Pengertian HTML, Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan HTML

Bagi seseorang yang berkecimpung didunia teknologi dan informasi, HTML sendiri sudah bukan kata yang asing untuk didengar. HTML merupakan salah satu komponen penting bagi sebuah website.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan pengertian HTML secara umum dan menurut para ahli, sejarah,fungsi serta kelebihan dan kekurangan dari HTML.

Pengertian HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Languange yang merupakan bahasa markup yang dapat digunakan dalam merancang sebuah halaman website.

HTML memberikan kemudahan kepada para pengguna dan juga developer dalam melakukan kegiatan memformat, menyusun serta mengorganisir sebuah dokumen dengan bantuan program Microsott Word. HTML sendiri dapat diakses menggunakan browser seperti Google Chrome atau Internet Explorer.

Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai HTML, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian HTML sebagai berikut.

Nugroho (2006c:48)

Menurut Nugroho, HTML merupakan sebuah bahasa pemformatan teks yang digunakan untuk dokumen-dokumen pada jaringan komputer. Istilah ini dikenal dengan world wide web.

Arief (2011:23)

Menurut Arief, HTML dapat dikatakan sebagai salah satu format yang dapat digunakan dalam membuat dokumen atau aplikasi pada sebuah halaman web.

Suyanto (2007:83)

Menurut Suyanto, HTML dapat dikatakan sebagai bahasa yang digunakan dalam menulis sebuah web dan biasanya menggunakan extensi .htm dan lain sebagainya.

Lia Kuswayatno

Menurut Lia Kuswayatno, HTML dapat diartikan sebagai hamalam yang berada pada sebuah web atau situs internet.

Diar Puji Oktavian

Menurut Diar Puji Oktavian, HTML merupakan sebuah bahasa yang dapat diidentifikasi oleh suatu web browser untuk menampilkan informasi dengan tampilan yang menarik dibandingkan dengan tampilan teks biasa.

Sejarah Singkat HTML

Pada tahun 1991, Tim Berners Lee merupakan sosok yang menciptakan HTML. Ia menciptakan HTML sebagai sebuah solusi untuk memudahkan para ilmuwan dalam mengakses dokumen satu sama lain.

Setahun kemudian, HTML dapat digunakan untuk umum. Sejarah HTML sendiri tidak lepas dari peran world wide web. Kedua hal tersebut saling berkerjasama agar informasi yang ingin disebar dapat diakses oleh banyak orang.

Versi pertama HTML terdiri dari 18 tag HTML dan setelah itu tag HTML terus mengalami perubahan ke versi terbaru beserta attributenya.

Berdasarkan HTML Element Reference yang dimiliki oleh Mozilla Developer Network, saat ini sudah terdapat sekitar 140 HTL tag, meskipun sudah sebagian besar tag tersebut telah usang dang tidak mendapat dukungan oleh browser versi terbaru.

Pada tahun 2014, HTML5 mulai dimunculkan ke publik. Dimunculkannya HTML5, terdapat semantic baru seperti <artcile>, <header> dan <footer> yang bertujuan untuk memperjelas bagian-bagian dalam konten.

Fungsi HTML

HTML sendiri memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

Membuat suatu halaman website

Salah satu fungsi utama HTML adalah HTML dapat digunakan untuk menciptakan sebuah halaman website. Dengan begitu, anda dapat membagi informasi kepada banyak orang melalui browser diinternet. Seorang pemula umumnya juga menggunakan HTML dalam membuat suatu website.

Menjadi pondasi website

Fungsi lain dari HTML juga dapat berfungsi sebagai pondasi pokok dalam pembuatan suatu website. Beberapa bahasa pemrograman bakal diaplikasikan oleh HTML sehingga dapat memunculkan sebuah website yang menarik.

Sebagai penanda teks dan bagian pada sebuah halaman website

HTML juga dapat menjadi penanda teks dan bagian dari sebuah laman website. Seperti dalam menandai kalimat yang bercetak tebal atau miring dapat diberi kode <bold> dan <italic>.

Menampilkan multimedia di website

Agar sebuah website dapat memiliki tampilan yang lebih menarik, anda dapat menambahkan gambar,video dan media lainnya sesuai kebutuhan.

Mengarahkan pengguna ke halaman website lain

HTML juga memiliki fungsi untuk mengarahkan pengguna ke halaman atau menuju ke websute lain melalui teks yang dikenal dengan istilah hyperlink. Dengan bantuan hyperlink, setiap pengunjung dapat dengan mudah mendaptkan informasi yang sesuai dengan halaman yang dibaca.

Kelebihan dan Kekurangan HTML

HTML sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pengoperasiannya. Berikut kelebihan serta kekurangan dari HTML.

Kelebihan HTML

Berikut dibawah ini kelebihan HTML, antara lain.

1).  Dapat dipelajari dan mudah dimengerti oleh pemula.

2). Bersifat Open Source (gratis).

3). Bahasa pemrograman yang tersturuktur dengan rapi dan konsisten sehingga dapat dengan mudah dipelajari.

4). Bahasa pemrograman yang dijalankan oleh kebanyakan bahkan semua web browser.

5). Memiliki banyak sumber dengan komunitas yang sangat besar dan penggunaan yang sangat luas.

Kekurangan HTML

Berikut dibawah inii kelemahan HTML, antara lain.

1).  Penggunaan dari HTML sendiri hanya bisa diimplementasikan kepada halaman web statis.

2). Bahasa pemrograman ini tidak mendukung user untuk menjalankan logic yang menyebabkan seluruh halaman yang dibuat harus dibuat secara terpisah meskipun menggunakan elemen yang sama.

3). Perilaku browser yang tidak bisa diprediksi sehingga membuat proses render taf baru menjadi terkendala.

Nah, itu dia artikel kami mengenai pengertian HTML secara umum dan menurut para ahli, jenis-jenis, fungsi, kelebihan serta kekurangan dari HTML. Semoga bermanfaat.