Pengertian Gunung, Jenis – Jenis dan Manfaat Gunung

Kamu lebih suka wisata ke pantai atau ke gunung? Ah, ada banyak orang yang suka berlibur dan menenangkan pikiran ke gunung ya. Maka tak heran jika gunung bukanlah tempat yang asing lagi bagi sebagian orang.

Walaupun belum pernah ke gunung misalnya, apakah kamu sudah mengetahui pengertian dari gunung itu sendiri? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai gunung berikut!

Pengertian Gunung

Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dari daerah sekitarnya.  Beberapa otoritas juga mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari magnitudo tertentu.

Gunung sendiri terbentuk dari pergerakan tektonik. Dimana gerakan tektonik merupakan gerakan dari dalam bumi yang menyebabkan permukaan bumi naik atau turun.

Di peta, gunung digambarkan dalam bentuk segitiga yang berwarna hijau saat tidak aktif dan saat aktif berwarna merah.

Encyclopædia Britannica

Misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) untuk didefinisikan sebagai gunung.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, definisi gunung adalah bukit yang sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m).

Umumnya, yang tergolong gunung adalah gundukan tanah atau juga bukit dengan ketinggian di atas 600 meter di atas permukaan laut.

Jenis – Jenis Gunung

Gunung sendiri terdiri dari beberapa jenis yang sesuai dengan keadaan dan kandungan didalamnya. Gunung dibagi menjadi tiga jenis, antara lain adalah:

  • Gunung berapi
  • Lipatan gunung
  • Gunung Sesar

Perbedaan Antara Gunung, Pegunungan dan Bukit

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa gunung adalah hamparan tanah yang menjulang lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Gunung tentunya lebih tinggi dari bukitAda gunung yang memiliki satu puncak, seperti gunung berapi, dimana inilah yang bisa menjadi bagian dari pegunungan.

Besar kecilnya ketinggian suatu gunung dinyatakan dengan jarak puncaknya dari permukaan laut. Ketinggiannya mencapai ribuan meter di atas permukaan laut. Kumpulan atau rangkaian gunung dan bukit disebut pegunungan.

Ketinggiannya lebih dari seribu meter di atas permukaan laut. Pegunungan bisa menjadi daerah vulkanik dan juga non-vulkanik. Misalnya Pegunungan Jayawijaya, Pegunungan Bukit Barisan, Tengger, Kapuas Hulu dan sebagainya.

Dari segi iklim, daerah pegunungan biasanya memiliki iklim yang dingin. Semakin ke atas, maka semakin dingin udaranya. Semakin tinggi gunung, semakin sedikit orang yang tinggal di sana.

Biasanya gunung naik di atas permukaan. Namun ada juga yang berada di bawah permukaan laut. Beberapa di antaranya muncul di permukaan air dan membentuk pulau-pulau terkecil. Misalnya Gunung Krakatau di Selat Sunda.

Manfaat Gunung

Seetalah memahami pengertian dan jenis dari gunung, selanjutnya yang harus kita ketahui adalah manfaatnya.

Sebab agar bisa menjaga lengkungan seperti gunung, kita harus memahami manfaatnya. Adapun beberapa manfaat dari gunung adalah sebagai berikut:

Pupuk tanah

Dalam hal bermanfaat sebagai pupuk adalag abu vulkanik yang dikeluarkan dari gunung berapi. Dimana abu ini akan membuat tanah menjadi subur setelah melalui proses bertahun-tahun. Hal inilah yang membuat tanah di sekitar gunung berapi sangat subur untuk ditanami segala jenis sayuran.

Bahan yang berguna

Masih dalam gunung berapi, dimana meletus maka material yang akan dikeluarkan gunung tersebut akan berguna untuk dijual. Material dari letusan gunung berapi dalam waktu lama akan menyuburkan tanah, pasirnya bisa dijadikan bahan bangunan.

Barang Pertambangan

Magma yang keluar dari gunung juga dapat menyebabkan hasil tambang terangkat ke permukaan bumi.

Kontrol Iklim dan Penyimpanan Air

Pegunungan juga berfungsi sebagai pengatur iklim dan penyimpan air. Pegunungan mengalirkan air ke daerah dengan ketinggian yang lebih rendah.

Sebagai Tempat Wisata

Gunung tentunya dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi atau objek wisata. Menjadikan gunung sebagai tempat wisata tak lain karena keindahan, namun tak menutup kemungkinan juga sebagai objek wisata ekstem.

Sebagai tempat pendakian

Gunung juga banyak dijadikan sebagai tempat pendakian oleh banyak orang, hal ini memiliki dua dampak yaitu dampak positif dan tentunya dampak negatif.

Dampak negatifnya adalah mereka yang mendakinya hanya untuk hobi dan menjadikan gunung sebagai tempat sampah baru. Dan untuk dampak positifnya, masyarakat tergerak untuk memiliki pola hidup sehat dengan berolahraga dengan mendaki ke puncak gunung.

Demikian artikel kami yang membahas mengenai gunung muali dari pengertian, jenis hingga manfaatnya.

Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya menambah wawasan mengenai gunung! Terimakasih sudah singgah dan semangat belajar terus ya!