Point, Fungsi, Manfaat hingga cara menggunakannya. Semoga bermanfaat. (*)

Link download terkait