Apa Itu Informasi: Defenisi Menurut Ahli, Aturan Hukum, Hingga Jenisnya

Informasi merupakan hal yang hampir setiap hari terdengar. Dewasa ini, akses mendapatkan informasi juga sangat mudah. Itu dikarenakan era digital telah mendukung segalanya. Informasi apapun bahkan tentang pribadi seseorang kini dapat dengan mudah ditemukan.

Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian informasi, defenisinya menurut para ahli, fungsi, hukum, hingga jenisnya.

Jadi apa itu informasi?

Informasi secara umum bisa diartikan sebagai sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Bedanya informasi dengan data adalah, data masih bersifat mentah dan belum diolah.

Informasi berasal dari bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode, atau garis besar. Informasi dapat disajikan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain sebagainya.

Arti Informasi Menurut Ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli, antara lain sebagai berikut.

1. Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999)

Informasi dapat diartikan sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

2. Azhar Susanto (2004:46)

Dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi, Azhar menyebut informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.

3. Burch dan Strater

Informasi merupakan pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.

4.Jogianto (2004:8)

Dalam “Analisis dan Desain Sistem Informasi” Jogianto menyebut informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya.

5. George R. Terry

Informasi adalah data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna.

6. Lani Sidharta (1995: 28)

Informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan.

7. Raymond Mc.Leod

Informasi yakni data yang sudah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

Sumber Informasi

Banyak hal yang bisa dijadikan sumber informasi sesuai kebutuhan. Informasi bisadidapat langsung maupun dari orang lain. begitupun untuk mendapat informasi yang valid, semua data harus diuji dan dibuktikan kebenarannya terlebih dahulu. Berikut beberapa sumber informasi yang baisa digunakan.

– Penelitian
– Wawancara
– Pengamatan

Jenis Informasi

Ada banyak jenis informasi yang bisa didapatkan oleh pencarinya. Informasi-informasi ini pun dibagi ke dalam beberapa kategori.

1. Berdasarkan Sifat

– Faktual atau informasi yang dibuat berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.

– Opini, yakni informasi yang diciptakan berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal.

– Deskripsi atau informasi yang dibuat berbentuk penjelasan terperinci mengenai sesuatu hal.

2. Informasi Berdasarkan Kegunaan

Jenis informasi berdasarkan kegunaan dapat dibagi menjadi dua bagian, diantaranya;

– Informasi yang bertujuan mengedukasi dan membujuk penerimanya

– Informasi yang menambah pengetahuan penerimanya

3. Berdasarkan Penyajian

Informasi jenis ini, antara lain berupa tulisan teks, karikatur, foto, ataupun lukisan abstrak.

4. Berdasarkan Lokasi

Informasi berdasarkan tempat kejadian atau lokasi kejadian yaitu informasi dari dalam negeri dan informasi dari luar negeri.

5. Berdasarkan bidang kehidupan

Informasi berdasarkan bidang-bidang kehidupan yang ada, misalnya pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan iptek.

6. Berdasar Penyampaian

– Secara berkala

– Tiba-tiba

– Setiap saat

– Dikecualikan

– based on demand atau berdasarkan permintaan

Ciri – Ciri Informasi Berkualitas

Berikut di bawah ini ciri – ciri informasi berkualitas, antara lain sebagai berikut.

1). Informasi harus Relevan, yang artinya informasi tersebut mempunyai manfaat oleh pemakainya.

2). Informasi harus Akurat, yang artinya informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.

3). Tepat pada waktunya, yang artinya informasi yang diterima tidak boleh terlambat.

4). Konsisten, yang artinya informasi yang diterima sesuai dengan datanya tidak mengalami perubahan yang tidak benar.

Aturan Hukum di Indonesia Tentang Informasi

Berikut di bawah ini aturan hukum di Indonesia tentang informasi, antara lain sebagai berikut.

– UU ITE

Informasi Elektronik diartikan sebagai satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (electronic mail/e-mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.

Adapun Transaksi Elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan Komputer, jaringan Komputer, dan/atau media elektronik lainnya.

Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik merupakan aturan hukum yang mengawal arus informasi khususnya di internet. UU ini menjadi terkenal karena menjerat orang-orang yang melakukan hate speech dan pencemaran nama baik di media sosial ataupun platform online,

– UU KIP

Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah aturan hukum yang memungkinkan adanya keterbukaan informasi dari pemerintah atau lembaga ke hadapan publik. Publik berhak menerima informasi dan bagi lembaga yang menolak memberi informasi umum, maka bisa dijerat dengan UU ini.

UU KIP, atau UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan pertama, hak setiap orang untuk memperoleh Informasi; kedua, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan / proporsional, dan cara sederhana; ketiga, pengecualian bersifat ketat dan terbatas; keempat, kewajiban Badan Publik untuk mernbenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Demikian ulasan mengenai informasi, mulai dari pengertian, sumber, jenis, hingga aturan hukum yang mengatur tentang informasi di Indonesia. Semoga bermanfaat. (*)