Pengertian Informasi, Fungsi dan Jenis-Jenis Informasi

Berbicara mengenai istilah informasi sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Seringkali kita mendengar kata informasi seperti pada istilah teknologi informasi.

Akan tetapi, kata informasi tidak hanya merujuk kepada teknologi saja, namun kata informasi sendiri memiliki pengertian yang luas.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas mengenai pengertian pengertian informasi secara umum maupun menurut para ahli, fungsi informasi dan jenis-jenis informasi.

Pengertian Informasi

Secara umum, informasi merupakan kumpulan beberapa data maupun fakta yang diolah dengan sehingga dapat dipahami dan juga bermanfaat bagi penerima.

Dari pengertian informasi diatas, kata informasi dan data memiliki arti yang berbeda. Jika data merupakan fakta yang belum diolah(mentah). Setelah melalui beberapa proses, maka data tadi dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Namun pada kenyataannya, tidak semua data atau fakta yang diolah dapat menjadi sebuah informasi bagi penerimanya. Jika data yang sudah diolah tidak mampu memberi manfaat kepada penerimanya, hal tersebut tidak dapat dinyatakan sebagai sebuah informasi.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai defenisi informasi, beberapa ahli telah mengemukakan pendapatnya mengenai defenisi informasi itu sendiri. Beberapa defenisi informasi menurut para ahli sebagai berikut.

Jogiyanto H.M

Menurut Jogiyanto H.M, informasi ialah sebuah data yang sebelumnya sudah diolah menjadi sebuah bentuk baru yang memiliki makna bagi si penerima dan juga menggambarkan kejadian-kejadian nyata yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.

Raymond McLeod

Menurut Raymond McLeod, kata informasi merupakan suatu data yang sudah diolah sehingga memiliki makna dan juga bermanfaat dalam pengambilan keputusan bagi penerima.

Kusrini

Menurut Kusrini, informasi merupakan suatu data yang sudah melalui proses sehingga menjadi bagian yang memiliki makna bagi pemakai dan berguna dalam pemungutan hasil bila dan jika membawa sumber informasi.

Tata Sutabri

Menurut Tata Sutabri, informasi ialah suatu data yang telah dibuat dalam bentuk yang lebih berguna sehingga bermanfaat dalam membuat suatu keputusan.

Anton M.Moeliono

Menurut Anton M.Moeliono, informasi merupakan suatu penjelasan,penjabaran dan juga penegasan suatu berita. Informasi juga dapat dikatakan sebagai sebuah penjelesan ataupun bahan sesungguhnya yang dapat ditampilkan dalam dasar pelajaran bahasa dan juga ketetapan.

Jordon B.Davis

Menurut Jordon B.Davis, informasi merupakan sebuah data yang telah diolah menjadi suatu bagian yang penting bagi seorang penerima dan nilai-nilai sesungguhny dapat dinikmati dalam waktu sekarang ataupun dimasa depan.

Robert G.Murdick

Menurut Robert G.Murdick, informasi dapat digunakan dalam untuk tujuan klasifikasi maupun keterangan,ulasan dan juga sebagai sebuah aturan dalam produksi maupun produk hasil.

George H.Bodnar

Menurut George H.Bodnar, informasi merupakan sebuah data yang telah diproses sebelumnya sehingga dapat menghasilkan dasar dalam mengambil hasil yang akurat.

George R.Terry

Menurut George R.Terry, informasi adalah suatu data maupun fakta yang penting sehingga mampu memberi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi penerima informasi.

Lani Sidharta

Menurut Lani Sidharta, informasi merupakan sebuah data yang disajikan sehingga dapat berguna dalam pengambilan sebuah keputusan.

Fungsi Informasi

Informasi di era seperti sekarang ini, informasi memilikii fungsi yang penting bagi kehidupan manusia. Beberapa fungsi informasi diantaranya sebagai berikut.

Menjadi sumber pengetahuan baru

Tidak dapat dipungkiri informasi yang didapat seseorang mampu menambah wawasan maupun pengetahuan pada bidang tertentu. Seperti infomasi mengenai pencegahan Covid-19 yang dapat ditemukan melalui internet.

Memberikan kepastian

Suatu informasi yang berasal dari sumber yang valid dan memiliki kredebilitas mampu memberikan kepastian sehingga anda dapat mengambil keputusan dengan rasa yakin.

Sumber berita

Informasi juga dapat menjadi sumber berita yang disampaikan oleh media-media berita, baik melalui televisi ataupun media berita online.

Sebagai hiburan

Informasi yang didapat juga berfungsi sebagai hiburan. Contohnya seperi informasi tempat-tempat wisata yang menarik dan juga disajikan dengan gambar-gambar yang menarik pula.

Untuk mempengaruhi khalayak

Informasi juga dapat digunakan dalam hal memengaruhi khalayak. Misalnya seperti informasi mengenai suatu produk yang tujuannya agar khalayak berkeinginan untuk membeli produk tersebut.

Jenis – Jenis Informasi

Informasi sendiri dapat dikategorikan kedalam empat jenis. Adapun keempat jenis informasi diantaranya sebagai berikut.

Jenis informasi berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, informasi sendiri terbagi kepada:

1.Bersifat faktual, yang berarti informasi tersebut merupakan fakta-fakta yang dapat dibuktikn kebenarannya.

2.Konsep atau opini merupakan suatu informasi yang dibuat dari opini atau pendapat seseorang mengenai sebuah hal.

3.Deskripsi yang berarti informasi dibuat kedalam sebuah bentuk penjelasan secara rinci mengenai suatu hal.

Jenis informasi berdasarkan fungsi dan kegunaannya

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, informasi terbagi kepada:

1.Informasi yang didapat bertujuan untuk menambah wawasan serta pengetahuan yang baru bagi seseorang.

2.Informasi yang disajikan merupakan informasi yang disampaikan dalam beberapa bentuk seperti artikel.audio dan lain sebagainya.

Jenis informasi berdasarkan bidang kehidupan

Jenis informasi berdasarkan bidang kehudupan merupakan jenis informasi yang berkaitan dengan bidang-bidang sosial seperti pendidikan ,kesehatan dan lain sebagainya.

Jenis informasi berdasarkan lokasi perisitiwa

Jenis informasi ini seperti informasi yang dibuat berdasarkan dari tempat terjadi suatu peristiwa. Jenis informasi ini terbagi kepada informasi domestik dan non domestik.

Demikianlah penjelasan kami mengenai pengertian informasi secara umum dan menurut para ahli,fungsi-fungsi dan jenis-jenis informasi. Semoga penjelasan di artikel ini bermanfaat.