Pengertian Market Share, Tujuan, Strategi dan Cara Meningkatkan Market Share

Pernah mendengar istilah market share? Ya, market share merupakan suatu bagian atas semua permintaan terhadap satu produk yang menggambarkan golongan pelanggan berdasarkan ciri tertentu.

Penggolongan pelanggan dalam hal ini bisa dikelompokkan atas dasar penghasilan, jenis kelamin, usia, status sosial dan juga pendidikan. Market share atau pangsa pasar juga bisa diartikan sebagai bagian dari suatu pasar yang dipimpin oleh perusahaan, dimana semua potensi jualnya akan disebutkan dalam persentase.

Market share juga dapat didefinisikan sebagai suatu nilai total persentase penjualan pada suatu perusahaan yang berasal dari berbagai sumber dengan nilai total produk dalam suatu industri tertentu.

Pengertian Market Share Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Market Share menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

Business Dictionary

Business Dictionary memberikan definisi market share sebagai suatu persentase dari total volume penjualan di pasar yang dikuasai oleh merek, produk atau perusahaan.

Pasal 1 angka 13 UU Nomor 5 Tahun 1999

Market share merupakan salah satu persentase nilai jual atau beli barang atau jasa yang dikuasai oleh pelaku usaha pada pasar yang bersangkutan dalam tahun kalender tertentu.

Griffith & Reenen

Griffth & Reenen juha mendefinisikan market share yaitu sebuah rasio total penjualan perusahaan jika dibandingkan dengan total penjualan pada industri sejenis.

Philip Kotler

Market share adalah besarnya bagian penjualan yang dimiliki kompetitor pada pasar yang relevan.

Baroes

Besarnya bagian pasar yang bisa dikuasai oleh suatu perusahaan yang perhitungannya dinyatakan dalam bentuk persentase menurut Baroes adalah Market share.

Tujuan Market Share

Market share biasanya dihubungkan dan digunakan sebagai indikator spesifik daya saing pasar, dengan tujuan untuk mencatat bagaimana dan bagaimana kinerja perusahaan relatif terhadap pesaing.

Alat pengukuran juga dapat digunakan untuk melengkapi pengukuran perubahan pendapatan penjualan, dan dapat digunakan untuk membantu manajer menilai kebutuhan utama di pasar mereka.

Dengan menggunakan metode ini akan memungkinkan mereka untuk mengevaluasi banyak hal, termasuk apakah ada perkembangan pasar, tren pasar, pelanggan atau pesaing di area bisnis yang sama.

Umumnya, perkembangan penjualan yang dihasilkan oleh permintaan utama akan lebih murah dan menguntungkan bagi perusahaan daripada mengambil alih pasar pesaing yang sama. Di sisi lain, penurunan pangsa pasar pasti mengindikasikan masalah jangka panjang yang serius. Sehingga Anda harus kembali ke strategi yang Anda gunakan sebelumnya.

Bisnis dengan pangsa pasar di bawah rata-rata mungkin tidak akan bertahan lama, karena produk perusahaan dan tren pangsa pasar masing-masing produk telah dijadikan sebagai indikator awal peluang atau masalah yang mungkin muncul di masa mendatang.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pangsa pasar dapat menjadi aset yang dibutuhkan dan diharapkan oleh banyak perusahaan pesaing. Meski begitu, banyak ahli menyarankan untuk tidak menjadikan pangsa pasar sebagai tujuan atau kriteria dasar dalam merumuskan kebijakan ekonomi perusahaan.

Penggunaan pangsa pasar hanya dapat digunakan sebagai dasar utama untuk mengukur kinerja perusahaan peserta persaingan. Perusahaan-perusahaan tersebut mempertimbangkan dengan cermat dampak dari setiap kebijakan terhadap pangsa pasar pesaingnya untuk membantu merumuskan dan merumuskan sistem kebijakan perusahaan.

Strategi Market Share

Berikut dibawah ini strategi Market Share, antara lain sebagai berikut.

Menambahkan Produk dan Layanan Baru

Walaupun terdengar begitu sederhana, tetapi untuk menjalankan strategi ini dengan baik dibutuhkan kerja keras dan tekat yang kuat. Tentunya Anda harus mengerti produk dan layanan seperti apa yang dibutuhkan pelanggan.

Banyak pula dari mereka yang ingin membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru. Nah, cara terbaik bagi Anda agar bisa memenuhi permintaan dari pelanggan atau tidak adalah dengan melakukan riset pasar agar dapat mengetahui apa dan berapa jumlahnya yang diinginkan.

Perluas Jangkauan ke Area Pasar yang Baru

Mencari pelanggan baru yang berpotensial tentunya memerlukan riset / penelitian dilapangan. Hal ini dimaksudkan agar produk yang dijual akan diterima dengan baik oleh konsumen baru.

Hadirnya tim riset / penelitian, akan menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar jika baik maka langkah berikutnya ialah memilih lokasi yang strategis untuk mempromosikan produk kepada pelanggan baru.

Masuk dalam Sistem Penjualan Baru

Dalam strategi ini, Anda bisa memasuki ranah dunia bisnis baru yakni ke online marketing. Memanfaatkan online marketing bukan lagi hal yang baru, namun tentunya memang akan mengalami. Namun percayalah, sudah banyak bukti toko kecil yang beralih menjadi toko besar ketika pintar memanfaatkan sebuah teknologi dan sistem online marketing.

Mengambil alih Bisnis Lain

Mengambil alih usaha lain yang sedang atau sudah meningkat bisa menjadi cara untuk peningkatan jumlah pelanggan Anda.

Cara Meningkatkan Market Share

Apabila sudah memahami pengertian market share yang akan dibidik oleh suatu perusahaan, artinya Anda akan mengerti kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta mampu mengantisipasi kebutuhan pasar.

Untuk dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan, Anda dapat menggunakan metode SWOT untuk melakukan analisis. Oleh karena itu, Anda dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda.

Namun, untuk meningkatkan pangsa pasar atau pangsa pasar perusahaan, Anda harus mengambil pendekatan lain. Cara-cara yang bisa Anda coba untuk memilih adalah sebagai berikut:

  • Pilih jenis bisnis baru yang tidak memiliki banyak pesaing.
  • Anda harus yakin bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan sukses.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan yang terkait dengan bisnis.
  • Menganalisis keunggulan pesaing.
  • Pantau tren harga industri sasaran dan tentukan harga yang paling sesuai.
  • Membangun dan menciptakan jaringan pasar yang luas agar perusahaan dapat berkembang lebih besar.

Demikian ulasan kami mengenai Market share. Semoga artikel kami dapat membantu Anda, khususnya bagi Anda yang sedang merintis bisnis. Terimakasih sudah singgah.