Internet: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Dampak Positif dan Negatif Internet

Siapa yang belum pernah mendengar istilah internet saat ini? Dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan hingga lanjut usia, hampir semua orang mengenal istilah ini. Anda juga mungkin dapat mendefinisikan Internet itu sendiri dengan cepat.

Bahkan sekarang, hampir semua pekerjaan dalam kehidupan kita sehari-hari bergantung pada Internet. Ditambah lagi menemukan semua solusi dan jawaban di Internet bukan lagi teknik rahasia.

Saat Anda mencari resep makanan, mencari berita terkini, bahkan kini bisa untuk memesan produk atau produk tertentu.

Teknologi canggih ini juga sering kali memisahkan kita dari orang-orang di sekitar kita. Misalnya di restoran, pelanggan yang makan di dalam akan sering menanyakan kata sandi WiFi kepada pelayan sebelum memesan.

Bahkan setelah menyantap makanan yang disediakan, sebuah keluarga yang sedang makan di meja sibuk menggunakan perangkat selulernya untuk mengakses Internet.

Melihat dari latar belakang diatas, sudah semestinya kita memahami betul terkait internet yang sangat dekat dengan kehidupan ini. Untuk itu, dalam artikel kali ini kita akan mengulas mengenai internet. Yuk, simak!

Pengertian Internet

Internet merupakan jaringan komunikasi yang memiliki fungsi menghubungkan satu media elektronik dengan media elektronik lainnya secara cepat dan akurat.

Jaringan komunikasi akan mengirimkan informasi tertentu yang dikirim melalui transmisi sinyal pada frekuensi yang telah disesuaikan.

Untuk standar global yang menggunakan Internet itu sendiri, TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) digunakan.

Istilah TCP/IP adalah protokol pertukaran paket data yang digunakan oleh berbagai pengguna global. Kemudian, proses pembuatan koneksi antar sirkuit Internet disebut “Internet”.

Pengertian Internet Menurut Ahli

Berikut di bawah ini pengertian internet menurut ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Menurut pakar IT, Onno W. Purbo (2005) menjelaskan bahwa konsep internet merupakan media yang digunakan untuk mempermudah proses komunikasi dengan menggunakan aplikasi seperti website, email atau voip.

2). Peran selanjutnya Allan (2005) menjelaskan bahwa Internet adalah kumpulan jaringan komputer yang secara fisik terhubung satu sama lain dan mempunyai kemampuan membaca dan mendekripsi hal-hal tertentu yang biasa kita sebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol itu sendiri didefinisikan oleh Alan sebagai spesifikasi sederhana tentang bagaimana dua atau lebih komputer bertukar informasi.

3). Strauss, El-Ansary dan Frost (2003) mengatakan bahwa Internet berarti seluruh jaringan komputer yang terhubung satu sama lain. Komputer tertentu yang terhubung satu sama lain di jaringan ini menyimpan dan juga memiliki banyak file yang dapat diakses dan digunakan, seperti halaman web, dan data lain yang dapat digunakan dan diakses oleh berbagai komputer yang terhubung ke Internet.

4). Oetomo (2002) mengemukakan bahwa Internet adalah singkatan atau singkatan dari jaringan internasional, yaitu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling berhubungan. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa jaringan komputer yang sangat besar ini dapat menjangkau seluruh dunia.

5). Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan internet sebagai jaringan global yang terdapat dalam jaringan komputer. Oleh karena itu, Internet ibarat jaringan global yang terdiri dari beberapa jaringan komputer, yang dapat diakses dari mana saja.

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembangan Internet

Sekitar tahun 1960-an, Departemen Pertahanan AS membuat sistem jaringan yang disebut ARPANET melalui ARPA (Advanced Research Projects Agency).

ARPANET sendiri merupakan bentuk embrio dari teknologi jaringan. Di Amerika Serikat sendiri, teknologi jaringan masih digunakan oleh kalangan kampus terbatas sekitar tahun 1980-an.

Kemudian, protokol TCP/IP standar dirilis pada tahun 1982. Sekitar 1986, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan untuk menggantikan peran ARPANET untuk mengakomodasi kegiatan penelitian Amerika.

Dan, pada tahun 1990, ARPANET mulai mendapatkan dan menggunakan layanan yang sama, CERN memperkenalkan World Wide Web (WWW). Akhirnya pada tahun 1993, InterNIC mulai berkembang untuk mendaftarkan nama domain publik.

Setelah memahami sejarah singkat Internet untuk pertama kalinya (dari pembentukan Internet), selanjutnya akan membahas perkembangan Internet global. Setiap tahun, perkembangan Internet mengalami perubahan besar dalam cakupan, transmisi, kecepatan dan penggunaan.

Dalam hal cakupan, termasuk pembatasan skala regional atau jangkauan akses Internet di wilayah tertentu. Saat ini, banyak negara berlomba-lomba menggunakan satelit untuk memperluas jaringannya. Dengan satelit, dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

Berikutnya adalah transmisi paket data yang digunakan dalam pengembangan Internet. Proses pengiriman data saat ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena didukung oleh banyak teknologi terkini dan lebih modern yang didukung oleh konsep dan pemahaman tentang internet.

