Pengertian Pedagogik, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Pedagogik

Pedagogik merupakan suatu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru dan dosen sebagai bagian dari modal utama untuk bisa menjalankan profesinya.

Sederhananya, konsep dasar dari pedagogik atau pedagogic biasanya disebut dengan pedagogika yang merupakan pengetahuan dan kemampuan untuk bisa mendidik dan menyelenggarakan suatu pembelajaran.

Definisi pedagogik sudah tertuang pada undang-undang No.14 tahun 2005 ytentang guru dan dosen yang menyebutkan bahwa kompetensi pedagogik adalah suatu kemampuan dalam mengelola pembelajaran peserta didik.

Secara yuridis definisi pedagogik terlihat sangat jelas dan singkat. Namun, dalam pengelolaan pembelajaran itu sangatlah kompleks dan tidak membahas mengenai kegiatan dari pengajaran dan belajar semata.

Istilah dari pedagogik berasal dari bahasa inggiris yaitu pendagogic berasal dari dua kata berdasarkan bahasa Yunani kuno, yaitu paedos yang berarti anak dan agogos yang berarti mengantar, membimbing atau memimpin.

Dari dua kata tersebut terbentuklah beberapa istilah yang memiliki arti tertentu pada tiap-tiap katanya. Istilah-istilah yang dimaksud yakni paedagogos, pedagogos (paedagoog atau pedagogue), paedagogia, pedagogi (paedagogie), dan paedagogik yang memiliki arti yaitu membimbing anak-anak.

Pedagogik juga bisa digunakan dengan lebih spesifik bagi target anak atau yang lebih muda bagi seorang pendidik. Karena terdapat pendekatan lain didalamnya yakni andragogik sebagai suatu pendekatan dalam pendidikan terhadap sejawat atau bahkan bagi yang lebih tua dari pendidik.

Pedagogik Sebagai Ilmu Pengetahuan

Pendidikan dalam arti yang hakiki merupakan sebuah proses pemberian bimbingan dan bantuan rohani kepada orang-orang yang terbilang belum dewasa dan mendidik adalah suatu tindakan dengan sengaja guna mencapai tujuan dari pendidikan. Tujuan pendidikan sendiri artinya memberikan perubahan agar peserta didik dapat untuk lebih bisa memaksimalkan potensi diri baik secara kognitif maupun karakter.

Di sinilah sampai pada titik di mana pengelolaan pendidikan menjadi hal yang terbilang tidak sesederhana itu. Sehingga kompetensi pedagogik tidak hanya bisa melibatkan keprofesionalan seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pendidikan saja. Tetapi juga ikut serta dalam pembangunan mental, karakter, dan perilaku dari peserta didik itu sendiri.

Pedagogik merupakan ilmu yang mempelajari masalah persoalan tentang membimbing anak ke arah tujuan tertentu agar tumbuh mandiri untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada dalam hidupnya atau menjadikan sosok yang mampu untuk mengembangkan kepribadiannya sebagai salah satu tugas besar guru selain hanya menyampaikan dan mentransformasikan pengetahuan dalam pembelajaran.

Sehingga bisa diartikan bahwa membimbing seorang anak didik layaknya seperti orang tuanya sendiri merupakan suatu kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang guru.

Membimbing dan mendidik di sini bukan maksudnya menuntut guru harus menggurui anak didiknya. Justru melalui pendekatan pembelajaran sekarang lebih menengahkan murid menjadi pusat utama dalam pembelajaran, termasuk dalam ranah pedagogik.

Selain itu, dalam pendekatan pedagogik biasanya berisikan cara untuk menyampaikan tentang berbagai bimbingan tersebut lewat berbagai aktivitas yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menyampaikan ceramah atau menasihati.

Karena dalam masalah kepribadian yang terkait pada perilaku, omongan semata terkadang tidaklah cukup. Apalagi jika seorang anak didik telah memiliki keterbatasan sendiri di rumahnya. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua anak memiliki keluarga yang ideal.

Dapat disimpulkan bahwasanya pedagogik merupakan segala usaha yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk membimbing peserta didik yang lebih muda untuk bisa memaksimalkan potensi diri baik secara kognitif atau kemampuan nalar dan juga ilmu pengetahuan.

Usaha tersebut termasuk dalam pengelolaan pembelajaran, bahasa atau cara dalam menyampaikan materi supaya mudah dipahami dan diserap oleh para peserta didik.

Fungsi Pedagogik

Terdapat beberapa fungsi dari pedagogik yaitu, sebagai berikut:

1). Untuk bisa memahami tentang fenomena pendidikan secara lebih sistematis.

2). Memberikan petunjuk tentang yang seharusnya dilakukan oleh pendidik .

3). Menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan dalam suatu praktik mendidik anak.

4). Mengenal diri sendiri serta melakukan koreksi.

Manfaat Pedagogik

Terdapat beberapa manfaat dari pedagogik adalah sebagai berikut:

1). Memanusiakan manusia maksudnya yaitu menjadikan seorang dewasa berada dalam kebahagiaan agar bisa menjalani kehidupan.

2). Agar anak atau peserta didik mampu memahami dan menjalani kehidupan sehingga kelak bisa menghidupi diri mereka sendiri dengan menjalani hidup secara bermakna dan dapat turut serta dalam memuliakan kehidupan.

3). Membantu peserta didik dalam mempertanyakan keyakinan dalam praktek-praktek yang mendominasi.

4). Membantu mengembangkan kepribadian siswa yang sehat.

Tujuan Pedagogik

Untuk bisa mendapatkan hasil positif perlu memperhatikan bahwasanya pedagogik memiliki tujuan. Tujuan dari pedagogik adalah untuk bisa memanusiakan manusia, dan menjadikan seseorang tumbuh dewasa atas kebahagiaannya dalam menjalani kehidupan dimasa yang akan datang serta menjadikan seseorang menjalani hidup dengan bahagia.

Dengan kata lain, tujuan pedagogik masih berkaitan dengan hakikat dari pendidikan itu sendiri sebagai pengubah yang diharapkan mampu untuk membuat peserta didik bisa mengembangkan potensi diri.