Pengertian MySQL, Fungsi serta Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Jika berbicara mengenai website, database server dan hosting merupakan kedua hal yang tidak terpisahkan. MySQL sendiri merupakan salah satu sistem yang digunakan untuk menyimpan dan mengatur informasi-informasi yang dibutuhkan oleh sebuat website.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian MySQL secara umum dan menurut para ahli,fungsi beserta cara kerja serta kelebihan dan kekurangan dari MySQL.

Pengertian MySQL

Secara umum, MySQL merupakan sebuah program database server yang dapat menerima dan menyimpan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh sebuah website seperti username,password,font dan lain sejenisnya.

MySQL sendiri merupakan bagian dari RDMS yang dimana menggunakan tabel,kolom dan juga baris pada struktur databasenya. MySQL sendiri terbagi menjadi dua lisesni, yaitu Free Software dimana software dapat digunakan oleh siapa saja dan Shareware yang dimana software pengguna memiliki batas waktu dalam menggunakannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai defenisi dari MySQL, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi MySQL. Berikut beberapa defenisi MySQL menurut para ahli.

Arief (2011d:152)

Menurut Arief, MySQL merupakan salah satu dari banyak jenis database yang sangat terkenal sehingga banyak yang menggunakannya untuk membangun sebuah aplikasi web yang menggunakan database sebagai source dan juga dalam pengolahan datanya.

Sulhan (2007:118)

Menurut Sulhan, MySQL merupakan sebuah software yang digunakan dalam membangun database yang sering digunakan didalam lingkungan linux. MySQL juga merupakan software free yang digunakan tidak hanya dilngkungan linux saja, tetapi juga terdapat dilingkungan windows.

Wahana Komputer (2010:5)

Wahana Komputer berpendapat bahwa MySQL merupakan sebuah programa database yang dapat mengirim dan menerima data secara cepat dan ke berbagai pengguna.

Sibero (2011:97)

MySQL merupakan sebuah RDMS atau relational database management system. RDMS sendiri ialah suatu aplikasi sistem yang dapat melaksanakan fungsi pengolahan data.

Agus Saputra (2012:77)

Menurut Agus Saputra dalam bukunya mengatakan bahwa MySQL merupakan salah satu database yang berkelas didunia yang sangat sesuai jika dipadukan dengan bahasa pemrograman PHP.

Fungsi dan Cara Kerja MySQL

Dalam pelaksanaanya, MySQL memberikan beberapa perintah yang memiliki fungsi kepada manajemen database. Beberapa fungsinya diantaranya sebagai berikut.

1.  Data Defenition Languange (DDL)

DDL ialah sebuah sub perintah yang memiliki fungsi untuk membangun kerangka sebuah database. Terdapat tiga perintah penting yakno create,drop dan alter.

2. Data Manipulation Languange (DML)

DML merupakan data yang berisi sub perintah yang memiliki fungsi untuk memanipulasi database yang sudah dibuat. Terdapat perintah yang ada didalam DML seperti insert,select,update dan delete

3. Data Control Languange (DCL)

DCL ialah sub perintah didalam MySQL yang memiliki fungsi untuk melakukan kontrol kepada data dan server database. Terdapat perintah yang ada didalam DCL seperti grant dan revoke. DCL sendiri memberi hak akses kepada database. Beberapa contoh dalam penerapannya seperti mengakses data,mendefenisikan space dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan dari MySQL

Berikut beberapa kelebihan MySQL dilihat dari penggunaa dan fitur yang dimiliki sebagai berikut.

Kelebihan MySQL

Berikut dibawah ini kelebihan MySQL, antara lain.

1.  MySQL bersifat open source

MySQL sendiri dapat digunakan dan diakses oleh siapa saja dan juga kapan saja dikarenakan terdapat dua lisensi yakni free software dan shareware. Disamping itu juga termasuk sistem manajamen database yang diberikan secara gratis.

2. Dukungan untuk penggunaan multi user

MySQL dapat digunakan secara bersamaan pada satu waktu dikarenakan dukungan multi user. Jadi anda tidak perlu khawatir jika mengakses data secara bersamaan. Sebuah tim developer dapat menerima keuntungan dari adanya dukungan ini karena dapat mengerjakan database secara teamwork.

3. Terintegrasi dengan bahasa pemrograman lain

Kelebihan lain dari MySQL sendiri juga adanya integrasi dengan bahasa pemrograman lain dengan PHP. Dengan menggunakan PHP MyAdmin sebagai perantara, anda sudah dapat membuat sebuah basis data pada sebuah web server dengan lebih efektif.

4. Sajian tipe data yang bervariatif

MySQL juga menyediakan sajian tipe data yang bervariatif. Contoh penggunaan MySQL sendiri seperti data varchar,interger,float dan timestamp. Dalam hal ini, anda bisa mengelompokkan berbagai data sesuai dengan kriteria informasi dengan lebih akurat dan efektif

5. Struktur tabel cenderung fleksibel

Jika dibandingkan dengan database lain, MySQL tergolong lebih mudah dikarenakan proses eksekusi pada alter table lebih mudah digunakan serta lebih cepat diproses.

Kekurangan MySQL

Berikut dibawah ini kekurangan MySQL, antara lain.

1. Kurang cocok ketika digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasi game dan mobile

Bagi anda yang dalam mengembangkan game dan mobile, MySQL kurang disarankan untuk digunakan. Karena manajemen database MySQL kurang cocok untuk pengelolaan aplilkasi tersebut

2. Technical support yang kurang mendukung

MySQL sendiri kurang mendukung technical support karena belum tersedianya support yang baik dari segi teknisnya.

3. Kurang mendukung untuk pemakaian database dengan kapasitas besar

MySQL kurang direkomendasikan dalam mengelola basis data dalam kapasitas besar. Untuk anda yang ingin sebuah database dalam skala besar, anda dapat menggunakan Big Data ayai BiqQuery.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian MySQL secara umum dan menurut para ahli, fungsi dan cara kerja MySQL serta kelebihan serta kekurangan dari MySQL. Semoga pembahasan kali ini dapat memberi anda wawasan yang lebih luas serta menambah.