Pengertian Perubahan Sosial, Ciri – Ciri dan Contoh Perubahan Sosial

Pernahkah kamu mengalami perubahan sosial? Atau bahkan sekarang kamu sedang mengalami perubahan sosial di lingkungan kamu?

Walaupun sangat dekat dengan kehidupan, nyatanya masih banyak dari kita yang belum mengetahui pengertian dari perubahan sosial itu sendiri.

Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian perubahan sosial, ciri-ciri dan contohnya sebagai berikut:

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial ini merupakan perubahan yang terjadi dalam masyarakat yang berkaitan dengan norma, nilai sosial, serta berbagai aspek kehidupan manusia.

Jika juga dibandingkan dengan suatu masyarakat pada masa-masa tertentu, dulu dan sekarang, maka dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya semua masyarakat yang ada di seluruh dunia pasti mengalami perubahan. Meskipun perubahan sosial yang terjadi pada setiap masyarakat tidak semuanya sama.

Agar lebih memahami pengertian dari perubahan sosial, mari kita simak definisi perubahan sosial menurut ahli sebagai berikut:

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Perubahan Sosial menurut para ahli, antara lain.

1. John Luwis Gillin dan John Philip Gillin

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai variasi dari cara hidup yang diterima akibat perubahan kondisi geografis. Termasuk juga budaya material, komposisi penduduk, ideologi, atau difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

2. Selo Soemardjan

Menurut Prof. Selo Soemardjan perubahan sosial ialah yang terjadi pada pranata sosial dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial.

3. Kingsley Davis

Kingsley Davis berpendapat bahwa perubahan sosial adalah suatu bentuk perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi suatu masyarakat.

4. Emile Durkheim

Merupakan perubahan yang terjadi sebagai akibat dari faktor ekologi dan demografi. Mampu mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang terikat oleh solidaritas mekanistik, menjadi kondisi masyarakat modern yang terikat oleh solidaritas organik.

5. Robert M.I Lawang

Menurut Robert M.I Lawang ini adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan yang dapat diukur, dan itu terjadi dalam jangka waktu tertentu.

6. Dr. M. Tahir Kasnawi

Dimaksud ialah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian yang terjadi dalam gaya hidup masyarakat. Meliputi nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan sosial ekonomi, serta pranata masyarakat, baik dalam aspek material kehidupan. atau non materi.

7. Robert H. Lauer

Robert H. Lauer mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan fenomena sosial pada berbagai tingkat kehidupan manusia. Di mulai dari tingkat individu hingga tingkat dunia.

8. Bruce J. Cohen

Merupakan perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat terjadinya perubahan tersebut adalah sistem sosial, perubahan nilai-nilai kehidupan sosial dan juga budaya masyarakat.

9. Pasurdi Suparlan

Merupakan perubahan struktur sosial dan pola hubungan sosial yang meliputi sistem status, hubungan keluarga, sistem politik serta kekuasaan, dan kependudukan.

Ciri – Ciri Perubahan Sosial

Berikut dibawah ini ciri – ciri perubahan sosial, antara lain.

Terjadi Dimana-mana

Tempat terjadinya perubahan sosial bisa di mana saja dari masyarakat pedesaan ke kota, meskipun tingkat perubahan dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.

Masyarakat tradisional biasanya akan mengalami pola perubahan yang lambat dan masyarakat modern cenderung lebih cepat juga pendek.

Dilakukan dengan Sengaja

Perubahan sosial akan dilakukan dengan sengaja, walaupun ada beberapa situasi dimana perubahan yang terjadi terjadi tanpa adanya unsur kesengajaan.

Misalnya, produsen kendaraan bermotor mengembangkan inovasi kendaraan agar dapat digunakan untuk transportasi yang lebih baik dan lebih cepat.

Namun, masyarakat tidak bisa membayangkan jika hasil dari perubahan tersebut akan berdampak pada berbagai elemen lainnya, seperti keselamatan dan juga biaya penggunaan seperti bensin atau service bulanan.

Berkelanjutan

Perubahan sosial terjadi secara terus menerus. Artinya, masyarakat akan selalu berubah, cepat atau lambat. Dimana perubahan terjadi sebagai konsekuensi dasar karena fitrah manusia yang dilahirkan sebagai makhluk sosial.

Imitatif

Meniru atau meniru/mengikuti adalah ciri-ciri selanjutnya. Dalam perjalanan hidup, manusia akan melakukan perubahan dengan mengikuti komunitas lain.

Hal ini terjadi karena setiap kelompok dalam masyarakat saling mempengaruhi. Antar kelompok masyarakat tidak dapat memisahkan atau mengasingkan diri. Misalnya, perubahan gaya pakaian, potongan rambut, desain rumah, dan lain-lain.

Hubungan Kausalitas

Perubahan sosial dapat terjadi karena aspek material maupun immaterial dengan hubungan timbal balik, yang dapat menguntungkan salah satu pihak atau kedua belah pihak.

Contoh Perubahan Sosial

Salah satu perubahan sosial paling nyata yang ada di sekitar kita adalah munculnya internet yang mengubah cara kita berkomunikasi. Bahkan, hal ini membuat orang sangat bergantung pada penggunaan internet.

Seperti saat berkomunikasi melalui aplikasi chat, hingga memesan transportasi umum seperti ojek online. Namun harus diakui bahwa perubahan teknologi ini memberikan kemudahan, dimana komunikasi semakin mudah, praktis, cepat dan ekonomis.

Demikian ulasan kami mengenai perubahan sosial menurut ahli, ciri-ciri dan contohnya.

Semoga ulasan kami dapat membantu kamu, khususnya menambah wawasan baru mengenai perubahan sosial. Terimakasih sudah singgah dan semangat belajar terus ya!