Dalam hal kecepatan, banyak industri teknologi telah mengembangkan beberapa generasi jaringan. Mulai dari 2G, 3G, 4G, hingga yang terbaru 5G. Tentunya, untuk menggunakan teknologi Internet 5G, dibutuhkan sumber daya dalam jumlah besar di suatu negara.

Banyak perubahan telah terjadi dari informasi, komunikasi dan peralatan yang digunakan. Jika perkembangan awal Internet digunakan untuk kebutuhan penelitian militer, cakupannya sekarang akan lebih besar. Misalnya, digunakan dalam pendidikan, masyarakat, politik, budaya, militer, komunikasi, informasi, bisnis dan bidang lainnya.

Manfaat Internet

Manfaat Internet

Internet memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh melalui penggunaan Internet oleh manusia:

Area Bisnis

Mengenai bidang bisnis itu sendiri, Internet memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dimanfaatkan. Seperti pembuatan website bisnis, e-commerce, bisnis yang sedang berkembang dan industri kreatif lainnya.

Faktor penting yang perlu diperhatikan di sini adalah ketika Anda berinteraksi dengan Internet. Anda akan secara otomatis terhubung ke semua pengguna di seluruh dunia, sehingga cakupan bisnis Anda akan lebih luas.

Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan itu sendiri, penggunaan internet merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi dalam proses pembelajaran. Pengguna dapat mengakses dan memperoleh berbagai informasi terkait modul, artikel, serta jurnal.

Oleh karena itu, setiap orang dapat menemukan berbagai hal melalui mesin pencari yang terhubung ke jaringan Internet yang stabil dan baik.

Bidang Informasi

Saat ini banyak sekali informasi yang bermunculan melalui berbagai peralatan yang ada. Hal ini dikarenakan internet merupakan penyedia sumber informasi, internet dinilai lebih efektif dibandingkan ketika kita menonton atau menggunakan media elektronik. Seperti radio, televisi, dan surat kabar untuk memperoleh informasi atau berita aktual dengan lebih cepat.

Sejalan dengan definisi internet itu sendiri, banyak media elektronik yang memanfaatkan internet untuk memberikan informasi secara cepat dan dalam jangkauan yang lebih luas. Misalnya, selain menyediakan berita melalui surat kabar.

Perusahaan media cetak juga membuka saluran media melalui internet untuk mendapatkan tidak hanya berita dalam negeri, tetapi juga berita internasional.

Bidang Kesehatan

Banyak referensi kesehatan dan layanan medis online, menjadi bukti salah satu bentuk pendapatan internet untuk sektor kesehatan. Anda hanya perlu mencari berbagai kebutuhan melalui internet, seperti obat-obatan, resep, pola hidup sehat dan rujukan rumah sakit.

Hiburan Sosial

Hal terakhir yang banyak dimanfaatkan oleh kaum milenial adalah pemanfaatan internet untuk mengakses berbagai situs dan media sosial yang ada. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan sederet media lainnya.

Fungsi dan hak akses yang diberikan oleh beberapa platform ini memudahkan setiap orang untuk terhubung dengan baik bahkan saat berkomunikasi dalam jarak jauh.

Dampak Internet

Dampak Internet

Tentu melalui manfaat yang sudah dipaparkan, internet turut memberikan dampak baik positif maupun negative. Berikut beberapa efek positif dan negatif dari Internet!

Dampak Positif

Berikut di bawah ini dampak positif internet, antara lain sebagai berikut.

1). Akses informasi yang mudah

Salah satu hal yang paling menarik di Internet adalah bahwa penyebaran informasi dalam jumlah besar hanya di bawah kendali ponsel atau laptop.

Berbeda dengan masa lalu, Anda harus pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan banyak informasi.

2). Membantu dalam memecahkan masalah dan tugas

Hal ini juga dirasakan oleh para siswa, yang banyak sekali mendapatkan informasi di intenet. Bahkan ada aplikasi pembelajaran yang menggunakan internet, aplikasi ini dapat dengan cepat dan mudah diakses secara interaktif.

3). Memfasilitasi proses komunikasi

Anda menyadari bahwa reuni sangat mudah sekarang, karena Internet memudahkan kita untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dampak Negatif

Berikut di bawah ini dampak negatif internet, antara lain sebagai berikut.

1). Cyberbullying

Terkadang hal ini berbahaya karena terlalu banyak masalah cyberbullying yang terjadi di Internet. Dalam hal ini, Internet juga membuat privasi sulit ditutup-tutupi.

2). Perilaku negatif dan konten yang tidak sedap dipandang

Internet menuntut kita untuk menggunakan Internet dengan bijak, oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak menggunakan Internet untuk aktivitas yang tidak berguna.

3). Munculnya masalah hoax dan penyebarannya

Setiap orang pasti pernah menerima berita palsu di Internet. Oleh karena itu, selama kita sebagai pengguna menggunakan Internet dengan bijak, kita berharap tidak ada lagi berita dari HOAX.

4). Adanya cybercrime seperti penipuan

Salah satu dampak negatif dari internet adalah memungkinkan terjadinya penipuan atau sering kita sebut dengan cybercrime. Maka, kita harus tetap waspada saat menggunakan fasilitas internet.

Demikian ulasan kami mengenai internet yang membahas mulai dari pengertian, sejarah perkembangan, manfaat, hingga dampak positif dan negatifnya.

Semoga ulasan kami membantu Anda lebih memahami terkait internet! Terimakasih sudah singgah.