Pengertian Inovasi, Karakteristik, Manfaat, Tips Menjadi Kreatif dan Inovatif

Pernahkah kamu kamu mendengar kata Inovasi? Tentunya pernah ya, sebab kehidupan modern ini senantiasa berjalan beriringan dengan ragam inovasi.

Lantas tau kah kamu arti dari kata Inovasi itu sendiri? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai Inovasi berikut!

Pengertian Inovasi

Pengertian inovasi penting untuk diketahui, sebab ya dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering mendengar kata inovasi.

Inovasi sendiri adalah segala hal baru yang berangkat dari ilmu pengetahuan dan dapat memberikan manfaat dalam kehidupan manusia.

Maka tak heran jika ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan dan berperan penting dalam pengembangan inovasi. Sebab tanpa sains, inovasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Pengertian Inovasi Menurut Hukum dan Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Inovasi menurut Hukum dan para ahli, antara lain.

1. UU No. 19 tahun 2002

Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan dan/atau rekayasa. Dilakukan dengan tujuan mengembangkan penerapan praktis dari nilai dan konteks keilmuan baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada ke dalam produk atau proses produksi.

2. Stephen Robbins

Inovasi adalah ide baru yang diterapkan untuk memulai atau memperbarui produk atau proses dan layanan.

3. Everett M. Rogers

Inovasi adalah suatu ide, gagasan, ojek dan praktik yang didasarkan sebagai sesuatu yang baru oleh seseorang atau kelompok tertentu untuk diterapkan atau diadopsi.

4. Kuniyoshi Urabe

Inovasi bukanlah aktivitas satu kali (one time fenomena), melainkan proses panjang dan kumulatif. Mencakup banyak proses pengambilan keputusan di dalam dan oleh organisasi mulai dari penemuan ide hingga implementasinya di pasar.

5. Van de Ven dan Andrew H

Inovasi adalah pengembangan dan implementasi ide-ide baru oleh orang-orang. Dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai kegiatan transaksi dengan pengaturan organisasi tertentu.

Karakteristik Inovasi

Setelah memahami pengertian inovasi, selanjutnya yang harus kita pahami adalah karakteristiknya. Adapun beberapa ciri inovasi antara lain sebagai berikut:

Bersifat Baru

Ciri pertama dari inovasi adalah selalu baru. Artinya, ide yang benar-benar murni dan belum pernah digunakan oleh siapa pun. Bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang pernah dipakai orang lain, tetapi ingin diadopsi karena dianggap cocok sebagai solusi.

Khas

Ciri-ciri inovasi selanjutnya yang memiliki ciri khas. Inovasi akan selalu unik meskipun dimulai dari adopsi. Hal ini dapat diartikan, dengan segala adopsi yang dilakukan di tempat baru akan memunculkan ciri khas tersendiri.

Berencana

Inovasi merupakan suatu hal yang direncanakan karena memang sengaja dibuat. Artinya inovasi dilakukan melalui proses yang dipersiapkan secara matang, jelas, tidak tergesa-gesa dan telah direncanakan sebelumnya.

Miliki Tujuan yang Jelas

Sebuah inovasi harus memiliki tujuan yang jelas. Dimana hal ini juga harus didasarkan pada ilmu yang digunakan.

Manfaat Inovasi

Nah, setelah memahami pengertian dan mengenali karakteristiknya, tentu yang menjadi pertanyaan besar adalah apa manfaat dari inovasi itu sendiri? Untuk mengetahuinya, berikut beberapa manfaat inovasi:

Menyelesaikan Masalah

Inovasi merupakan ide dan gagasan baru yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah. Masalah baru tentunya harus diselesaikan dengan ide-ide baru juga.

Menciptakan Kualitas Unik

Manfaat inovasi selanjutnya adalah menciptakan kualitas yang unik. Banyak orang tidak menyadari bahwa berinovasi membuat diri mereka memiliki kualitas yang unik. Dan jika inovasi tersebut berhasil dibuat dan diimplementasikan, akan terlihat perbedaannya. Artinya, inovasi akan menonjol dan tampak memiliki kualitas yang unik.

Meningkatkan Produktivitas

Berinovasi juga akan berdampak baik pada produktivitas. Mulai dari karyawan, atasan, atau bahkan mahasiswa akan mendapatkan dampak ini jika melakukannya.

Bersifat Tangguh

Seseorang yang cerdas dalam berinovasi adalah orang yang tangguh. Artinya penyesuaian terhadap masalah baru dan pemecahannya dapat dilakukan dengan baik.

Tips Menjadi Kreatif dan Inovatif

Sangat menguntungkan dan menyenangkan ya menjadi orang yang inovatif. Nah, adapun beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan di tempat kerja agar lebih mudah untuk lebih kreatif dan inovatif:

Kelilingi Diri Kamu dengan Inspirasi

Hal inspirasi ini bisa berupa penemuan apa pun baik dari iklan keren di majalah, menu yang tidak biasa dan pengalaman sekeliling.

Mulai dari yang Kecil

Bahkan manfaat inovasi skala kecil sangat besar. Sebab inovasi dalam hal-hal kecil juga menarik minat dan perhatian kamu

Terapkan apa yang kamu pikirkan dalam Kehidupan

Masukkan pikiran kamu ke dalam kata-kata dan gambar. Sebab dengan memvisualisasikannya, otak akan mengingatnya dengan mudah dan cenderung menganggapnya serius sehingga mereka dapat terlibat dalam pengembangannya.

Demikian ulasan kami mengenai inovasi yang membahas mulai dari pengertian, karakteristik, manfaat hingga tips menjadi kreatif dan inovatif.

Semoga ulasan kami bisa membantu kamu, khususnya menambah wawasan mengenai inovatif. Terimakasih sudah singgah dan semangat terus belajar ya!