Pengertian Komputer, Jenis – Jenis dan Komponen Pada Komputer

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu perangkat yang biasa digunakan di perkantoran atau sekolah? Di era seperti sekarang ini, komputer menjadi sesuatu hal yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan seseorang.

Mungkin masih banyak yang berpikir bahwa komputer merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk berkerja saja, akan tetapi tanpa disadari kita sering menggunakannya di kehidupan sehari-hari.

Contohnya seperti smarthphone yang merupakan salah satu dari teknologi komputer itu sendiri. Nah, disini akan kami ulas lebih lanjut mengenai pengertian komputer menurut para ahli, jenis-jenis dan komponen komputer itu sendiri.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Komputer sendiri berasal dari kata latin “computare” yang artinya menghitung. Secara konsep dasar, komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat melakukan perhitungan aritmatika.

Perhitungan disini dimaksudkan bahwa komputer mengolah informasi yang kemudian dijadikan output yang tampak dilayar monitor. Beberapa ahli dunia telah mendefenisikan komputer menurut mereka pribadi.

Adapun beberapa defenisi komputer menurut para ahli antara lain:

1. Donald H. Sanderes

Menurut Donald H. Sanderes, komputer ialah sebuah sistem elektronik yang dibuat agar dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat dan juga dirancang agar secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input.

2. C. Hamacher et al

Menurut V.C. Hamacher et al, komputer merupakan sebuah alat hitung elektronik yang dengan cepat bisa melakukan proses perhitungan dan menerima informasi input kedalam bentuk digital.

3. Elias M. Awad

Menurut Elias M. Awad, komputer dapat didefensikan sebuah alat kalkulator yang bisa melakukan proses data yang kemudian disajikan dalam bentuk data digital dan juga analog.

4. William M. Fuori

Menurut William M. Fuori, komputer dapat didefenisikan sebagai alat proses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan juga cepat, termasuk didalamnya dapat melakukan perhitungan aritmatika dan juga operasi logika.

5. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer dapat didefenisikan sebagai suatu alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tersebut sesuai intruksi yang diberikan dan juga menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya tersebut serta menyediakan output kedalam bentuk informasi.

Jenis – Jenis Komputer

Melihat dari pengertian komputer yang sudah dibahas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang melakukan proses komputasi bisa disebut sebagai sebuah komputer. Komputer itu sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya:

1. Personal Computer (PC)

Personal Computer atau yang disingkat dengan PC merupakan salah satu jenis komputer yang sudah kita kenal dan sering kita jumpai.

Umumnya, komputer jenis ini lebih cocok digunakan oleh orang yang berkerja di kantor maupun dirumah. Adapun bentuk dari komputer dari jenis ini memiliki peripheral seperti monitor, mouse, keyboard dan lain sebagainya.

2. Komputer Desktop (All in One PC)

Kompueter jenis ini merupakan jenis komputer yang bisa dibilang mirip atau sama dengan PC. Yang membedakan antara komputer jenis ini dengan PC adalah komputer ini bersifat flexible sehingga dapat mudah dipindahkan dan dibawa keman-mana meskipun sedikit merepotkan.

Umumnya komputer jenis ini antara monitor dengan CPU menyatu dan hanya keyboard dan mouse yang terpisah. Perbedaan jenis komputer ini dengan desktop adalah soal upgrade komponen.

Pada komputer jenis PC komponen yang digunakan dapat diupgrade secara mudah sedangkan komputer jenis ini sangat terbatas.

3. Laptop

Laptop merupakan salah jenis komputer yang portable (mudah dibawa kemana-mana). Laptop itu sendiri terbagi lagi kedalam beberapa jenis seperti notebook, ultrabook dan lain sebagainya.

Bentuk dari laptop sendiri memiliki peripheral ynag menyatu, mulai dari CPU,monitor,keyboard,dan juga trackpad yang dapat digunakan sebagai pengganti mouse.

Komponen – Komponen Komputer

Sebuah komputer agar dapat berjalan dengan baik memilik beberapa komponen. Adapun komponen-komponen tersebut terbagi kedalam input component,output component dan process component.

Input Component

Komponen input merupakan beberapa komponen berupa perangkat keras yang bertindak sebagai akses ke aktivitas yang akan ditransfer kedalam komputer. Komponen input tersebut terdiri dari:

  1. Mouse
    Mouse merupakan salah satu dari komponen input yang digunakan untuk menghubungkan antara layar monitor dengan pengguna. Dalam pengoperasiannya, mouse tersebut muncul sebagai kursor yang bisa dilihar pada layar monitor.
  2. Keyboard
    Keyboard merupakan salah satu komponen yang dapat digunakan untuk menginput data dalam bentuk alfanumerik.

Process Component

Komponen proses merupakan komponen-komponen komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memproses data yang telah diberikan kepada komputer.

Setelah diproses, maka proses tersebut akan ditampilkan oleh komponen output. Adapun beberapa komponen proses antara lain:

  1. Processor
    Processor merupakan salah satu komponen yang paling utama dalam proses pengolahan data. Bisa dikatakan bahwa processor merupakan otak dari sebuah komputer.
  2. Motherboard
    Motherboard merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai penghubung antara satu komponen dengan komponen lain yang berada didalam komputer.
  3. Ram
    Ram merupakan salah satu komponen yang dapat menyimpan aktivitas komputer dalam waktu singkat (hanya sementara).

Output Component

Komponen output merupakan komponen-komponen yang digunakan untuk menampilkan informasi yang telah diproses sebelumnya oleh komputer.Informasi yang ditampilkan tersebut bisa kedalam bentuk gambar, tulisan ataupun suara. Beberapa komponen output antara lain:

  1. Monitor
    Monitor merupakan sebuh komponen yang berfungsi untuk menampilkan proses yang sedang berjalan di komputer.
  2. Printer
    Printer merupakan komponen yang berfungsi untuk mencetak tulisan atau gambar yang sudah diproses sebelumnya di komputer.
  3. Speaker
    Speaker merupakan komponen yang berfunngsi untuk memberikan suara kepada user.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian komputer menurut para ahli,jenis-jenis dan komponen-komponen pada sebuah perangkat komputer. Semoga ulasan pada kali ini dapat membuat pengetahuan anda di bidang IT lebih luas lagi.