Apa Itu Javascript, Sejarah, Fungsi, Keunggulan Hingga Contohnya

Ketika Anda belajar mengenai pemrograman komputer, maka JavaScript menerjemahkan halaman statis HTML menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengan pengunjung. Memasukkan JavaScript ke halaman web memungkinkan pengembang meningkatkan pengalaman pengunjung dengan mengubahnya dari halaman statis menjadi halaman yang dapat berinteraksi dengannya.

Pemrogram dapat menambahkan animasi ke dalam halaman yang menarik perhatian ke bagian tertentu dari halaman atau yang membuat halaman lebih mudah digunakan. Pemilik web dapat memberikan respons dalam halaman web untuk berbagai tindakan yang dilakukan pengunjung untuk menghindari kebutuhan untuk memuat halaman web baru untuk merespons.

Anda akan segera mengenal apa itu Javascript. Apalagi jika Anda memang seorang programmer, tentu sudah tidak asing lagi dengan program tersebut.

Sebab pada umumnya mereka, para programmer, memakai JavaScript untuk memudahkan pekerjaan mereka dan membuat automasi dalam beberapa jenis pemrograman.

Karena itulah, JavaScript begitu penting untuk seorang programmer.

Meskipun Javascript adalah hal biasa bagi para programmer, namun masih banyak yang belum mengerti apa itu Javascript, khususnya para awam. Jadi sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita bahas dulu pengertian Javascript.

Pengertian Javascript

JavaScript adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan website agar terlihat lebih dinamis dan interaktif.

Jika sebelumnya para programmer biasa menggunakan HTML dan CSS, kali ini ada JavaScript yang dapat meningkatkan fungsionalitas pada halaman web. Bahkan dengan JavaScript ini Anda bisa membuat aplikasi, tools, atau bahkan game pada website Anda.

Javascript juga merupakan bahasa pemrograman jenis interpreter, sehingga kamu tidak memerlukan compiler untuk menjalankannya. JavaScript memiliki fitur-fitur seperti berorientasi objek, client-side, high-level programming, dan loosely typed.

Sejarah Perkembangan JavaScript

Program JavaScript mulai dikenal pada tahun 1994. Ketika itu website dan internet sudah mulai berkembang. JavaScript didesain oleh Brendan Eich yang merupakan karyawan Netscape. Transformasi nama JavaScript, dimulai dari Mocha, Mona, LiveScript, hingga akhirnya resmi bernama JavaScript.

Sedangkan versi awal bahasa JavaScript hanya dipakai di kalangan Netscape beserta dengan fungsionalitas pun yang masih terbatas.

Kemudian, pada tahun 1996 JavaScript secara resmi dinamakan sebagai ECMAScript. Pada 1998 ECMAScript 2 pun dikembangkan, ECMAScript 3 setahun kemudian.

ECMAScript ini terus dikembangkan sampai akhirnya menjadi JavaScript atau JS hingga saat ini. Pada tahun 2016, 92% website diketahui telah menggunakan JavaScript.

Sebagai developer modern,JavaScript menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer.

Di 2016 saja sudah ada sekitar 92% pembuatan web menggunakan JS, apalagi di tahun-tahun sekarang.

Untuk diketahui, website yang dibuat dengan JavaScript akan lebih dinamis dan interaktif.

Keunggulan JavaScript

Berikut dibawah ini keunggulan JavaScript, antara lain sebagai berikut.

1. Proses mempelajari JavaScript paling mudah.

2. Dibuat oleh Netscape dan sampai saat ini 92% website telah menggunakannya;

3. Bisa berfungsi sebagai elemen halaman web tertentu atau event, seperti klik;

4. Bisa Anda gunakan di berbagai browser dan perangkat;

5. Lebih cepat dan ringan daripada bahasa pemrograman lainnya;

6. Kurang aman daripada bahasa pemrograman lainnya karena popularitasnya yang kian meningkat;

7. Anda bisa membuat JavaScript langsung di HTML atau menyimpannya dalam file terpisah lalu menggunakan fungsinya ketika memerlukannya.

Fungsi JavaScript

Berikut dibawah ini fungsi JavaScript, antara lain sebagai berikut.

1. Validasi

Sebagai bahasa pemrogrqman, JavaScript merupakan bahasa skrip klien yang digunakan untuk membuat halaman web.

Ini adalah bahasa mandiri yang dikembangkan di Netscape. JavaScript digunakan ketika halaman web dibuat dinamis dan menambahkan efek khusus pada halaman seperti rollover, roll out dan banyak jenis grafik. Sebagian besar digunakan oleh semua situs web untuk tujuan validasi.

2. Aplikasi web dan ponsel

JavaScript merupakan bahasa pemrograman paling populer di dunia.  Jadi dengan fungsi JavaScript pada HTML menjadi lebih praktis dan efisien bagi pengunjungnya. Fungsi JavaScript pada HTML juga sangat mudah dipelajari bagi para programmer muda.

Ada banyak fungsi JavaScript pada HTML yang berguna bagi kebutuhan banyak orang. Pengembang web menggunakan fungsi JavaScript pada HTML untuk apa pun, mulai dari mengotomatisasi tugas-tugas sederhana hingga membuat halaman Web kompleks yang berperilaku seperti aplikasi perangkat lunak desktop.

Fungsi JavaScript pada HTML juga digunakan dalam perangkat lunak, server, dan kontrol perangkat keras tertanam..

3. Aplikasi ponsel

Hal terpenting yang bisa dilakukan oleh penggunaan JavaScript adalah membangun aplikasi tanpa konteks web. JavaScript juga menyediakan fasilitas untuk membuat presentasi sebagai situs web.

4. Seni

Salah satu fitur baru di dalamnya memungkinkan browser untuk membuat bentuk tiga dimensi. Ini menjadikan browser sebagai media baru untuk proyek seni digital. Seluruh bentuk dua atau tiga dimensi dapat dengan mudah digambar di atas kanvas tersebut.

5. Aplikasi Server

Dengan munculnya NodeJS, avaScript berjalan dari browser dan masuk ke server. Javascript ini biasa digunakan untuk menangani permintaan HTTP dan menghasilkan konten.

6. Server Web

Dengan adanya NodeJS, Server yang dibangun sangat cepat dan tidak menggunakan buffering dan transfer data.

Contoh JavaScript

Oke, berikut ini adalah contoh penggunaan kode javascript yaitu dengan membuat “alert”.

<script type=”text/javascript”>
function simsalabim() {
alert(“Simsalabim, blah blah blah”);
}
</script>
<button >

Karena penggunaan javascript diatas masih sederhana, anda juga bisa menuliskan fungsi diatas seperti dibawah ini :trailer film Rough Night

<button >

Namun, penulisan javascript diatas hanya untuk fungsi yang sederhana saja.

Nah, hasil dari kedua kode diatas adalah sebagai berikut :

function simsalabim() { alert(“Simsalabim, blah blah blah”); }

Demikian ulasan mengenai apa itu Javascript, fungsi, hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)