Pengertian Persekusi, Tahapan, Penyebab dan Contoh Kasus Persekusi

Pernah kah kamu mendengar kata “persekusi”? Semoga pembaca sekalian senantiasa terhindar dari persekusi ini ya… lantas apa yang sebenarnya dimaksud dengan persekusi?

Untuk mengetahui lengkapnya, agar terhindar dari perbuatan ataupun tindakannya, mari kita ulas sebagai berikut:

Pengertian Persekusi

Persekusi dalam artian luas merujuk pada suatu perlakuan buruk dan sewenang-wenang. Tindakan ini dilakukan secara sistematis oleh individu atau kelompok tertentu terhadap individu atau golongan lain. Dilakukan dengan cara memburu, mempersusah, dan menganiaya. Biasanya tindakan ini dipicu karena adanya perbedaan suku, agama atau pandangan politik.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa Ada juga persekusi adalah suatu sikap atau tindakan permusuhan, pemburuan dan penganiayaan terhadap seseorang.

Dalam hal ini tidak hanya dilakukan pada satu individu, melainkan juga golongan tertentu, terutama karena ras, agama dan keyakinan politik.

Pengertian Persekusi Menurut Ahli

Setelah memahami pengertian perkusi dalam skala yang luas, mari kita pindah ke definisi yang lebih sempit. Tak lain berdasarkan pada pendapat para ahli, sebagai berikut:

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Mari berangkat dari pendapat yang paling bisa diandalakan. Tentunya merujuk pada KBBI, yang mengartikan persekusi sebagai pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang. Termasuk juga sejumlah warga dan disakiti, dipersusah atau ditumpas.

2). Damar Juniarto

Damar Juniarto memberikan pendapat mengenai arti persekusi ialah suatu tindakan memburu orang lain atau golongan tertentu. Dalam hal ini dilakukan suatu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas. Walaupun mirip, tapi hal ini sangat berbeda dengan main hakim sendiri.

3). Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana

Masyhur Effendi dan Taufani Sukmana menghadrikan pengertian persekusi adalah perampasan. Dalam hal ini termasuk tindakan yang disengaja dan kejam terhadap hak-hak dasar. Berhubungan juga dengan meniadakan identitas kelompok yang merupakan pelanggaran hukum internasional.

Tahapan Persekusi

Biasaya, ada 4 tahapan yang dilakukan oleh para pelaku persekusi kepada korbannya. Untuk detail pola persekusi ialah sebagai berikut:

1). Melacak identitas, termasuk alamat dari target persekusi.

2). Memberikan instruksi kepada massa untuk memburu target. Biasanya dilakukan dengan menyebarkan identitas dan alamat target ke media sosial.

3). Melakukan aksi persekusi, dengan menggruduk rumah ataupun lokasi target (misalnya di tempat kerja ataupun sekolah).

4). Tindakan persekusi dapat mengakibatkan trauma kepada korbanya. Trauma yang tersisa yang dimaksud baik fisik maupun psikis bahkan tak jarang mengakibatkan kematian. Walaupun kita ketahui bahwa hukum di Indonesia telah melarang keras aksi persekusi, nyatanya tindakan ini masih cukup marak dilakukan hingga sekarang.

Penyebab Terjadinya Persekusi

Sebenarnya kasus persekusi ini juga terjadi diberbagai negara ya. Jadi, tentunya berbeda-beda penyebabnya. Jika menilik dari negara sendiri yakni  Indonesia, kasus persekusi sedikit banyaknya dilatarbelakangi oleh kebebasan berpendapat di media sosial yang tak terkontrol.

Adapun beberapa penyebab terjadinya persekusi yang disampaikan oleh ahli adalah sebagai berikut:

1). Adanya rasa ketidakpercayaan antara kehidupan bermasyarakat. Serta rasa saling mencurigai antara masyarakat kurang mampu terhadap kalangan elit

2). Hadirnya kesenjangan sosial yang disebabkan belum adanya nilai tambah ekonomi kepada masyarakat kurang mampu.

3). Adanya globalisasi yang ditandai dengan eksisnya kehidupan maya di masyarakat. Sehingga masyarakat yang menggunakan sosial media merasa bebas mengeluarkan pendapatnya.

4). Adanya anggapan masyarakat bahwa penegakan hukum masih senantiasa dilakukan secara tidak adil.

5). Hadirnya anggapan masyarakat bahwa proses hukum penuh dengan intervensi. Tak lain berasal dari pemerintah sehingga menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.

Contoh Kasus Persekusi

Di dunia yang luas ini, nyatanya taka man bagi setiap orang ya. Sebab jika menilik dari skala negara Indonesia saja, ada sangat banyak contoh kasus persekusi yang pernah terjadi. Berangkat dari arti persekusi yang sudah dijelaskan, beberapa contoh persekusi di Indonesia adalah sebagai berikut:

Persekusi PMA

Remaja 15 tahun berinisial PMA pernah menjadi korban persekusi oleh sekelompok ormas. Kejadian ini berlokasi di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Penyebab tindakan persekusi tak lain disebabkan oleh postingan di media sosial PMA dianggap menghina seorang ulama.

Persekusi RN dan MA

Dua sejoli berinisial RN dan MA mengalami persekusi. Dengan cara ditelanjangi dan diarak oleh warga di Kelurahan Sukamulya, Cikupa, Tangerang. Penyebab tindakan persekusi ini didasari tuduhan bahwa kedua sejoli tersebut berbuat asusila di dalam kontrakan.

Demikianlah artikel kami mengenai persekusi yang mengulas mulai dari pengertian menurut ahli, tahapan, penyebab dan contoh persekusi.

Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya menambah wawasan mengenai persekusi! Terimakasih sudah singgah.